Untuk pemilik bisnis nyata, cara daftar alamat di Google maps menjadi opsi terbaik agar bisnis dapat dijangkau dan dilihat lebih banyak orang.

Hadir secara online menjadi hal penting untuk pemilik bisnis, apalagi di Google. Mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Bersumber dari Wikipedia, Indonesia saat ini berada di peringkat ke #4 untuk pengguna internet terbanyak. Penggunanya mencapai 200 juta lebih.

Ini digunakan untuk mencari informasi, terhubung dengan teman, hingga pencarian alamat bisnis. Ya… Anda harus hadir di Google sebagai pemegang pasar internet terbesar ini.

Jadi, bagaimana cara agar alamat bisnis Anda bisa ada di Google Maps?

Solusinya adalah..

Cara Daftar Alamat di Google Maps Menggunakan Google MyBusiness

Untuk hadir di layanan Google, Anda dapat memanfaatkan alat yang disediakan Google juga. Yaitu Google MyBusiness, atau dapat disebut profil bisnis Google.

Tidak usah khawatir, alat ini GRATIS.

Anda hanya perlu…

Step 1: Siapkan Akun Google MyBusiness

#Siapkan akun Google: Sebelumnya, Anda perlu siapkan akun Google yang sudah ataupun buat e-mail baru. Jika ingin menggunakan e-mail baru bisa ikut panduan berikut;

#Kunjungi business.google.com: Jika akun Google sudah siap, kunjungi halaman Google MyBusiness dengan klik di sini. Pada halaman tersebut klik ‘kelola sekarang‘ atau ‘login‘.

Pilih akun e-mail yang sudah disiapkan tadi untuk membuat akun bisnis Google Anda.

Sekarang, Anda perlu menambahkan ‘nama bisnis‘. Kiatnya Anda dapat tambahkan jenis bisnis Anda + nama merk + tambahan kata kunci target. Lalu klik ‘tambahkan bisnis Anda ke Google

Contohnya: Toko Bunga Arra Florist Jakarta

Step 2: Lengkapi Profile

Info profile yang dibutuhkan diawal, yaitu;

Dilanjutkan dengan mengisi kategori bisnis yang sesuai. Ini membantu Google mengidentifikasi bisnis Anda dan diarahkan ke halaman yang tepat.

Bagian paling penting, tambahkan lokasi bisnis!

Anda akan diarahkan ke jendela baru. Untuk melengkapi alamat tertulisnya.

Biasanya akan muncul bisnis terkait yang sudah muncul di Google. Cukup lewati dengan tandai ‘tidak satupun‘ jika alamat bisnis itu bukan milik Anda. Lanjut ke tahap berikutnya.

Ikuti petunjuk untuk kelengkapan alamat (jasa pengantaran, kontak bisnis, dan URL website jika ada).

#Pilih cara verifikasi: Jika tujuan pembuatan profile bisnis ini untuk lokasi bisnis nyata. Anda dapat pilih verifikasi dengan ‘kartu pos‘. Nantinya Google akan mengirim verifikasi ke alamat yang Anda masukkan. (Prosesnya dapat memakan waktu hingga 4 hari)

Jika untuk menentukan titik alamat saja, Anda dapat verifikasi melalui e-mail.

Step 3: Sesuaikan Profil

Selanjutnya sesuaikan;

  • Jam buka bisnis Anda
  • Info pesan
  • Deskripsi bisnis
  • Tambahkan foto

Dan, bisnis Anda sudah terdaftar di Google MyBusiness. Anda dapat melihat tinjauannya di pencarian Google ‘bisnis saya‘.

Untuk cara daftar alamat di Google Maps saja, pekerjaan Anda sudah selesai. Namun, masih ada yang perlu dilakukan jika Anda pemilik bisnis yang ingin tampil di halaman 1 Google.

Cara Optimasi untuk Profil Bisnis

Profil bisnis perlu dioptimalkan untuk berada di page 1 Google. Karena ada begitu banyak bisnis di industri Anda yang memiliki tujuan yang sama.

Berada di halaman pertama membawa banyak keuntungan untuk bisnis. Mulai sebagai

  • media promosi online
  • membawa lebih banyak lalu lintas untuk konten marketing
  • hingga mendorong tindakan pembelian dari para pelanggan potensial

Misinya, Anda harus tampil lebih baik agar berada di depan mereka.

Mulai dari…

Masuk ke dashboard bisnis, dan optimalkan seluruhnya.

tampilan bisnis yang sudah diverifikasi

Masuk ke dashboard bisnis, ada banyak fitur yang dapat menunjang informasi bisnis Anda.

Mulai dari menambahkan foto, icon, sampul, hingga video.

Menambahkan produk atau layanan.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version