Bisnis kecil Anda membutuhkan website. Nah, di sini cara membuat website bisnis akan kami bagikan.

Ingat dan pahami dulu pola berikut, ini dapat dibilang sebagai syarat sebelum memulai membuat website.

  • Pahami bahwa website bisnis memiliki bermacam manfaat dan tujuan. Mulai dari memberitahu audiens terkait proposisi nilai Anda. Membuat brand/merk Anda melekat diingatan audiens target. Salah satu media promosi online yang tepat untuk menjangkau target baru secara luas. Hingga mendorong tindakan jual-beli.
  • Hal yang perlu disiapkan saat ingin membangun website adalah memilih nama domain dan layanan hosting.
  • Usai pembuatan website, itu bukan artinya Anda dapat beristirahat. Optimalkan website agar dapat tampil di halaman 1 Google.
  • Website haruslah mobile-friendly, ini berpengaruh terhadap tindakan pengunjung dan juga nilai plus di mata Google.
  • Artikel ini tepat untuk Anda yang ingin membangun website bisnis baru, atau meningkatkan website yang sudah ada.

Padahal hanya garis besarnya saja. Tapi sudah terlihat bahwa membangun bisnis secara online adalah pekerjaan jangka panjang.

Tapi Anda dapat pelajari secara bertahap, cara membuat website dapat menjadi garis start nya.

Pentingnya Visibilitas Online Bisnis Anda

Saat ini, konsumen beralih mencari segala kebutuhannya di internet. Salah satunya mencari ‘bisnis terdekat‘. Mungkin Anda salah satunya, yang mencari ‘cafe terdekat‘ saat ingin berkumpul dengan teman.

Bisnis yang memiliki toko fisik pun alamatnya harus hadir di layanan Google Maps ataupun penelusuran lokal.

Memiliki situs web menjadi modal utama untuk kehadiran yang kuat di Google. Jika Anda memiliki produk yang dijual, website dapat juga membuka pasar baru dan memperluas bisnis Anda.

Dunia digital terus mengalami perkembangan. Situs web sekarang dapat dibuat oleh siapa saja, Anda tak perlu paham coding.

Kuncinya teruslah membaca, ikuti beberapa aturan dan tips dasar untuk membuat website bisnis yang profesional.

Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat website bisnis.

Cara Membuat Website Bisnis & Apa Saja yang Kalian Butuhkan

1. Tentukan Arah Website Anda

Pembisnis pada umumnya membuat website bisnis yang berfungsi untuk;

  • Memberikan informasi lengkap tentang merk Anda
  • Sebagai platform e-commerce langsung (tempat untuk transaksi jual-beli)
  • Membagikan konten relevan dengan jenis bisnis Anda (informasi yang dibutuhkan audiens)

Anda dapat membuat website sederhana yang menceritakan sedikit tentang bisnis Anda, ataupun membuat website e-commerce yang lebih kompleks.

Hal terpenting yang wajib ada pada website bisnis adalah menyampaikan ‘tentang‘ atau point penting perusahaan Anda di beranda secara sederhana. Beri tahu apa yang dilakukan perusahaan Anda kepada pengunjung situs.

Pikirkan pengalaman pengguna, perjalanan mereka menjelajahi situs Anda, dan berikan navigasi situs yang jelas.

Apapun tujuan dasar situs web Anda. Pengguna harus dapat dengan mudah mencapai apa yang mereka butuhkan dari situs Anda.

Kiatnya: Jika point pertama disingkat, artinya ‘Navigasi situs website harus jelas’.

2. Tentukan dan Beli Nama Domain Terbaik!

Nama domain menjadi fitue penting untuk website. Ini merupakan alamat URL yang dapat dikunjungi audiens maupun dibagikan ke media lain, seperti promosi melalui medsos contohnya.

Oleh karena itu, buatlah nama domain yang deskritif, mudah diingat, dan diketik. Jangan membuat bingung pengunjung dengan penggunaan angka, akronim, dll pada domain.

Setelah mendapatkan nama yang sempurna, tentukan top-level domainnya. Ada beragam akhiran domain yang bisa digunakan. Seperti .com .org .net . co.id atau yang lainnya.

Jika nama domain sudah ditentukan, cek ketersediaan di penyedia domain. Ada beberapa penyedia domain yang paling banyak digunakan, contohnya;

  • Dynadot
  • Godaddy
  • Hostinger
  • Namecheap
  • Dll

Caranya kunjungi layanan penyedia domain yang sudah Anda pilih;

Contohnya kunjungi situs dynadot.com, lalu cari nama domain di kolom pencarian.

Selanjutnya, Anda dapat melihat ketersediaan domain. Domain yang disertai dengan harga itu artinya masih tersedia dan dapat segera dibeli.

Harga tergantung dengan jenis domain yang sudah Anda pilih. Harga akan tertera langsung di samping domain. Sehingga Anda dapat melakukan perbandingan.

Jika nama domain + top-level domain yang Anda inginkan tersedia. Anda dapat mulai membuat akun atau login ke akun yang sudah ada untuk melakukan pembelian.

Kiatnya: Nama domain adalah cara pengguna menemukan website Anda, jadi pilihlah domain yang terkait dengan niche bisnis atau layanan yang Anda tawarkan.

3. Beli Hosting Web

Tiap website membutuhkan hosting, ini merupakan server tempat semua data website Anda disimpan dan diakses untuk publik secara langsung. Sesuai dengan anggaran dan kebutuhan, ada berbagai jenis hosting yang dapat dipilih.

Biasanya penyedia domain juga menyediakan layanan hosting web. Tapi Anda dapat bebas memilih layanan hosting, contohnya yang paling sering digunakan adalah;

  • Hostinger
  • IDwebhost
  • Niagahoster
  • Rumahweb
  • DLL.

4. Pilih Platform Website Anda dan Install

Sebenarnya ada berbagai platform yang dapat digunakan. Namun, saya sangat merekomendasikan WordPress untuk pemula yang ingin membangun website sendiri. Tampilannya mudah dipelajari, dan kelengkapan fitur yang diberikan.

Ada beberapa cara menginstal wordpress. Mulai dari install secara otomatis, manual, lokal, dan juga menggunakan alat installer.

5. Bangun Halaman Website

Situs website yang baik lebih dari sekedar beranda statis. Anda perlu membuat beberapa halaman yang ditujukan untuk keperluan bisnis Anda.

Seperti laman katalog, portfolio, kategori, produk, dan layanan Anda. Bahkan Anda memerlukan halaman khusus untuk blog.

Untuk membangun situs website yang kompleks, pastikan setiap halaman yang sudah dibuat tetap mendukung dan memberi arahan ke tujuan utama situs.

Suarakan tujuan Anda dengan jelas. Contohnya menggunakan kata-kata call to action – learn more, read more, hubungi kami, dll.

Pada halaman kontak (tautan langsung terhadap pelanggan) Anda perlu memasukkan informasi sejelas mungkin. Mulai dari nomor bisnis, alamat email, lokasi fisik, dan sosial media.

About us, ini menjadi halaman terbaik untuk Anda menjelaskan dan memasukkan informasi tentang merk dan tim Anda. Sehingga ini menambah nilai kepercayaan bagi pelanggan potensial Anda.

Tak kalah penting! Buatlah logo merk Anda. Jika Anda tidak memiliki skill dalam grafik desain. Ada banyak jasa pembuatan logo yang dapat membantu Anda. Logo ini dapat membantu klient untuk mengidentifikasi bisnis Anda dengan cepat dan mudah (Nilai plus untuk penampilan visual).

Tips dasar membangun halaman yang efesien dan kaya konten untuk situs web Anda.

Perjelas apa yang bisnis Anda lakukan.

Saring apa yang dilakukan bisnis Anda menjadi pernyataan yang jelas, ringkas, dan diutamakan.

Pada saat beberapa detik pengunjung masuk beranda Anda, nah buat mereka langsung memahami apa yang bisnis Anda lakukan.

Lebih efektif jika buat beberapa halaman dengan kualitas SANGAT BAIK. Dibanding membuat banyak halaman yang belum layak tampil.

Tempatkan secara strategis kalimat call-to-action (CTA).

Tombol CTA akan berfungsi secara baik jika diletakkan pada posisi yang tepat. Misalnya, menempatkan tombol ‘beli sekarang‘ di halaman produk.

Tingkatkan kecepatan situs website.

Pastikan kecepatan situs website Anda tidak terganggu. Situs website yang memiliki loading lama, cenderung akan ditinggalkan oleh pengunjung. Jika website Anda menggunakan sistem manajemen konten (CMS).

Seperti menggunakan platfrom WordPress untuk membuat website contohnya. Anda dapat menginstal plugin cache untuk situs Anda. Contohnya plugin WP Super Cache, yang mengompresi file situs dan memungkinkan kecepatan website Anda tetap optimal.

Jangan remehkan peran gambar di situs Anda.

Fotografi yang norak/tidak menarik dapat mengubah situs yang hebat menjadi biasa-biasa saja. Berikan effort untuk stok foto website Anda. Akan lebih bagus jika Anda memiliki tim desain yang mengatasi hal ini.

Pengaturan sistem pembayaran.

Sistem pembayaran biasanya dibutuhkan untuk situs web e-commerce. Perusahaan yang ingin menyediakan opsi pembayaran secara online perlu mengintegrasikan sistemnya ke situs website.

Cara termudahnya yaitu menggunakan software e-commerce, ada banyak layanan hostung yang menawarkan program untuk e-commerce. Anda dapat mendiskusikannya dengan layanan host yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Mobile-friendly

Sebelum website dipublikasikan, pastikan web yang ingin ditampilkan sudah mobile/tablet-friendly. Langkah ini tidak boleh diabaikan. Karena Google sudah memprioritaskan faktor ini. Halaman yang mobile-friendly lebih diutamakan di peringkat mesin pencari.

Jika sudah, website Anda siap diterbitkan!

6. Bagikan URL di Media Sosial

Langkah paling mudah untuk memasarkan website Anda adalah menautkannya di media sosial. Media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok mampu membantu Anda untuk jangkau lebih banyak audiens.

Setiap kali Anda melakukan pembaharuan pada website. Pastikan untuk membuat postingan terkait hal itu di media sosial.

7. Optimasi Mesin Pencari

Tujuan website Anda hadir adalah agar dapat dilihat oleh banyak orang. Untuk dapat dilihat oleh banyak orang, Anda HARUS berada di halaman pertama Google. Mengapa? Pengguna mesin pencari hampir tidak pernah menggulir ke halaman 2, apalagi 3, 4, dan 5.

Di sinilah Anda harus belajar dan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari).

Jika praktik berhasil, website bisnis Anda akan mempromosikan diri secara otomatis walaupun Anda sedang tertidur.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version