Saat ini, influencer marketing menjadi bentuk utama dalam taktik pemasaran online. Sudah banyak disebut, bahkan menjadi kata kunci pencarian tinggi di browser.
Namun, masih banyak pemasar yang belum mengerti apa itu influencer marketing.
Influencer marketing merupakan gabungan dari alat pemasaran dulu dan terbaru. Dibutuhkan ide dukungan selebriti dan menempatkannya ke dalam kampanye marketing via konten modern.
Perbedaan mendasarnya dalam hal influencer marketing ini adalah hasil kampanye adalah kolaborasi antar merk bisnis dan influencer.
Teknik pemasaran ini nyatanya tak hanya melibatkan selebriti saja. Sebaliknya, ini berputar di sekitar ‘influencer’, banyak di antaranya tidak menganggap diri mereka terkenal di pengaturan offline.
Di artikel ini, kita akan mengkategorikan influencer merupakan orang yang:
- Seseorang yang mampu & memiliki otoritas mempengaruhi orang lain untuk melakukan tindakan pembelian.
- Memiliki pemahaman dan posisi yang jelas dengan audiens target.
- Pengikut di niche yang berbeda, dengan siapa dia terlibat aktif. (Tergantung dengan ukuran topik niche-nya).
Salah satu kegagalan marketing tradisional adalah pelakunya yang tidak dapat membedakan antara selebriti dan influencer online.
Kalian harus sadari, bahwa sebagian besar influencer telah secara sistematis membangun antusias audiens mereka.
Audiens tidak terlalu peduli dengan merk Anda. Mereka hanya peduli dengan pendapat dari influencer yang diikuti.
Daftar Isi
Apa itu Influencer Marketing?
Meski sudah banyak digunakan, tidak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahui lebih lanjut tentang pengertian dari strategi marketing ini.
Influencer marketing merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan menggandeng seorang influencer.
Pihak influencer yang bisa diajak bekerja sama untuk menjalankan strategi ini cukup beragam, diantaranya YouTuber, Blogger, maupun public figure. Intinya dalam menjalankan strategi ini, perusahaan menyerahkan urusan promosi pada seorang influencer yang cukup terkenal di berbagai media sosial.
Jenis strategi promosi online ini mulai banyak digunakan, karena peluang promosi online yang ada saat ini terbilang cukup menjanjikan. Pengguna media sosial yang semakin banyak bisa menjadi peluang untuk mempromosikan produk secara online.
Strategi pemasaran ini dinilai bisa memberikan hasil yang maksimal untuk penjualan produk.
Keuntungan Apa yang Bisa Diperoleh?
Strategi influencer marketing mulai banyak digunakan oleh perusahaan ataupun usaha bisnis kecil dan menengah karena bisa memberikan banyak keuntungan. Kira-kira apa saja keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan strategi promosi online ini? simak penjelasannya berikut ini.
1. Produk Lebih Dikenal Banyak Orang
Jika menggunakan strategi promosi online dengan bantuan influencer, maka jangkauan pasar untuk produk Anda bisa jadi lebih luas. Seorang influencer yang bekerja sama dengan Anda biasanya akan sering memposting produk Anda di akun medsosnya.
Mereka biasanya memiliki pengikut di medsos yang cukup banyak, dengan begitu produk Anda bisa lebih dikenal. Semakin banyak jumlah orang pengikut dari influencer partner kerja Anda, maka semakin banyak pula orang yang akan melihat postingan. Dengan begitu, produk dari usaha Anda bisa lebih dikenal banyak orang dan berpotensi untuk banyak dibeli.
2. Brand Awareness Lebih Meningkat
Menggunakan strategi promosi online ini juga bisa membuat brand awareness pada usaha Anda bisa lebih meningkat. Keuntungan ini masih berkaitan dengan keuntungan sebelumnya, yakni tentang produk yang bisa makin terkenal.
Jika bekerja sama dengan influencer ternama untuk promosi, maka brand usaha Anda bisa lebih terkenal. Para pengikut dari partner kerja Anda ini akan terus melihat postingan mengenai produk Anda, brand usaha bisa lebih terkenal. Selain itu, strategi influencer marketing bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dari usaha Anda.
3. Bisa Menjangkau Konsumen Milenial
Saat ini tidak sedikit jenis usaha yang menjadikan kaum milenial sebagai target konsumennya. Berkaitan dengan strategi promosi, Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menjangkau para calon konsumen atau konsumen dari kaum milenial.
Kaum milenial biasanya lebih sering aktif di media sosial dan juga mengikuti akun dari para influencer. Jika menggunakan strategi promosi dengan bantuan influencer, Anda bisa lebih mudah dalam menjangkau para konsumen dari kaum milenial.
4. Penjualan Meningkat
Keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan strategi marketing ini adalah jumlah penjualan produk yang meningkat pesat. Influencer bisa meningkatkan kepercayaan para konsumen pada produk dan bisnis Anda, sehingga mereka akan lebih sering untuk membeli produk. Dengan ini, jumlah penjualan produk bisa meningkat dan bisnis Anda bisa lebih sukses.
Tahap Menjalankan Strategi Influencer Marketing
Strategi marketing secara online ini bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk melaui beberapa tahap.
Secara umum, proses pelaksanaan strategi pemasaran yang modern ini terdiri dari 3 tahap.
1. Pilih Media yang Tepat
Seorang influencer biasanya memiliki pengikut di berbagai platform. Platform inilah yang menjadi media untuk promosi online dari kolaborasi yang dijalankan.
Media yang paling sering digunakan influencer adalah:
- TikTok
- YouTube
Artikel terkait: Hack & Tips- Instagram Bisnis Marketing
2. Definisikan dan Atur Target Konsumen
Tahap pertama adalah definisikan target konsumen untuk produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan, dan pilih influencer yang sesuai.
Sebagai contoh, jika Anda menawarkan produk kosmetik, maka Anda bisa menggunakan jasa endorse dari seorang influencer di bidang kecantikan.
3. Konsultasi dengan Influencer
Jika sudah mendefinisikan dan mengatur target konsumen yang dituju, maka di tahap kedua Anda bisa berkonsultasi langsung dengan influencer. Hal ini penting untuk dilakukan, supaya endorsement yang dilakukan bisa berjalan sukses.
Dengan berdiskusi, Anda bisa mendapatkan panduan dari influencer yang tentunya bisa turut mendukung keberhasilan bisnis.
4. Mulai dan Ukur Hasil Marketing
Setelah menentukan target konsumen, mendapat influencer yang tepat dan melakukan diskusi bersama, Anda bisa mulai menerapkan strategi ini. Lakukan strategi influencer marketing dalam jangka waktu tertentu dan perhatikan bagaimana hasil dari penerapan strategi ini terhadap tingkat penjualan.
Jika penjualan meningkat, maka Anda bisa meneruskan kerja sama ini, namun jika sebaliknya maka Anda bisa mencari partner baru. Supaya meminimalisir kerugian, Anda sebaiknya memilih influencer yang benar-benar sesuai dengan karakteristik produk dan bisnis.
Jenis Influencer Potensial
Dalam menjalankan strategi pemasaran produk secara online ini, Anda harus memilih influencer yang tepat, supaya kegiatan promosi bisa berhasil. Saat ini terdapat 4 jenis influencer yang bisa Anda pilih sebagai partner untuk melakukan product marketing.
Keempat jenis yang dimaksud adalah influencer mega, macro, micro, dan nano.
- Mega influencer merupakan seorang influencer yang memiliki pengingt sangat banyak, lebih dari 1 juta pengikut. Jenis influencer ini biasanya merupakan seorang public figure seperti selebriti, olahragawan, musisi, bintang film, dan orang terkenal lainnya.
- Kemudian ada macro influencer yang merupakan influencer dengan jumlah pengikut sekitar 40 ribu hingga 1 juta.
- Selanjutnya ada micro influencer yang memiliki jumlah pengikut mulai dari seribu hingga 40 ribu pengikut. Micro influencer bisa Anda pilih, karena tidak sedikit dari influencer ini yang menawarkan jasa endorsement secara gratis.
- Terakhir ada nano influencer yang merupakan influence dengan pengikut kurang dari seribu orang.
Pengaruh Influencer Dalam Marketing
Di zaman digital ini, seorang influencer memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia marketing bisnis. hal tersebut dikarenakan, para influencer bisa mempengaruhi para pengikutnya dengan mudah. Berkaitan dengan hal tersebut, jika Anda menjalin kerja sama dengan tokoh terkenal ini, maka penjualan produk bisa lebih meningkat.
Jumlah pengguna media sosial saat ini sudah semakin banyak, sehingga strategi marketing ini bisa jadi pilihan yang tepat. Influencer bisa mempengaruhi para pengikutnya untuk menggunakan produk atau jasa yang digunakannya dengan mudah. Jika tertarik, banyak pengikut dari influencer tersebut akan membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda.
Demikian informasi seputar strategi influencer marketing yang kini banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran ini bisa diterapkan untuk mendongkrak jumlah penjualan suatu usaha. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda, khususnya yang berminat untuk menggunakan strategi promosi ini untuk memajukan usaha.