Tips Terhindar dari Malware, Wajib Lo Lakuin!

January, 25 2021

Kalau Lo punya PC dan PC Lo itu menyimpan banyak hal penting, usahakan untuk menjauhkan komputer lo dari malware yang bisa saja menyerang komputer kita sewaktu-waktu padahal kita cuman asik browsing di situs-situs yang terpercaya. Malicious Software atau yang disingkat malware adalah program seperti kode yang dibuat untuk mengganggu atau merusak kode program atau operating system yang kita pakai, dan berikut adalah bentuk kejahatan atau bahaya yang bisa didatangkan ke PC kita jika terkena malware:

  • Pencurian data seperti data pelanggan, data perbankan, dan lain-lain.

  • Pencurian informasi pribadi seperti username dan password, nomor kartu kredit dan kartu debit, dan PIN.

  • Penyusupan dan pencurian data kontak seperti alamat surel (e-mail) yang kemudian dipergunakan untuk menyebarkan virus lain atau konten-konten seperti pornografi dan konten sensitif lainnya.

  • Memperlambat sistem dengan cara “menumpang” jaringan Internet yang kita gunakan.

  • Mengakses dan menghapus data atau file yang ada di komputer kita.

  • Merusak software komputer.

  • Mengganti username dan password sehingga kita tidak bisa mengakses akun yang kita miliki.

  • Mempergunakan komputer dan jaringan kita sebagai “inang” untuk menyebarkan virus berbahaya ke komputer lain.

 

 Contoh dari malware diantaranya dikenal dengan istilah Virus, Worm, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Adware, Backdoor dan bisa didapatkan dari file, email, ataupun perangkat lain seperti flash disk, CD ataupun smartphone. Nah untuk MOVE Creators yang gak mau komputernya terkena malware, Lo harus ingat hal di bawah ini selalu ya!


 

Update Password dan Sistem Berkala

Melakukan update password dan sistem secara berkala bisa membantu komputer Lo terhindar dari malware yang bisa saja datang dari sistem atau internet. Hal ini juga untuk selalu menghindari hacking terhadap akun-akun yang ada di komputer walaupun sudah dipakaikan password. Jika password Lo sering di simpan otomatis di situ-situs yang sering lo datangi, jangan lupa untuk update password sebulan atau dua bulan sekali dan selalu gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol. 


 

Pakai Antivirus

Melihat macam-macam malware yang banyak banget kayak di atas, memakai antivirus di komputer MOVE Creators kayaknya bisa dibilang wajib ini demi keamanan komputer dan data-data yang ada di dalamnya. Karena virus atau malware bukan hanya “numpang” di komputer tapi mereka juga bisa menghapus data-data penting dengan tipe file tertentu. Selain itu, kalau Lo suka memakai komputer secara bergantian dan sering menggunakan flash disk, scan flash disk dengan antivirus adalah hal yang selalu dilakukan. Itulah kenapa instal antivirus di komputer sangat penting buat ngelindungin data penting atau sensitif di komputer.


 

Jangan Asal Download File (dari website/email)

Umumnya malware memang berasal dari internet khususnya website-website yang aneh atau tidak terpercaya, tapi malware juga bisa lho didatangkan melalui email. Nah, hal-hal di bawah ini adalah hal yang harus dihindari:

  • Membuka website yang menyediakan software bajakan, crack, keygen, website 17+ dsb.

  • Asal mendownload file dari internet (layanan file sharing)

  • Membuka email sembarangan dari orang yang tidak kita kenal, apalagi dalam format .exe, .scr, .vbs.

Jadi, kalau Lo melihat hal-hal aneh di internet, baiknya jangan di-klik atau diunduh ya!


 

Hindari Penggunaan Program Bajakan

Software atau program bajakan merupakan tempat bersarangnya malware. Jadi, kalau komputer Lo menggunakan software bajakan, malware bisa dengan mudah menempatkan pengguna pada risiko pencurian informasi rahasia atau data pribadi sekalipun. Walaupun harganya memang murah, tetapi akibat yang bisa dihasilkan tidak sebanding kalau Lo waspada dengan mengeluarkan uang lebih untuk software atau program yang resmi. Daripada terjadi yang enggak-enggak, lebih baik mencegah daripada mengobati kan MOVE Creators.

 

Nah, itu dia cara yang bisa lo lakukan untuk mengamankan komputer lo dari malware atau virus. Gak ada yang susa, semua gampang hanya memang perlu perhatian khusus aja MOVE Creators. Tapi mendingan gitu kan daripada data Lo diambil dan digunakan untuk hal yang berbahaya kayak yang ada di cerita 4 KASUS PERETASAN PALING TERKENAL ini! Buat lo yang mau tau tips merawat gadget lainnya, langsung lihat aja di mymovement.id ya!

 

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS