Sebelum membahas hack dalam pemasaran di Instagram bisnis. Saya akan memberikan gambaran singkat terlebih dahulu.

Awalnya Instagram merupakan aplikasi berbagi foto & video.

Seiring waktu berkembang, aplikasi ini menunjukkan kesuksesannya. Hingga di tahun 2022, Instagram memiliki hingga 1.3 miliar pengguna aktif (sumber businessofapps.com)

Di dalamnya terdapat:

  • Pengguna pribadi
  • Influencer dengan banyak pengikut
  • Artis
  • Fanpage
  • Hingga akun bisnis yang sukses

Ya, saat ini Instagram berevolusi dan menjadi salah satu media promosi online yang menguntungkan untuk para pembisnis.

Mungkin Anda adalah salah satunya, pengguna Instagram yang setidaknya mengikuti 1 akun bisnis paling disukai.

Sebagai pembisnis, pekerjaan kalian dapat mulai dari memposting konten yang tepat agar tetap relevan dengan pengikut saat ini sambil menarik pengikut baru.

Jujur saja, ini bukan pekerjaan yang mudah. Anda perlu mengetahui jenis postingan seperti apa yang mampu menarik audiens Anda.

Jadi, untuk inilah artikel ini dipublish, membantu Anda memanfaatkan Instagram bisnis sebagai media marketing.

10 Checklist Marketing di Instagram Bisnis

Sebelum mulai membahas point-point pentingnya, Anda perlu beralih dari Instagram biasa menjadi akun Instagram bisnis.

Karena, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Instagram mode bisnis yang berbeda dengan akun biasa.

Saatnya mulai checklist point-point berikut untuk strategi pemasaran Anda di Instagram..

#1: Optimalkan Tampilan Profil

Nyatanya, profil bisnis Anda haruslah dioptimalkan. Tak hanya membuatnya menarik, ini juga membantu mendapatkan kepercayaan audiens Anda.

Anda harus mengubah profil agar tampil menarik dan profesional, mulai dari;

contoh tampilan profil akun bisnis
  • Tambahkan bio Instagram: Anda dapat membuat bio Instagram yang menarik lebih banyak followers. Mulai dari menambahkan deskripsi singkat terkait merk Anda., dan juga gunakan kalimat CTA yang tepat.
  • Kontak bisnis: Tambahkan alamat fisik (jika ada), dan juga detail kontak bisnis untuk transaksi.
  • Sematkan URL website: Bisnis yang memiliki situs web biasanya lebih dipercayai oleh calon pelanggan, jika punya Anda dapat sematkan link di profile Instagram.
  • Foto profil: Gunakan logo dari merk Anda, ini dapat bantu merk Anda melekat di ingatan audiens.

#2: Manfaatkan Alat Gratis di Instagram Bisnis

Ada alat spesial yang diberikan untuk pengguna Instagram bisnis.

Anda dapat melihat data statistik seperti jumlah tayangan, data keterlibatan, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan alat-alat yang disediakan, Anda bisa mendapatkan hasil perincian demografi pengikut Anda. Ini termasuk informasi terkait usia, jenis kelamin, lokasi, hingga jam aktif pengguna.

source: Neil Patel blog

Tak hanya sebatas itu, Anda bisa mendapatkan data yang lebih spesifik.

Seperti informasi secara khusus dari postingan Anda selama jangka waktu tertentu (perminggu), yang menunjukkan berapa banyak tayangan yang didapatkan dan postingan teratas pada waktu tersebut.

source: Neil Patel blog

Data yang sudah Anda dapatkan, dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan konten di Instagram: konten seperti apa yang mereka sukai, oleh pengguna umur berapa konten Anda disukai, lalu di mana pelanggan potensial Anda berada.

Alat ini gratis, cukup gunakan akun bisnis Anda dan lihat insight postingan Anda.

#3: Ragam Jenis Posting Dapat Anda Gunakan

Seperti yang sudah dikatakan di awal, Instagram terus berkembang.

Mereka terus melakukan update untuk kenyamanan pengguna. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur Instagram untuk membagikan konten.

Tak hanya membagikan foto dan video di feed. Anda dapat terus berinteraksi dan menjangkau audiens dengan membagikan konten melalui:

  • feed
  • reels
  • story
  • Siaran langsung
  • IG TV
  • IG Shop

Ada banyak cara untuk selalu terhubung dengan target audiens.

#4: Insta Story

Melanjutkan point ke-4, Instagram story dapat bantu bisnis Anda meningkatkan prospek.

Insta story merupakan fitur yang berbeda dengan postingan foto/video biasa. Format fitur ini adalah postingan slide show yang berdurasi maks. 15 detik (untuk video).

Saat memposting story, postingan ini hanya bertahan selama 1 hari saja. Tetapi story dapat tersimpan di arsip akun Anda.

Postingan story juga dapat dimanfaatkan lagi setelahnya. Seperti dimasukkan dalam highlight/sorotan dan juga direpost ulang.

Instagram story muncul di icon profil. Untuk melihatnya, cukup klik icon profile, maka jendela baru akan memunculkan postingan story.

Terlihat kecil, namun impact dari memanfaatkan fitur ini memang benar adanya.

Sebagai permulaan,

  • Insta story ditampilkan di bagian atas garis waktu pengikut, di mana pengguna sudah melihatnya tiap hari.
  • Akun bisnis Anda dapat menggunakan story untuk membagikan postingan behind the scene yang berbeda dengan postingan biasa di feed.
  • Di sini bebas, Anda tidak harus memposting konten selaras yang ‘aesthetic’ seperti di pengaturan feed Anda.

Dibalik postingan story, ada begitu banyakk fitur yang bisa digunakan didalamnya.

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai jenis konten dengan bantuan fitur di Instagram story. Mulai dari foto, video singkat, video rewind, video langsung, boomerang.

Fitur tambahan lain yang dapat Anda gunakan saat posting story adalah:

  • Mention: Anda dapat menandai akun lain, sangat berguna saat Anda berkolaborasi dengan merk lain atau influencer terkenal.
  • Filter wajah
  • Teks
  • Stiker/GIF
  • Coretan
  • Musik
  • Jajak pendapat
  • Q&A

Kabar baiknya lagi, postingan story dapat ditambahkan secara tak terbatas.

#5 Reels Instagram Jangkau Pengikut Baru

Instagram reels menjadi format media sosial yang sedang populer saat ini. Format ini sangat bersaing dengan aplikasi video terkenal, yaitu TikTok.

Format konten reels ini cukup inovatif, dan dapat membantu menarik pengikut baru.

Mengapa?

Saat Anda membagikan konten melalui reels. Postingan tersebut tidak hanya masuk di beranda pengikut saja. Tapi juga dapat masuk ke pengguna lain yang tidak mengikuti Anda.

Syaratnya: Cukup buat konten yang sekiranya menarik bagi target audiens Anda. Biarkan algoritma Instagram membantu konten Anda untuk tampil di beranda mereka.

#7 Posting Teaser yang Mampu Membuat Audiens untuk Membeli

Anda dapat menjual produk hanya dengan memposting teaser produk di Instagram

Di Instagram Anda dapat bebas mengiklankan produk Anda. Anda perlu bermain taktik dengan benar.

Tidak perlu mengganggu kenyamanan pengguna dengan menakut-nakuti merekan dengan IKLAN.

Karena, jika kesannya terlalu ‘memaksa’, pengikut akan kabur seperti lalat.

Kiatnya: Postingan penggoda produk (teaser) adalah cara sederhana untuk membicarakan tentang produk Anda dan meningkatkan antusias calon pelanggan secara alami.

Contoh:

Postingan dari brand baju ternama, yang secara tidak langsung menjual produk spesial terbaru. Tetapi menawarkan pembelian di situs web mereka, di mana pengguna bisa mendapatkan ‘spesial box’ untuk pembelian produk.

Postingan ini mendapatkan ribuan suka, yang artinya sangat besar di dunia periklanan.

Iklan berfungsi karena tidak memaksa. Tawarkan secara santai, dengan membawa tawaran khusus.

#8 Bagikan Postingan dari Pengguna

Bukankah hebat, Anda bisa mendapatkan konten emas untuk halaman Instagram Anda tanpa effort yang berlebihan?

Ini bisa dilakukan dengan membagikan kiriman dari audiens Anda.

Jika Anda sudah memiliki audiens yang terlibat dengan merk Anda. Anda dapat memanfaatkan itu untuk hasilkan konten.

Bagi pengikut Anda, mungkin mereka akan lebih menikmati konten buatan pengguna lain daripada konten Anda.

Mengapa? karena konten jenis ini asli dan tidak dapat dimanupulasi.

Seperti toko online figure ini, pengguna menandai akun olshop pada postingan yang menyangkut produk mereka di Instagram.

Lalu akun Instagram bisnis menggunakan tagar khusus dan menandai pengguna untuk sesi repost foto.

#9: Temukan Hashtag Bermerk Interaktif

Untuk terus terlibat, hashtag interaktif adalah opsi bagus yang dapat dicoba.

Contohnya masih sama dengan toko online figure pada point di atas. Kyouhobbyshop berhasil mengumpulkan 19K postingan dengan hashtag #rayakanhobimu milik mereka.

Pelanggan dapat menggunakan hashtag itu untuk memposting konten buatan sendiri. Ini memungkinkan pengguna untuk mencari postingan dari hashtag terkait dengan merk Anda.

Ini juga membantu Anda untuk memilih postingan pengguna yang ingin diposting ulang untuk halaman Anda.

#10: Jam Posting Berpengaruh!

Posting terlalu banyak konten ternyata dapat menganggu pengikut Anda, mereka tidak nyaman dan menganggap itu sebagai spam.

Jika pada beranda mereka hanya melihat merk, promosi, produk Anda terus menerus. Ini memungkinkan pengguna untuk berhenti mengikuti Anda.

Ciptakan jadwal posting, lakukan secara konsisten dan tetap teratur.

salah satu cara terbaiknya dengan memposting hanya pada hari dan jam sibuk saat pengguna sedang online.

Menurut eksperimen dari simplymeasured.com hari Rabu dan Minggu bukanlah hari yang tepat untuk memposting di Instagram.

Pilihlah hari Senin dan Kamis, sebagai hari sibuk ketika banyak pengguna online.

Dan dilanjutkan dari penelitian CoSchedule, jam 08.00 – 09.00, dan 02.00. Adalah waktu terbaik untuk posting di Instagram.

Karena, pada jam 08-00 hingga 09-00 pagi, adalah waktu ketika orang bersiap-siap untuk berangkat kerja (saat yang tepat memeriksa sosial media).

Lalu, untuk jam 02.00 pagi, adalah waktu di mana orang membuka instagram saat mereka harusnya tidur.

Atau Anda dapat melihat dari data statistik insight postingan Anda sebelumnya.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version