Evolusi Game GTA dari Cerita Sampe Gameplaynya

September, 01 2020

MOVE Creators pasti udah gak asing kan sama game GTA? Bagaimana tidak, game “Grand Theft Auto” ini merupakan franchise terbesar pertama untuk genre free roam adventure dan kini konsep mereka dikembangkan lagi di dunia online. Namun franchise sebesar ini pun juga pastinya memiliki titik awal dan perkembangan atau evolusi yang membedakan satu game GTA dengan yang lainnya? Seperti apa sih evolusi game GTA? Simak aja di bawah ini ya, tapi ingat yang kami bahas disini cuma evolusi game GTA berdasarkan judul utama saja, jadi judul lainnya seperti “Liberty City Stories” dan “Chinatown Wars” nggak masuk ke sini.

 

1. Trilogi GTA 1, 2, dan 3 yang Mengawali Legenda 

Kita akan memulai evolusi game GTA dari triloginya dulu nih. Mungkin banyak yang belum tau dan menganggap GTA Vice City atau GTA San Andreas itu game pertama dari serial GTA. Nah nyatanya nih, GTA juga sempat ga terkenal. Buktinya pada GTA 1 dan 2 ini judul yang sepertinya belum mampu menempatkan GTA dan Rockstar ke posisinya yang sekarang. Hal ini bisa terjadi, mungkin karena keterbatasan grafis dan teknologi di dalam game. Tidak seperti judul GTA yang lain, GTA 1 dan 2 ini memiliki grafis 2D atau dua dimensi saja, sedangkan judul GTA setelah 1 dan 2 ditampilkan dalam 3D atau tiga dimensi. Selain itu sistem kamera GTA 1 dan 2 ini cukup unik yaitu Bird-eye view, yaitu kamera dari atas dan membuat kita cukup sulit untuk memainkannya. Baru di GTA 3 kita bisa mendapatkan kamera third person dan dapat kita ganti angle kamera, sehingga memudahkan kita untuk bermain. Era rilis GTA 1&2 itu 1997 dan 1999, jadi wajar aja kalau teknologinya terbatas dan konsolnya pun masih PlayStation 1. Baru di tahun 2001 Rockstar mengembangkan engine yang baru di PlayStation 2 dengan GTA 3 yang pastinya meningkatkan experience kita saat memainkan game ini. 

 

2. Classic GTA: Vice City & San Andreas 

Siapa sih yang gak kenal Tommy Vercetti dan Carl “CJ” Johnson? Kalo lo ga tau pasti lo ga ngikutin game GTA atau pemain baru dalam serial ini. Buat pemain lama, kalian pasti selalu bandingin karakter-karakter GTA yang baru dengan 2 karakter ini. Walaupun kesannya dua GTA ini tidak termasuk dalam serial utama GTA, tetapi evolusi game GTA pada dua judul inilah yang membuat GTA pertama kali dikenal oleh khalayak ramai atau bisa dibilang booming. Gameplay game masih bisa dibilang mirip dengan GTA 3, tetapi plot cerita dua GTA ini mungkin adalah plot tedrbaik yang pernah dibuat Rockstar dalam serial ini. Itulah kenapa kita bisa menyebut mereka sebagai classic GTA. Bahkan Easter Egg dari GTA 4 dan 5 pun masih menceritakan Tommy dan juga CJ, bisa dibilang mereka tuh legendnya serial ini deh. Eits ada satu lagi yang penting di GTA San Andreas, yaitu mode berenang. Ya, betul mode berenang! Karena mode ini pertama kali dikembangkan di GTA San Andreas. Buat kalian yang main Vice City, pasti tau kan betapa kerennya Tommy Vercetti yang bisa tembak-tembakan sambil ngebut di jalan raya menghindari polisi, tapi langsung mati begitu nyebur. Kadang bikin kesel kita sebagai player loh! 

 

3. GTA 4 Judul yang Terlupakan

Oke mungkin ada beberapa dari lo yang ga terima kalau GTA 4 ini jarang dibahas atau kesannya bahkan terlupakan, atau dalam kata lain underrated. Namun begitulah kenyataannya, MOVE Creators. Akibat dari begitu suksesnya GTA San Andreas dan GTA 5 dengan mode online-nya,lantas membuat GTA 4 dilupakan dan hilang dari radar. GTA 4 yang resmi rilis di Playstation 3 adalah proyek “kelinci percobaan” dari Rockstar untuk mencoba engine baru ini. Sehingga gameplay yang telah disempurnakan baru bisa lo rasakan di GTA 5, yang bahkan dirilis ulang di PlayStation 4. Meskipun begitu, sebenarnya GTA 4 bukanlah game yang buruk. Plot yang cukup unik dari Niko Bellic dengan perkembangan cerita yang cukup twist, membuat game ini cukup seru untuk dimainkan. Hanya saja, sepertinya masih ada potensi yang belum tergali pada game ini. Bisa dibilang Evolusi game GTA 4 ini belum cukup.

 

4. GTA 5 dan akhir dari GTA?

GTA 5 sebagai judul dari serial terakhir GTA dan bisa dibilang sangat sukses secara penjualan. Judul yang resmi dirilis di PlayStation 3 ini dirilis ulang di PlayStation 4 dengan grafik yang jauh lebih hebat. Tentu saja Rockstar tidak membohongi fans hanya dengan grafik bagus, tentu saja gameplay juga meningkat. Selain itu mereka menambahkan mode online, sehingga pemain bisa membuat karakternya sendiri dan bermain dengan pemain lain. Di GTA 5 inilah untuk pertama kalinya kita bisa memainkan 3 karakter yang bisa kita pilih sesuai jalan cerita. Walaupun tidak sepanjang cerita GTA 4, GTA 5 memiliki cerita yang lebih seru dan action yang lebih gila. Ini adalah judul yang terakhir dan mungkinkah ini akhir dari serial Panjang GTA? Rockstar dirumorkan telah mengembangkan GTA 6, tetapi mengingat panjangnya rentetan judul dan franchise selain GTA yang dikerjakan Rockstar, mungkin GTA 6 harus menunggu. Mungkin di konsol selanjutnya? Bagaimana menurut MOVE Creators? Kira-kira akan ada evolusi game GTA yang seperti apa lagi ya habis ini?


Jangan lupa juga ya untuk kunjungin Move Creators Manual untuk kalian yang tertarik mengetahui proses pembuatan konten. Selain itu, kunjungi juga Counter Move untuk dapetin insight yang keren banget dari Content Creator dan juga mengetahui gear apa yang mereka pakai.

#GAMING
1
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators