Jenis - jenis Pedal Efek yang Biasa Dipake Gitaris Rock!

January, 19 2021

Gitaris emang jadi daya tarik dalam band, apalagi band yang ber-genre rock. Selain vokalis yang punya suara bagus dan rupawan, gitaris menjadi sorot utama dengan permainan gitarnya yang piawai dengan suara-suara gitar yang khas. Itu dia karismanya seorang gitaris mungkin ya. Selain gitar yang khusus dan amplifier yang bagus, gitaris juga bisa bikin karakter mereka dari pedal efek yang dipake. Nah, untuk tau jenis - jenis pedal efek apa aja yang biasa dipake, langsung aja scroll ke bawah ya!

 

1. Distorsi

Kalo ini emang jadi senjata andalan para gitaris rock nih. Karena kalo gitaris rock ga gahar suaranya, akan kurang meyakinkan pendengar dan penonton. Secara garis besar, ada beberapa tipe distorsi yang biasa dipake gitaris rock, yaitu:

  • Pedal Overdrive
  • Pedal Distorsi
  • Pedal Fuzz

Sebenarnya ketiganya punya konsep yang mirip yaitu membuat sinyal suara gitar jadi clipping. Mirip seperti kalo Lo teriak pake pengeras suara/megaphone. Yang ngebedain antara jenis - jenis pedal efek ini lebih ke intensitas suara yang dihasilkan. Overdrive mempunyai intensitas clip paling kecil suaranya bisa hampir seperti suara clean. Distorsi punya intensitas yang lebih tinggi resonansinya bisa bikin amplifier Lo feedback/berdengung. Fuzz memiliki intensitas yang mirip dengan distorsi tapi dengan karakter suara yang lebih warm. Efek pedal distorsi pertama adalah Gibson FZ-1, yang digunain sama musisi seperti Keith Richard (The Rolling Stones), Jimmy Page (Led Zeppelin), atau Robert Krieger (The Doors). Tapi pada tahun itu belum banyak yang menggunakan pedal. Bahkan, band The Kinks sampai merobek amplifier mereka untuk mendapatkan suara distorsi yang mereka inginkan. Mungkin untuk beberapa orang distorsi akan kedengeran suara berisik aja. Tapi, seperti kata Eddie Van Halen, “If it’s too loud, then you’re too old!”.

 

 

2. Pedal Wah

Pedal Wah juga sering menjadi atraksi panggung gitaris rock. Cara kerjanya cukup simpel. Pedal ini akan ngebiarin lo ngontrol suara frekuensi tinggi dan rendah. Jadi kalo Lo mainin akan kedengeran seperti orang ngomong “Waw-Waw”. Musisi yang ngegunain pedal ini, adalah:

  • Jimi Hendrix
  • Tom Morello (Rage Against The Machine)
  • Jerry Cantrell (Alice In Chains)
  • John Mayer

Coba dengerin lagu Voodoo Child dari Jimi Hendrix dan Lo akan langsung ngerti kayak gimana suara pedal Wah ini. Ga seperti distorsi yang jadi “senjata” utama gitaris rock, ga banyak gitaris yang sebagus itu mainin pedal Wah. Tapi, demi nama eksplorasi, Lo wajib banget nyobain pedal yang satu ini. Mungkin untuk awal Lo akan kesulitan ngontrol pedal ini sambil main gitar. Kalo udah kebiasa, Lo akan ketagihan banget deh!

 

 

3. Chorus

Pernah denger lagu Come As You Are dari Nirvana? Kalo pernah berarti Lo udah tau seperti apa suara pedal chorus ini. Pedal chorus membuat dua copy dari suara asli gitar Lo dan mengubah sedikit nadanya. Jadi, akan terdengar seperti ga pas nadanya. Anehnya bagi para pendengar, akan terdengar seperti suara yang 3D atau seperti suara yang Lo denger itu berasal dari dalam air. Hasilnya terdengar sangat menenangkan, karena itu pedal ini sering juga dipake sama gitaris jazz atau pop. Ini adalah beberapa pedal chorus yang wajib Lo coba:

  • Boss Super Chorus CH-1
  • Visual Sound H2O
  • Walrus Audio Julia Analog Chorus

Setiap pedal chorus punya konsep yang mirip, tapi punya karakter yang berbeda. Jadi sebelum nentuin mau nyoba efek yang mana, mending riset dulu aja. Selain chorus, jenis-jenis pedal efek yang biasa digunain buat modulasi ada Phaser dan juga Flanger. Konsepnya mirip, yaitu ngegandain suara asli gitar Lo dan ngasih modulasi, bahkan akan sulit awalnya untuk ngebedainnya. Tapi begitu udah biasa, Lo akan dengan gampang bedainnya. Jadi, lakuin dulu eksperimen Lo dan jangan lupa untuk riset dulu sebelum beli ya!

 

 

4. Delay

Kalo distorsi adalah senjata utama, mungkin pedal delay ini adalah senjata rahasianya para gitaris. Meskipun begitu efek pedal ini cukup populer di kalangan para gitaris. Beberapa delay legendaris yang sering dipake gitaris rock adalah:

  • MXR Carbon Copy Delay

MXR Carbon Copy Delay mungkin adalah analog delay terbaik di kelasnya. Dengan desain yang simple dan suara yang khas, delay ini menjadi andalan banyak gitaris, seperti Billy Gibbons (ZZ Tops), Joe Perry (Aerosmith), Mike McCready (Pearl Jam), dan Jeff Beck.

  • Electro Harmonix Deluxe Memory Man

Pertama kali dibuat tahun 1976, EHX Deluxe Memory Man membawa efek delay ke level yang berbeda. Ga kayak efek analog delay biasa yang membuat efek gema, Memory Man juga memberi tone dan ruang seperti berada di luar angkasa. Dipake sama gitaris seperti Mike Einziger (Incubus), Dave Grohl (Foo Fighter), dan The Edge (U2).

  • Line 6 DL4

Mesin delay yang powerful ini udah jadi andalan banyak gitaris, sejak kemunculannya di tahun 2000. Kemampuan untuk mereplikasi suara analog delay tahun 70-an dan sekaligus memuat suara yang modern juga looper adalah beberapa alasannya. Gitaris yang make efek ini adalah John Frusciante (Red Hot Chilli Peppers), Omar Rodriguez-Lopez (The Mars Volta), dan St. Vincent.

  • Boss DD-3

Nah, kalo yang satu ini emang cukup umum dipakai sama para gitaris. Karena dibanding yang lainnya efek ini emang paling sesuai sama budget. Walaupun begitu suara yang dikeluarin juga ga kalah bagus. Sejak pertama kali rilis tahun 1986, efek ini udah dipake sama gitaris, seperti Dan Auerbach (Black Keys), Slash (Guns ‘N Roses), Dave Navarro (Jane’s Addiction), dan Yngwie Malmsteen.

  • TC Electronic Flashback 2

Walaupun efek delay ini masih terbilang baru, tapi efek ini bisa dibilang paling canggih. Dengan chip yang mampu dioperasikan pake komputer atau iPhone, pasti ngebuat gitaris lebih mudah. Udah gitu efek ini mampu mereplikasi delay TC 2290 yang dipake sama David Gilmour (Pink Floyd). Efek ini dipake sama gitaris, seperti Tony Iommi (black Sabbath), Bill Kelliher (Mastodon), Peter Hayes (BRMC), dan Satchel (Steel Panther).

Intinya sih efek delay ini mampu memberikan efek seperti Lo berteriak di bukit, pasti akan bergema kan. Tapi tentu aja banyak modifikasi yang bikin suara delay ini tetep dipake, bahkan di masa sekarang. Recommended banget buat Lo yang baru mau main efek gitar dan pastinya bikin permainan Lo tambah seru!

 

Itu dia jenis-jenis pedal efek yang biasa dipake gitaris rock. Lo juga bisa coba efek-efek ini biar permainan gitar Lo lebih seru dan menarik. Cek juga Top 4 gitaris versi MyMOVEment.id ya! Siapa tau gitaris andalan Lo masuk di list itu!

 

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS