Perbandingan PS4 dan PS5 yang Lo Harus Tau

September, 25 2020

Baru-baru ini merebak kabar kalau Sony akan merilis versi baru dari PS (PlayStation), yaitu PS5. Nah, selain menghadirkan berbagai game konsol baru, Sony juga melakukan berbagai penyegaran dalam spesifikasinya. Ini dia perbandingan PS4 dan PS5 yang perlu Lo ketahui, sebelum beli!

1. Desain dan Tampilannya

Perlu diingat, yang akan kita bandingkan adalah PS5 dengan PS4 Pro, karena tidak akan adil jika Lo ngebandingin PS5 dengan PS4 generasi awal yang keluar pada 2013 silam. Setidaknya PS4 Pro keluar di tahun 2016, jadi masih bisa melakukan perlawanan yang signifikan. Secara tampilan dan desain, PS5 cukup melakukan banyak perubahan. PS4 Pro hadir dengan warna elegan full black tanpa ada corak warna lain. Sementara itu, PS5 hadir dengan warna dominan putih dengan aksen hitam. Kalo dilihat-lihat PS4 Pro ini mirip sama Darth Vader dan PS5 mirip dengan Stormtrooper. Selain itu perbedaan yang tampak cukup jelas pada desain, yaitu:

  • PS5 memiliki ukuran yang lebih besar dibanding PS4 Pro, tetapi ukuran PS5 Digital Version sedikit lebih kecil karena tidak memiliki Blu-ray disk drive.
  • PS5 memiliki body yang terlihat seperti huruf V dari depan, hal ini dikarenakan untuk meminimalisir overheat ketika dimainkan
  • PS5 memang didesain untuk ditampilkan secara vertikal, sedangkan PS4 Pro ditampilkan secara horizontal.

?Secara garis besar keduanya memiliki desain yang cukup elegan, walaupun memiliki konsep yang berbeda. Kelemahannya adalah PS5 memiliki desain yang besar dan cukup berat (4,8 Kg) dibanding PS4 Pro yang lebih ringan (3,3 Kg) Tapi tampilan luar kayaknya ga begitu penting! Move Creators pasti penasaran dengan performa atau grafik dari PS5 kan? Yuk, baca lebih lanjut perbandingan PS4 dan PS5!

2. Perbandingan performa

PS5 sudah seharusnya memiliki performa yang lebih hebat dibandingkan PS4 Pro apalagi PS4 yang biasa. Tapi pertanyaannya, se-powerful apa sih engine PS5 ini. Nah, spesifikasi yang dimiliki PS 5 adalah sebagai berikut:

  • 8x Zen 2 Cores 3.5 GHz CPU
  • 10.28 TFLOPs 2.23 GHz GPU
  • 16 GB GDDR 6/256 bit RAM
  • Custom 825 GB SSD
  • 4K UHD Blu-ray disk drive

Nah apa sih arti angka-angka di atas? Kita akan bahas satu per satu spesifikasinya. Yang pertama dari CPU, CPU ini akan berpengaruh ke kecepatan proses dan efisiensi power dari engine. Kalau dibandingkan dengan PS4 Pro yang hanya memiliki 2.1 GHz 8-Core AMD Jaguar, sudah pasti PS5 lebih powerful. Selain itu PS5 memiliki 10.28 TFLOPs, sedangkan PS4 pro hanya memiliki 4,2 TFLOPs. Hal ini mempengaruhi kecepatan render grafis yang dihasilkan. Kecepatan PS5 juga ditunjang oleh 16 GB RAM, tidak seperti PS4 Pro yang hanya memiliki 8 GB RAM. PS5 memiliki 4K UHD Blu-ray disk drive, sedangkan PS4 Pro memiliki Blu-ray disk drive biasa. Walaupun PS5 digital edition tidak memiliki disk drive, tetap saja lebih powerful dari PS4 Pro, karena memiliki spesifikasi yang sama dengan PS5 biasa. PS5 juga menggunakan SSD (Solid-State Drive) yang membaca data lebih cepat dibandingkan PS4 Pro yang menggunakan HDD (Hard Disk Drive). Kalau memang lebih powerful, bagaimana perbandingan PS4 dan PS5 di sisi grafis dan audio?   

3. Grafis dan Audio

Grafis dan audio memang selalu menjadi “jualan” dari konsol baru yang akan rilis. Hal ini dikarenakan grafis dan audio sangat berpengaruh kepada experience dari pengguna atau pemain PlayStation. Gimana sih spesifikasi grafis dan audio dari PS5? Berikut adalah spesifikasinya:

  • Resolusi 8K
  • 120fps (frame per second)
  • Tempest 3D Sound

Sebelumnya sudah dibahas kalau PS5 mempunya 10.28 TFLOPs, hal ini berpengaruh besar ke grafis, karena TFLOPs atau Teraflop adalah kecepatan Graphic Card (GPU) untuk memproses gambar. Memang sih sejauh ini belum ada pengembang game yang membuat game dengan resolusi 8K dan 120fps, tetapi engine dari PS5 sudah mampu menunjang resolusi tersebut. Selain itu, PS5 memiliki teknologi audio baru bernama Tempest 3D Sound. Dengan teknologi ini pemain/player akan mendapatkan experience soundscape yang lebih hebat. Jadi Lo akan bisa mendengar dari mana musuh datang atau di mana ledakan yang terjadi, seakan-akan Lo beneran berada dalam game. Perbandingan PS4 dan PS5 di sisi grafis dan audio bisa terbilang PS5 jauh mengungguli generasi sebelumnya.

4. Controller DualSense vs DualShock

Konsol baru pasti membutuhkan controller yang baru juga. Kalau tidak begitu experience bermain Lo tidak akan lengkap. Controller baru dari PS5 ini diberi nama DualSense. Fitur dari DualSense ini, yaitu:

  • Haptic Feedback
  • Adaptive Triggers
  • Tombol Create
  • Audio Jack 3,5 mm
  • Mic dan speaker
  • Port USB type-C

PlayStation mempertahankan beberapa fitur dari DualShock (controller PS4) seperti adaptive triggers, Audio Jack 3,5mm dan built-in speaker. Selain itu mereka menambah beberapa tweak yang keren banget. Yang pertama fitur haptic feedback. Haptic feedback ini adalah AI yang membaca game apa yang Lo mainin. Jadi adaptive triggers (tombol R2 dan L2) akan berbeda sensitivitasnya saat Lo gunain buat main game racing atau first-person shooter. Selain itu port charger DualSense menggunakan USB type-C untuk menyokong fitur fast charging. Nah fitur built-in mic dan tombol create berguna banget buat para Content Creator nih. Lo bisa gunain tombol create untuk setting rekam video atau hubungin langsung ke platform streaming andalan Lo. Perbandingan PS4 dan PS5 dalam hal controller juga mengalami perubahan yang signifikan.


Itu dia perbandingan PS4 dan PS5 yang perlu Lo tau sebelum membeli. Melalui situs resmi PlayStation, PS5 akan rilis pada 16 November 2020. Move Creators udah bisa mulai pre-order nih. Kabarnya juga Rockstar akan merilis GTA 6 pada PS5 loh! Nah selagi menunggu rilisnya GTA 6, Lo juga bisa baca artikel kita tentang evolusi game GTA biar bikin Move Creators makin excited!

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators