4 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa. Siapa Jagoan Lo?

November, 13 2020

Ini dia gitaris terbaik sepanjang masa versi MyMOVEment! Selain emang udah ikonik banget, ada banyak hal nih yang perlu Lo tau tentang mereka. Mulai dari gears andalan sampe koleksi-koleksi gitarnya, karena bisa jadi itu juga faktor pendukung dalam kehebatan mereka memainkan gitar, lho! 
 

Jimi Hendrix

Kayaknya agak janggal kalo kita ga ngebahas Jimi Hendrix dalam deretan gitaris terbaik sepanjang masa. Masalahnya, sampai saat ini Jimi Hendrix masih memegang gelar sebagai god of guitar atau dewanya gitar. Julukan ini bukan cuma isapan jempol belaka, permainan gitar Jimi emang beyond alias melewati zamannya. Kehebatannya bermain gitar juga didukung sama gears yang dia pake nih. Gears apa aja sih yang dipake Jimi Hendrix? Yuk, cek di bawah ini:

  • Gitar Fender Stratocaster

Uniknya, gitar andalan jimi ini sebenernya bukan buat pemain kidal, tapi tetep dipake sama Jimi, jadinya seperti terbalik. Karena dulu jarang banget gitar untuk pemain yang kidal kayak Jimi. Selain itu gitar ini ada handle atau whammy bar untuk naikin atau nurunin oktaf. Ini yang dipake Jimi buat bikin suara kayak bom jatuh di banyak konsernya.

  • Dallas Arbiter Fuzz Face

Sebenernya ga ada yang spesial dari efek fuzz atau distorsi ini. Lo bisa nemuin ini di mana aja saat itu dan harganya juga cukup murah. Tapi ga banyak yang pake pada waktu itu. Jimi Hendrix adalah salah satu yang membuat efek ini populer.

  • Shin-ei Uni-Vibe dengan Expression pedal

Efek ini membuat suara gitar jadi kayak bergetar dan bikin suara gitar yang khas banget. Jimi make expression pedal juga untuk ngatur intensitas efek gitar ini. Ga lengkap deh Jimi tanpa efek ini.

  • Vox V847a Wah

Jimi juga ngebuat hampir seluruh gitaris di seluruh dunia make efek gitar Wah ini. Namanya Wah karena membuat suara unik seperti “waw-waw”. Cukup sulit dimengerti memang, tapi coba denger lagu seperti Voodoo Child atau House Burning Down dari Jimi Hendrix, pasti Lo langsung tau yang dimaksud.

Nah itu dia beberapa efek gitar dari Jimi Hendrix, ternyata gitaris hebat juga butuh gears yang bagus juga ya untuk ngedukung permainan gitarnya. Saking khasnya, sampai zaman sekarang juga masih banyak lho yang mau dapetin suara gitar kayak Jimi Hendrix ini.

 

Jimmy Page

Pemain gitar dari Led Zeppelin ini juga termasuk salah gitaris terbaik sepanjang masa. Bahkan, Led Zeppelin sendiri pernah mendapatkan penghargaan dari mantan presiden Amerika, Barack Obama, di tahun 2012 lalu. Pencapaian yang luar biasa kan? Jimmy Page memang dikenal memiliki permainan gitar yang eksentrik dan tidak biasa, seperti:

  • Menggunakan busur biola pada gitar

Penggunaan busur biola di gitar memang bukan sesuatu yang lazim atau umum. Tapi pas Jimmy Page ngegunainnya, kayaknya ga ada yang salah deh. Suaranya tetep bagus banget. Coba deh dengerin langsung di bagian tengah lagu Dazed and Confused dari Led Zeppelin.

  • Menggunakan Theremin untuk suara feedback

Nah, instrumen Theremin emang ga banyak diketahui orang nih. Theremin ini seperti meja dengan antena ke atas yang akan ngeluarin bunyi elektrik dan cuma satu nada aja. Jimmy Page bikin atmosfer yang luar biasa dengan alat ini di lagu Whole Lotta Love dari Led Zeppelin.

  • Menggunakan gitar double-neck 

Pasti kalian cukup familiar sama lagu Stairway to Heaven kan? Nah, pas live, Jimmy Page ternyata ngegunain gitar neck ganda alias double-neck. Neck atas pake 12 senar untuk bermain bagian akustik dan bawahnya ngegunain 6 senar untuk mainin bagian elektriknya.

Unik banget kan eksperimen yang dilakuin sama Jimmy Page ini. Ga banyak deh yang kayak Jimmy Page gini. Berani keluar batas, untuk menuhin ambisinya dalam bermain musik. Ga heran kalo Jimmy Page ini jago banget.

 

Angus Young

Angus Young adalah gitaris terbaik sepanjang masa di Australia. Tentu hampir semua musisi juga pasti setuju, bahkan tidak cuma Australia, Angus Young adalah salah satu gitaris terbaik di dunia. Sebagai salah satu ikon Rock terbesar di dunia, pasti kalian juga penasaran dengan alat yang dipake sama Angus ini. Gears apa aja sih yang dipake sama Angus Young? Yuk, cek di bawah ini:

  • Gibson SG 1968

Kalo ngeliat gitaris dengan seragam sekolah khas Australia dan gitar SG, pasti kita langsung kepikiran sama Angus Young. Yah, mungkin Angus hampir ga pernah tampi dengan gitar selain Gibson SG ini. Bahkan SG yang sampai sekarang dipake, udah ada dari tahun 70-an.

  • Amplifier Marshall JTM 45

Di salah satu interview, teknisi Angus Young pernah bilang kalo Angus emang ingin mereplika suara gitar yang ada di rekaman AC/DC. Saat itu Angus rekaman dengan menggunakan Marshall JTM 45 tahun 70-an. Dan sejak saat itu, dia terus gunain ampli ini. Tapi, harus tahun 70-an aja yak, Kata Angus suaranya paling beda deh.

  • Schaffer Vega Diversity System

Karena permainan gitarnya yang lincah dan akrobatis, Angus menggunakan sistem wireless ini. Seperti gitar dan ampli-nya yang vintage, wireless-nya juga vintage. Angus udah make Schaffer Vega Diversity System ini sejak tahun 1977 loh.

Ga seperti yang lain, mungkin gear Angus Young ini yang paling simple ya. Tapi itu semua karena Angus mau ngeluarin suara yang sama dengan rekamannya. Mungkin Angus salah satu penganut peribahasa “less is more” atau semakin sedikit/simple maka akan semakin bagus.

 

Brian May

Kalo kalian udah pernah nonton film biografi Queen yang berjudul Bohemian Rhapsody, pasti udah tau kan siapa itu Brian May. Yak, bener banget! Brian May adalah gitaris di belakang kesuksesan Queen. Selain gitaris, Brian May ini juga seorang doktor di bidang astrofisika. Wah jenius ya! Bahkan, nih gitar andalan Brian May, The Red Special, itu dibuat berdua dengan ayahnya lho. The Red Special ini bisa udah dipake brian May sejak awal, jauh sebelum Queen terbentuk. Ada beberapa hal yang Lo harus tau tentang The Red Special ini, yaitu:

  • Brian May saat remaja ga mampu beli gitar elektrik seperti Fender, Gibson, atau Hoffner. Oleh karena itu, Brian dan ayahnya membuat gitar elektrik sendiri.

  • The Red Special punya nama lain, yaitu The Fireplace. Karena kayu dari gitar ini emang berasal dari meja perapian kuno berumur sekitar seratus tahun.

  • Memakai pickup tri-sonic seperti Fender Stratocaster, tapi tentu dipasin sama kebutuhan Brian May. Waktu itu pickup atau penangkap suara yang seperti ini masih jarang digunakan, jadi masih unik banget.

Keren banget ya setelah tau gitar andalan Brian May ini dibuat sendiri sama gitarisnya. Walaupun dibuat dengan budget yang minim dan seadanya, gitar ini berhasil jadi membawa Brian May menjadi salah satu gitaris terbaik sepanjang masa. Sampai saat ini, brian May masih sering menggunakan The Red Special di konsernya, padahal sekarang Brian May mampu banget beli gitar apa aja. Mungkin udah sayang banget ya Move Creators?


Nah, itu dia 4 gitaris terbaik sepanjang masa dengan gear andalan mereka. Kalian setuju ga sama pilihan MyMOVEment.id? Nah coba ungkapin siapa gitaris terfavorit Lo sepanjang masa di kolom komentar di bawah ini. Kalo Lo suka dengan artikel kayak gini, tandanya Lo harus cek artikel tentang rekomendasi software rekaman. Lo bisa mulai karier musik Lo sendiri!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS