Intip Evolusi Earphone Dari 1910an Sampe Sekarang!

January, 19 2021

Kalo kita lihat di sekeliling kita, entah di mana, pasti ada aja kan orang yang pake earphone. Emang sih benda ini udah sulit banget dipisahin dari kehidupan kita. Entah untuk dengerin musik, nonton film, telepon temen, atau berolahraga, earphone tentu ga boleh dilupain. Kalo sampe lupa bawa, kayaknya mood di hari itu langsung beda banget deh. Tapi sejak kapan sih earphone jadi segitu pentingnya buat kita dan gimana sih orang zaman dulu gunain earphone. Untuk tau jawabannya, baca artikel ini sampe abis ya!

 

 

1. Sebagai Perlengkapan Operator

Nathaniel Baldwin mungkin terkenal sebagai penemu headphone pertama di tahun 1910, tapi bentuk headphone pertama udah ada dari 1881. Tentu aja, ga kayak earphone atau headphone sekarang yang simpel, bisa ditekuk, bahkan masuk ke kantong. Headphone pertama berbentuk seperti stetoskop yang punya berat 10 pon (sekitar 4,5 Kg). Bayangin deh kalo sampe sekarang kita pake headphone yang seberat ini sampe sekarang. Pasti orang antri di rumah sakit, karena lehernya terasa nyeri. Saat itu headphone dipakai oleh operator telepon. Sekitar 1885, headphone akhirnya digunain sebagai gear untuk dengerin musik. Tapi, jangankan Spotify, kaset aja belum ada di tahun ini. Jadi, mereka gunain operator telepon untuk nyambungin ke opera terdekat dan pake telepon untuk dengerin opera itu. Lo harus bayar $5 setiap bulannya untuk nikmatin layanan ini. Dan perlu Lo inget kalo $5 waktu itu mahal banget, lho!

 

 

2. Headphone Untuk Perlengkapan Perang & Pilot

Evolusi earphone selanjutnya terjadi pas seorang mahasiswa di universitas Stanford nemuin headphone yang lebih ringan dari versi yang sebelumnya. Bentuk headphone yang ditemuin Baldwin ini udah cukup mirip sama bentuk yang kita kenal sekarang. Setelah usahanya ini tidak mendapatkan respon positif atau tidak mendapatkan investor, Baldwin mencoba menawarkannya ke pemerintah Amerika Serikat. Akhirnya angkatan laut Amerika (Navy) memesan 100 buah headphone untuk keperluan operator dan juga pilot pesawat mereka. Karena belum memiliki karyawan ataupun pabrik, Baldwin membuat 100 headphone itu dengan tangannya sendiri di dapur rumahnya. Baldwin kemudian sukses dalam usaha headphone ini, sayangnya ia tidak membuat paten. Setelah terkena beberapa masalah akhirnya ia mengalami kebangkrutan pada 1924. Headphone yang dibuat Baldwin ini kebanyakan digunakan untuk kebutuhan komunikasi dengan sinyal radio. Menyusul dengan kesuksesan Baldwin, perusahaan asal Austria bernama AKG juga ga mau ketinggalan. Sebelumnya, AKG adalah perusahaan alat-alat perfilman seperti:

  • Loudspeaker
  • Proyektor film
  • Light meter

Setelah berhasil membuat headphone pertamanya di tahun 1949, AKG memutuskan untuk fokus kepada pembuatan alat-alat audio saja. Bahkan, sampai hari ini AKG masih menjadi merek audio yang sangat populer.

 

 

3. Headphone Stereo & Portable Pertama

Evolusi earphone berkembang lebih jauh setelah John C. Koss mengenalkan headphone stereo pertama di dunia (Koss SP-3). Untuk beberapa dekade Koss menjadi “pemain utama” dalam industri headphone/earphone. Apa sih perbedaan utama headphone mono dan stereo? Coba liat sedikit penjelasan di bawah ini:

  • Headphone mono hanya punya satu sumber speaker. Jadi suara yang kita dengar di sebelah kiri akan sama dengan suara yang kanan.
  • Headphone stereo bisa mengeluarkan lebih dari satu suara. Saat kita nonton film atau denger musik akan terdengar lebih detail dan lebih variatif.

Setelah itu, pada 1979, Sony membuat headphone yang portable jadi mudah dibawa. Kalo Lo familiar dengan Walkman, itu dia headphone portable pertama yang dibuat. Karena hal ini, akhirnya headphone portable jadi populer sampai ditemuin earphone tahun 2001 oleh Apple. Perusahaan milik Steve Jobs ini baru aja merilis iPod, sebuah device untuk dengerin musik format digital, lengkap dengan earphone kecil yang bisa dengan mudah masuk ke kantong. Ini ngerubah pandangan dunia tentang earphone dan bahkan dalam kebiasaan dengerin lagu.

 

 

4. Earphone di Masa Sekarang

Sekarang ini pilihan earphone udah banyak banget sampai Lo bingung banget milihnya. Teknologinya juga udah canggih banget. Mulai dari Lo bisa ngatur equalizer-nya sendiri, bass booster, sampai ga perlu pake kabel lagi berkat teknologi bluetooth. Tinggal sambungin aja koneksi bluetooth device Lo dengan earphone dan Lo bisa pake sampe batrenya abis. Nah, kita akan ngasih Lo rekomendasi earphone di tahun 2020 ini, seperti:

  • 1More Triple Driver In-Ear Headphone
  • Sony WF-1000XM3 True Wireless Earbuds
  • Sennheiser Momentum True Wireless 2
  • NuraLoop Headphones
  • Optoma NuForce BE Sport 4

Semua headphone/earphone ini punya kualitas yang bagus banget. Tinggal Lo sesuaiin aja sama preferensi dan kegiatan Lo. Menurut Move Creators, mana yang paling oke?

 

Itu dia beberapa evolusi earphone sejauh ini. Akan ada evolusi seperti apalagi ya? Mungkin earphone pintar yang bisa matiin musik otomatis kalau kita lagi ketiduran pas dengerin musik. Pasti Move Creators pernah kan dengerin musik sampe ketiduran? Kalo Lo suka ngulik teknologi, coba baca juga artikel MyMOVEment.id tentang perkembangan VR dari masa ke masa ya!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS