Gamers Garis Keras? Harus Tau Rekor-rekor Dalam Dunia Gaming 2020!

January, 29 2021

Game di era sekarang emang bukan lagi sekadar ajang main-main. Selain bisa jadi sarana hiburan, para pelaku di industri game pun udah bisa disebut sebagai atlet bahkan seniman.  Perkembangan yang pesat mampu menjadikan industri game sebagai bidang pekerjaan yang sangat menghasilkan dan ga dipandang sebelah mata. Sampai tahun 2020 lalu, udah banyak rekor-rekor dalam dunia gaming yang bakal bikin MOVE Creators geleng-geleng kepala.  Buat Lo yang ngaku pecinta game, nih cek dulu pencapaian-pencapaian apa aja sih dalam dunia game di tahun 2020:

 

 

Kanal Youtube Gaming Menembus 100 M Jam Ditonton

Perkembangan industri game yang begitu pesat, berbanding lurus dengan lahirnya lapangan-lapangan pekerjaan baru. Hanya dengan merekam video saat Lo lagi bermain game, Lo udah bisa jadi streamer gaming dan menghasilkan pundi-pundi uang. Youtube dan Twitch milik Amazon menjadi dua platform terdepan dalam melahirkan para streamer gaming. Khusus pada kanal Youtube Gaming sendiri, pada 2020 lalu telah memecahkan beberapa rekor-rekor gaming. Salah satunya adalah total waktu ditonton bersama yang mencapai 100 miliyar jam! Melalui akun Twitter resminya, Youtube Gaming mencatatkan beberapa data yang dicapai selama tahun 2020 lalu:

  • 80.000+ pembuat konten Youtube Gaming mencapai 500 ribu subscribers
  • 1000+ pembuat konten Youtube Gaming mencapai 5 juta subscribers
  • 350+ pembuat konten Youtube Gaming mencapai 10 juta subscribers

 

Minecraft: Capai Predikat Game dengan Penjualan Terbanyak

Tidak berlebihan rasanya jika  Minecraft disebut sebagai salah satu game Open World paling diminati saat ini. Pasalnya, hingga 2020 lalu, game yang dikeluarkan oleh developer asal Swedia ini telah berhasil menjual sebanyak 200 juta kopi dengan 126 juta pengguna aktif. Rekor tersebut berhasil mengalahkan dua game legendaris lainnya, yaitu Tetris dan Grand Theft Auto V. Beberapa penghargaan dan rekor-rekor dalam dunia gaming yang telah dipecahkan Minecraft sebelumnya antara lain:

  • Kid’s Choice Award 2020 untuk Videogame Terfavorit
  • BAFTA Games Award 2015 untuk Game Sosial dan Keluarga Terbaik
  • Pembelanjaan pemain Minecraft Mobile mencapai angka 110 juta U.S Dollar di tahun 2018

 

 

Free Fire: Pengguna Harian Hingga 100 Juta

Khusus di Indonesia sendiri, Free Fire keluaran Garena ini mungkin jadi salah satu game dengan pengguna terbanyak. Pengguna aktif hariannya di seluruh dunia aja udah mencapai angka 100 juta di tahun 2020. Angka itu udah mengalahkan jumlah pengguna saingan terberatnya, PUBG, sampai dua kali lipat. Hal ini terasa wajar kalau Lo perhatiin upaya yang dilakukan Garena untuk mempromosikan gamenya tersebut. Ga tanggung-tanggung, mega bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo didapuk sebagai Brand Ambassador. Free Fire juga berkolaborasi dengan Netflix untuk menggunakan tema serial La Casa De Papel. Sedangkan untuk penjualan di Indonesia, aktor laga kenamaan, Joe Taslim dijadikan salah satu karakter yang bisa Lo gunakan dalam game.

 

 

Super Mario 3: Game Termahal di Dunia

Mungkin Lo ga pernah nyangka kalau ada kaset game lawas yang harganya mencapai 2 miliyar rupiah. Ya, Super Mario Bros. 3 keluaran Nintendo Entertainment System (NES) berhasil menjadi game dengan harga termahal, yaitu 156 ribu U.S Dollar atau sekitar Rp 2,2 Miliyar. Game dalam bentuk cartridge tersebut telah laku pada November 2020 lalu melalui sebuah lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions, badan lelang asal Texas. Wajar kalau Super Mario Bros. 3 jadi game paling mahal, Nintendo sendiri telah banyak mengeluarkan console yang laris manis di pasaran. Selain karena keseruannya, game ini juga punya nilai historis dan nostalgia yang membuatnya layak disebut sebagai collecting item. Beberapa penghargaan pun pernah diraih oleh Super Mario Bros. 3, di antaranya adalah:

  • Peringkat 1 game terbaik menurut majalah Nintendo Power pada tahun 1989
  • Pada sebuah polling yang diadakan oleh Dengeki, Super Mario Bros. 3 berada pada peringkat 3 untuk kategori game pertama yang dimainkan oleh pembaca.
  • UGO Entertainment memasukkan Super Mario Bros. 3 ke dalam “Top 50 Games That Belong On the 3DS” dan menyebutnya sebagai “arguably the greatest Mario game ever made.”

 

Itu dia rekor-rekor dalam dunia gaming yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Kira-kira rekor apa lagi ya yang bakal terpecahkan di tahun ini? Tunggu aja perkembangannya, ya, MOVE Creators!

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators