Pengen Jadi Gamers Tapi Ragu? Cek Manfaat Positif Bermain Game Ini!

January, 29 2021

Mungkin ada sebagian di antara MOVE Creators yang hobi banget main game, tapi hobi tersebut kurang tersalurkan karena takut dianggap cuma buang-buang waktu. Jangan salah, ga semua gamers tuh ga peka dan ga tau waktu! Buat ngilangin stigma-stigma tersebut mending intip manfaat positifnya di artikel ini.

 

 

Mengasah Kinerja Otak

Selain sebagai sarana hiburan, mengasah otak juga merupakan salah satu manfaat positif bermain game. Contoh paling populernya adalah chess atau catur. Catur sendiri bisa dibilang sebagai game strategi terbaik yang konsep permainannya sudah ada sejak sekitar abad ke 6. Di era modern sekarang, permainan catur sudah bisa dimainkan secara digital melalui berbagai macam platform. Salah satu game catur yang layak untuk MOVE Creators jajal adalah Chess Ultra yang dikembangkan oleh Ripstone Ltd. Game yang pertama kali rilis pada Juni 2017 ini dapat dimainkan pada berbagai console, seperti Nintendo Switch, PS4, dan Xbox One. Menariknya lagi, game ini juga bisa Lo mainin di PlayStation VR. Dengan memainkan game ini di PSVR, pengalaman bermain catur Lo akan semakin nyata karena game ini punya grafik visual ciamik dengan latar serta desain biduk catur yang megah.

  • Seluruh level AI dalam game ini telah direkomendasikan oleh para Grandmasters catur dunia
  • Dapat dimainkan secara cross platform
  • Memiliki turnamen resmi yang diselenggarakan oleh Ripstone
  • Tutorial mendalam untuk meningkatkan keterampilan permainan
  • Multiplayer lokal dan online yang intuitif dan dirombak dengan sistem peringkat ELO

 

 

Melatih Koordinasi Antara Mata dan Tangan

Kegiatan terbaik untuk melatih koordinasi antara mata dan tangan adalah dengan berolahraga. Tapi, sebagiansebgaian dari MOVE Creators mungkin ada yang tidak suka atau bisa berolahraga. Solusi alternatifnya adalah melalui game. Musik serta visual yang terdapat dalam game membuatnya lebih menarik untuk dimainkan. Salah satu contoh game terbaik yang bisa melatih koordinasi antara mata dan tangan adalah Beat Saber. Beat Saber merupakan game bergenre rhythm yang dapat dimainkan pada platform VR. Game ini memiliki visual setting dengan konsep neon dan surealistik. Cara bermainnya mirip seperti penggabungan antara game Guitar Hero dan Fruit Ninja di mana Lo harus membelah kotak-kotak yang berjalan mengikuti ritme musik latar menggunakan light saber. Pilihan kompilasi musik seperti Imagine Dragons, Panic at The Disco, Timbaland, hingga Green Day terasa sangat sesuai dengan nuansa sophisticated yang ada dalam game ini. Ga salah lagi kalau Beat Saber mampu menyabet berbagai penghargaan bergengsi dalam bidang game maupun teknologi, seperti:

  • The Game Awards - Best VR/AR Game 2019
  • SXSW Gaming 2018 - Most Promising New Intellectual Property
  • CEEGA 2018 - Best Technology
  • D.I.C.E. Awards - Immersive Reality Game of The Year 2018

 

 

Mengurangi Stres

Sudah banyak studi kasus dan penelitian yang membuktikan bahwa memainkan game ‘ringan’ mampu mengurangi stres, kecemasan, serta meningkatkan mood bagi para pemainnya. Kegiatan bermain game sesaat mampu mengalihkan pikiran dari tekanan pekerjaan, hubungan, maupun sosial. Lebih lanjut lagi, sebuah publikasi ilmiah juga mengklaim bahwa bermain game mampu memulihkan kelelahan akibat bekerja, khususnya bagi orang-orang yang kekurangan social support. Berikut ini adalah beberapa game yang mampu mengurangi stres MOVE Creators sekalian:

  • Candy Crush
  • Wordscapes
  • Flow Free
  • Tetris
  • Super Mario Run

 

 

Bisa Menghasilkan

Di era sekarang, bermain game tidak lagi hanya sebagai ajang hiburan. Dengan bermain game, Lo udah bisa punya pekerjaan bergengsi dengan penghasilan yang ga sedikit. Sudah banyak contoh orang-orang yang sukses di industri game entah itu sebagai pengembang, pemain profesional, sampai caster atau streamer gaming. Berikut adalah contoh orang-orang yang mampu sukses dalam industri game:

  • Shannon ‘Arummi’ Williams - Perempuan berdarah Korea-Amerika ini merupakan pengisi suara karakter Jett dalam game FPS keluaran Riot, Valorant. Selain mengisi suara, Shannon juga sering melakukan streaming Valorant dalam kanal Twitch-nya yang sudah memiliki lebih dari 100 ribu pengikut.
  • Hansel Ferdinand - Atlet E-Sport untuk permainan Counter-Strike: Global Offensive ini lebih dikenal dengan nama ‘BnTeT’. Hansel sendiri total sudah menghasilkan kurang lebih Rp1,8 Miliyar dari total 48 turnamen yang ia ikuti, baik yang berskala nasional maupun internasional.
  • Hideo Kojima - Siapa yang tidak kenal dengan Hideo Kojima? Pria asal Jepang ini merupakan desainer dan penulis video game sekaligus waki presiden Konami Computer Entertainment. Game-game yang diciptakannya memiliki cerita serta karakter-karakter yang kuat. Hal itu tidak terlepas dari minatnya akan dunia film dan sastra. Beberapa karya terkenalnya di antara lain Death Stranding, Metal Gear Solid, Snatcher, dan Policenauts. Kepiawaiannya dalam berkarya membuat ia dijuluki sebagai auteur dalam dunia game. Kesuksesannya tersebut mampu mebuatnya memiliki net worth mencapai 30 juta U.S Dollar atau sekitar 416 miliyar Rupiah pada 2020 lalu.

 

Itu dia beberapa manfaat positif bermain game. MOVE Creators sudah ada yang berminat untuk banting stir jadi pemain E-Sport profesional? Selamat mencoba, ya!

 

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators