Ngaku Gamer? Cek Sejarah Game PUBG dan Lainnya di Sini

October, 23 2020

Aliran game yang memiliki unsur survival (bertahan hidup), eksplorasi, dan scavenging/looting (berburu perlengkapan) dengan last-man-standing ini sangat digandrungi dari 2018 lalu. Buat Lo para Gamers, simak yuk sejarah singkat game PUBG sebagai salah satu genre game battle royale, juga game-game lainnya yang serupa.

PUBG

PUBG atau yang bernama lengkap PlayerUnknown’s Battleground ini memang bukan model game battle royale pertama, tapi PUBG yang mempopulerkan genre ini. Brendan Greene, pengembang PUBG, pertama kali membuat mod atau modifikasi dari game ARMA II bernama DayZ: Battle Royale di awal 2010. Nah, dari sinilah sejarah game PUBG dimulai. Setelah itu, perusahaan game dari Korea Selatan, Bluehole, tertarik untuk menjadikan konsep Greene ini menjadi satu game yang utuh, bukan hanya sekedar mod saja. Konsep dari game PUBG ini terinspirasi dari film Jepang tahun 2000-an dengan nama yang sama. Cara memainkan PUBG ini, adalah:

  • Lo dan 99 player lainnya akan diterjunkan dari pesawat, sesuai dengan posisi yang Lo inginkan
  • Pada awal game Lo tidak mempunyai senjata atau armor, jadi Lo harus ambil atau loot di area terdekat tanpa diketahui player lain
  • Area akan mengecil seiring berjalannya game
  • Lo harus jadi orang terakhir yang bertahan untuk memenangkan game

Terlihat sederhana mungkin, tapi konsep ini booming banget waktu pertama kali rilis di steam tahun 2017. Buktinya bisa mencapai lebih dari 3 juta download dalam tahun pertamanya. Lebih dari itu, PUBG mobile bahkan mencapai total 600 juta download sampai pada hari ini.

Fortnite

Ga lengkap kalo kita ngebahas sejarah game PUBG tanpa ngomongin Fortnite. Karena, bisa dibilang kalo Fortnite adalah kompetitor terbesar dari PUBG. Selain jadwal rilisnya yang ga jauh, Fortnite juga memiliki konsep battle royale. Namun, PUBG dan Fortnite memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu:

  • Gameplay PUBG lebih realistis dan serius, sedangkan Fortnite lebih kreatif dengan mode build
  • Fortnite memiliki fitur cross platform yang lebih baik dari PUBG
  • Visual Fortnite lebih friendly untuk semua umur

Fitur cross platform dari Fortnite bisa dibilang lebih baik, karena base dari game Fortnite ini sama dari satu platform ke platform lainnya. Jadi, Lo bisa pake karakter, skin, dan yang senjata yang sama di Steam, Playstation, Xbox dan mobile sekalipun. Sementara itu, PUBG mobile adalah game yang berdiri sendiri, jadi ga bisa cross ke platform lainnya. PUBG juga sempat mempermasalahkan hak cipta yang dipake Fortnite. Pasalnya nih, genre ini emang inovasinya PUBG. Fortnite yang sudah diperlihatkan demo-nya dari tahun 2011, tiba-tiba mengusung mode battle royale ngga lama setelah PUBG diumumkan. Namun, akhirnya Bluehole mencabut tuntutan itu dan masalah selesai begitu saja.

Call of Duty

Call of Duty adalah game first person shooter yang klasik banget. Awalnya Call of Duty ini dirilis di PC dan kemudian di platform lainnya seperti Playstation, Xbox, Nintendo, Android, dan iOS. Dengan adanya Fortnite dan PUBG dengan konsep battle royale, Call of Duty atau COD ga mau ketinggalan untuk mengembangkan konsep yang serupa. Ternyata statistiknya juga hebat loh, contohnya:

  • Punya total 75 juta players
  • Mencapai 6 juta players di hari pertama rilis
  • Mencapai 15 juta players di hari keempat

Jangan salah ya, ini belum terhitung dari COD mobile, karena COD mobile ini adalah game yang berdiri sendiri seperti PUBG mobile. Meskipun begitu COD mobile ga kalah nih sama PUBG. Buktinya, walaupun baru dirilis di 2019, game ini bisa mencapai 250 juta download hanya dalam kurang lebih satu tahun.

Apex Legends

Belum lengkap kalo ngomongin sejarah game PUBG tanpa ngomongin Apex Legends. Walaupun mode battle royale yang dipopulerin PUBG belum begitu lama rilis, game Apex Legend ini sudah membuat revolusi di dalamnya. Jadi, dari semua game yang udah kita sebut di atas, baru Apex Legends aja yang mengusung konsep character based. Di Apex Legends setiap karakternya unik, karena memiliki style, skill dan role yang berbeda-beda. Beberapa karakter yang ada di Apex Legends ini adalah:

  • Bangalore: mantan ahli militer yang ahli menggunakan senjata dengan kecepatan tinggi
  • Loba: Ahli looting dengan kemampuan untuk teleportasi
  • Revenant: Cyborg ninja yang bagus banget jadi support dengan skill silence
  • Octane: Ahli air combat buat Lo yang suka pertarungan akrobatik

Selain mereka, sebenarnya masih ada beberapa character lain punya kemampuannya ga kalah keren. Revolusi ini terbilang berhasil dan Lo bisa memainkan game battle royale dengan bentuk yang sangat berbeda. Apex Legends ini bisa Lo mainin di Xbox, Playstation, Steam, dan Nintendo Switch.

Itu dia empat game yang ada berkat sejarah game PUBG nih. Bayangin kalo saat itu Brendan Greene ga bikin mod dari ARMA II, mungkin aja Lo ga bisa mainin mode game last-man-standing yang kayak sekarang. Buat kalian yang tertarik dengan game yang populer, Lo juga pasti tertarik dengan konsole terlaris sepanjang masa. Yuk, cek aja langsung di MyMOVEment.id ya!

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators