Untuk bertahan di pasar, bisnis perlu pelanggan. Untuk menarik lebih banyak pelanggan, pemasar harus mempromosikan merk mereka.

Media promosi online adalah salah satu tool yang dapat mendukung proses promosi bisnis kecil ini. Karena zaman sudah berubah. Promosi melalui brosur, pamflet, ataupun iklan di koran sudah kurang worth it lagi.

Transaksi jual-beli banyak dilakukan secara online. Pemasar pun harus memperkuat kehadiran online mereka. Nah, artikel ini akan merangkum media-media apa saja yang dapat membantu promosi bisnis secara online.

Langsung kita mulai saja intip daftar media promosi online tersebut;

Daftar Media Promosi Online yang Tepat untuk Kehadiran Bisnis Online Anda

Untuk pembisnis online, peluang kalian tak terbatas.

Jadi, jika kalian masih kebingungan untuk mencari cara terbaik untuk promosi bisnis. Di postingan ini, saya akan membahas cara-cara efektif untuk promosi bisnis.

Mulai dari kalian yang baru merintis dan tidak mempunyai anggaran, ataupun dengan anggaran yang terbatas. Ruang gerak yang akan dibahas berhubungan dengan;

  • Media sosial
  • Mesin pencari (Google dan alat lainnya)
  • E-Commerce
  • Forum lokal

Jika ingin berada di atas kompetitor Anda, promosi haruslah dilakukan dengan giat. Jangkau target pelanggan Anda, caranya yang akan kita mulai dari contoh media promosi online paling popular di dunia;

1. Google

Semua orang mengandalkan Google. Baik itu untuk pencarian informasi sehari-hari hingga pencarian bisnis.

Google menjadi mesin pencari terbaik dan paling banyak digunakan. Hadirkan bisnis kalian di sini! Kita mulai dari cara yang paling efektif, yaitu

Hadir di Google Maps Melalui Google My Business

Untuk hadir di Google, daftarkan bisnis Anda di salah satu alat gratis Google. Yaitu Google My Business (GMB).

Dengan mendaftar di GMB, bisnis berpeluang untuk muncul di hasil pencarian alamat Google Maps, pencarian lokal (‘bisnis’ terdekat), dan juga –

Ketika orang mencari ‘nama bisnis’ Anda di Google. Google akan memberikan informasi lebih lengkap, dengan memberikan panel hasil lokasi untuk pencari.

Berikut contohnya;

panel lokasi saat melakukan pencarian nama bisnis/merk

Jadi mendaftar profil bisnis Anda harus menjadi langkah pertama. Dengan cara verifikasi kepemilikan bisnis di Maps atau langsung mendaftarkan akun Google MyBusiness.

Setelah kepemilikan bisnis didapatkan. Langkah selanjutnya yaitu optimalkan profile bisnis agar dapat muncul di halaman 1 Google di pencarian yang relevan dengan bisnis Anda.

pencarian lokal.

Jika Anda mendapatkan peringkat di hasil pencarian Google. Atau seperti contoh gambar hasil pencarian lokal.

Artinya bisnis Anda sudah melakukan promosi sendiri selama 24 jam full. Lebih baiknya lagi, jika Anda selalu update dan menambahkan pembaruan di profile bisnis Google. Anda dapat menarik lebih banyak audiens untuk melakukan tindakan transaksi terhadap bisnis Anda.

Buat Website Bisnis

Untuk kehadiran yang lebih kompleks di mesin pencari. Setiap bisnis membutuhkan website sebagai medianya.

Tak peduli seberapa kuno bisnis ataupun klient Anda, situs web tetap menjadi tujuan untuk para pelanggan online saat ini.

Bahkan jika audiens menemukan bisnis Anda melalui saluran lain. Seperti dari media sosial ataupun pencarian lokal Google.

Mereka tetap ingin mengunjungi website bisnis Anda. Nah, website ini juga dapat menjadi media promosi online sepanjang waktu.

Tidak hanya berhenti di situ, selain sebagai media promosi online. Website bisnis sendiri dapat berfungsi untuk;

  • Menjelaskan tentang merk Anda kepada audiens
  • Memuat produk atau layanan yang merk Anda tawarkan
  • Menyediakan info bisnis (kontak, alamat, dll)
  • Mengukur dan menganalisis peningkatan keberhaslian dari taktik promosi lain yang sedang dijalankan

Contohnya saja,

Jika Anda melakukan pengiklanan. Anda memerlukan halaman arahan, yang tentunya itu menjadi peran untuk situs Anda.

Untuk cara pembuatan website bisnis, ada solusi gratis yang bisa Anda coba. Namun, kami sangat menyarankan website bisnis yang profesional.

Dengan membeli domain unik sendiri, serta hostingnya. Sehingga situs web memberikan tampilan yang menggambarkan merk Anda dan disertai fitur-fitur yang lebih lengkap dari pada website gratis.

Untuk estimasi biaya pembuatan website itu disesuaikan dengan kebutuhan. Tergantung mulai dari tujuan website dibuat, fitur yang dibutuhkan, jenis domain yang dipilih (.com .org. .co.id etc.) dan faktor lainnya.

SEO (Search Engine Optimization)

Masih melanjutkan point untuk membuat situs bisnis. Untuk mencapai top peringkat di Google ada 2 cara yang bisa dilakukan.

Yaitu optimasi mesin pencari a.k.a SEO dan mengiklankan situs web di mesin pencari a.k.a SEM (Search Engine Marketing).

Nah, untuk SEO itu sendiri merupakan rangkaian praktik yang perlu dilakukan untuk menyelaraskan bisnis Anda dengan algoritma peringkat di Google.

Google terus melakukan pembaruan untuk algoritma-nya. Karena mesin terus mengikuti perkembangan dari perilaku pengguna agar dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan membawa manfaat untuk pengguna Google.

Jadi untuk mendapatkan posisi dengan target audiens yang tepat di Google. Website Anda harus dioptimasi sesuai dengan faktor-faktor peringkat dari Google.

SEO bukanlah pekerjaan dengan 1 praktik saja. Ada banyak checklist SEO yang perlu dipenuhi. Secara garis besarnya, ada 3 jenis SEO:

  • SEO On-Page: Meliputi pencarian kata kunci, pengoptimalan internal link, dll.
  • SEO Off-Page: Mendapatkan backlink atau tautan dari website lain.
  • Teknikal SEO: Mempertahankan kecepatan loading website, dll.

Umumnya proses optimasi SEO sendiri adalah perjalanan panjang dan memakan banyak waktu. Jika merasa kewalahan dengan proses optimasi SEO ini, menggunakan jasa SEO adalah opsi instant yang dapat anda pertimbangkan.

Menambahkan Posting Blog di Web Bisnis

Konten menjadi komponen paling penting dalam SEO. Konten harus hadir untuk kategorinya sendiri sebagai strategi promosi.

Sebuah blog bukanlah ‘jurnal aktif’ untuk bisnis. Tapi, tetap saja Anda dapat membuat beberapa postingan terkait industri bisnis Anda.

Jenis blog yang menguntungkan adalah posting blog dengan konten informatif, mendidik, dengan menyuarakan merk Anda.

Contohnya; posting blog yang menjawab seputar pertanyaan dan istilah-istilah yang dicari oleh pelanggan ideal Anda di Google.

Contoh posting blog bertarget dari Garuda Website

Pertanyaan atau istilah dalam postingan ini disebut dengan kata kunci. Semakin banyak konten yang diposting dengan menargetkan suatu kata kunci. Maka semakin besar juga peluang yang membuat bisnis Anda muncul di halaman atas Google.

Contoh-contoh postingan blog yang bagus:

  • Konten tutorial (How to)
  • Daftar sumber atau rekomendasi (daftar 7 …. terbaik, 3 faktor penting, … paling popular)
  • Istilah (Apa itu …..)
  • Post contoh (template post)
  • Review/testimoni pelanggan
  • Pembahasan trending (Konten terkait berita yang sedang viral)
  • Dll

Namun bagaimana cara menemukan kata kunci SEO untuk konten yang dicari banyak orang. Berikut artikel terkait dengan pembahasan yang lebih lengkap:

Mengiklankan Situs di Google

Mulai dari pembuatan website hingga pengoptimalannya dengan taktik SEO. Ini adalah strategi jangka panjang, yang memakan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasilnya. Namun, hasil dari SEO juga bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak akan berhenti.

Ada cara yang lebih cepat dari SEO, dengan anggaran yang lebih banyak. Anda dapat mulai mengiklankan situs web bisnis di Google Ads.

Iklan Google, membantu bisnis Anda muncul di halaman depan mesin pencari, di atas pencarian organik dan pencarian lokal.

Untuk menguasai Google Ads, Ana membutuhkan waktu dan juga banyak percobaan dan kesalahan yang dapat saja terjadi.

Sejauh ini, kampanye situs yang dioptimasi (SEO) jauh berharga daripada kampanye berbayar (investasi). Jika Anda berhenti kampanye iklan, maka website juga akan berhenti berada di halaman pertama.

2. Promosi Bisnis Melalui Media Sosial

Promosi ataupun memasarkan di media sosial membutuhkan strategi yang kreatif. Tidak melebih-lebihkan, tetapi sangat penting Anda tahu bahwa lebih dari 90% pemasar menggunakan media sosial sebagai salah satu upaya marketing mereka.

Bahkan sudah ada begitu banyak transaksi jual-beli yang melibatkan peran media sosial di dalamnya. Manfaat media promosi online ini tidak sebatas promosi saja, media sosial dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.

Jika Anda belum hadir di media sosial untuk pemasaran. Teruslah membaca, Anda akan mempelajari bagaimana peran media sosial untuk bisnis Anda.

Mengapa media sosial penting untuk bisnis?

Untuk dapat bertahan di pasar online. Anda perlu menyadari tren baru di industri Anda. Berikut daftar mengapa perlu media sosial untuk promosi bisnis online;

  • Bangun brand awareness: ini penting, karena sebagian pelanggan ingin membeli dari merk yang mereka kenal.
  • Hasilkan pembicaraan terkait merk Anda: Dapatkan umpan balik di media sosial dari audiens target Anda.
  • Membantu memahami keinginan pasar
  • Tempat berinteraksi lebih dekat dengan audiens
  • Memberikan layanan pelanggan yang responsif
  • Bangun loyalitas pelanggan
  • Bantu mengarahkan traffic/pengunjung ke situs bisnis
  • Posting media sosial dapat muncul di Google
  • Hemat!

Pertimbangkan untuk menggunakan media popular. Cara mempromosikan bisnis melalui media sosial dapat kita mulai dari:

Instagram Bisnis

Instagram adalah media sosial favorit banyak orang. Tak hanya untuk pemakaian pribadi. Instagram juga banyak dimanfaatkan oleh content creator dan juga pemasar.

Gunakan Instagram Bisnis, dan ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk promosi bisnis. Mulai dari konten marketing di fitur feed, Insta story, Reels, dll.

Aktif di Facebook

Facebook menjadi media sosial popular dalam waktu yang lama, bahkan hingga saat ini.

Cara mempromosikan bisnis di Facebook juga bervariasi. Itu tergantung dengan industri apa yang bisnis Anda tekuni.

Tapi dasar-dasarnya semacam;

  • Buat halaman Facebook bisnis dengan melengkapi detail kontak dan CTA.
  • Gunakan event tertentu di Facebook untuk mempromosikan bisnis dan memaksimalkan kehadiran Anda di sana.
  • Hasilkan konten di Facebook (tutorial, live, dll). Ini menarik perhatian!

Capai FYP di TikTok!

Dapat dibilang, TikTok merupakan media yang masih anyar jika dibandingkan dengan Snapchat, Instagram, dll.

Namun, pengikutnya sudah begitu banyak dan tetap popular hingga saat ini. TikTok menawarkan kemudahan dalam menghasilkan konten video yang menarik.

Ini menjadikannya sebagai pemasaran bentuk video yang baik untuk pelaku bisnis online.

Di platform ini, Anda dapat membuat konten video yang sekiranya akan dinikmati oleh banyak orang.

Seperti video petunjuk, behind the scene, dan juga fakta-fakta unik yang tetap dapat menyuarakan merk Anda.

Berinteraksi dan Tetap Terhubung di LinkedIn

LinkedIn adalah platform yang dapat menjadi tempat posting resume secara online. Ini dapat menjadi media promosi online untuk bisnis Anda.

Karena di LinkedIn penggunanya juga dapat bergabung dalam diskusi kelompok, terhubung dengan pelanggan potensial, membentuk kemitraan, dan melakukan jejaring online secara umum.

Calon pelanggan dapat memeriksa merk Anda sebelum berbisnis dengan Anda. Mereka dapat mengetahui berbagai macam informasi terkait merk bisnis Anda.

Bagikan Konten Video Melalui YouTube

Video marketing menjadi salah satu opsi yang bagus dalam promosi bisnis. YouTube memungkinkan Anda memulainya secara gratis.

Promosi melalui YouTube membantu calon pelanggan terhubung dengan bisnis Anda. Menyusun beberapa video ikhtisar terkait bisnis lalu mengunggahnya ke YouTube menjadi alat penjualan yang bagus.

Dengan membagikan konten video di halaman situs web Anda atau dibagikan melalui e-mail ke target pelanggan Anda.

Jenis konten yang dibagikan juga tidak jauh berbeda dengan media promosi online lain. Seperti tips & trick, tutorial, listing, DIY, dll.

Contohnya konten video informasi dari Neil Patel, yang dibagikan di situs web mereka.

Bahkan video juga dapat muncul di hasil pencarian Google secara umum. Terkadang muncul di paling atas, seperti ini;

Bagikan di Twitter

Media promosi online selanjutnya adalah Twitter. Twitter banyak digunakan oleh pengguna usia antara 18-24 tahun. Cocok untuk pemasar yang menargetkan audiens dengan umur itu.

Aktivitas membangun audiens yang dilakukan di Twitter cenderung lebih banyak. Anda harus konsisten aktif dan berinteraksi untuk menguasai pemasaran melalui Platform Twitter.

Anda dapat mempromosikan kampanye bisnis Anda, seperti contoh berikut;

Coba Hadir di Pinterest

Pada dasarnya Pinterest menjadi platform yang fokus untuk berbagi foto. Tapi bukan berarti tidak mempunyai peluang untuk mempromosikan bisnis Anda.

Anda dapat daftar dan bagikan foto relevan dengan bisnis Anda di Pinterest. Lalu semarkan link ke situs websiye Anda. Guna untuk menciptakan peluang mempromosikan bisnis dengan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Pinterest cocok untuk bisnis e-commerce dengan jangkauan target audiens wanita (pengguna pinterest condong ke demografis wanita). Jika industri Anda cocok, Anda dapat pertimbangkan untuk aktif di platform ini.

Beriklan di Media Sosial

Tak hanya di Google, Anda dapat beriklan melalui media sosial. Contohnya mengiklankan postingan Anda di;

Buat konten yang menyuarakan merk, produk, layanan, dan bisnis Anda di media sosial, Lalu iklankan postingan tersebut agar menjangkau target yang tepat.

Forum/Komunitas Online

Media promosi online selanjutnya adalah dengan bergabung dengan forum atau komunitas yang relevan dengan bisnis Anda.

Melalui komunitas-komunitas yang ada di LinkedIn, Grup Facebook, ataupun Reddit.

Tawarkan saran yang baik kepada orang-orang yang memiliki permasalahan ataupun pertanyaan. Pastikan juga profile yang Anda bangun mengarah ke merk bisnis Anda.

Ini juga menjadi cara yang bagus dalam membangun reputasi dan juga hubungan yang solid dengan orang-orang relevan dengan bisnis Anda.

Kolaborasi dengan Influencer

Bisnis Anda merupakan bagian dari komunitas. Baik itu berdasarkan geografis ataupun berfokus kepada niche. Dan influencer adalah ‘bintang’ dalam niche Anda.

Mereka dapat disebut sebagai pakar yang popular, dipercayai, dan banyak diikuti oleh orang-orang pada niche Anda.

Biasanya influencer memiliki banyak pengikut di media sosial ataupun blog. Berarti apapun yang mereka bagikan, ini dapat dilihat oleh banyak pasang mata.

Bangun kerjasama, dan promosikan bisnis Anda dengan influencer.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version