Tips Memotret dengan Smartphone Biar Keliatan Pro!

March, 04 2021

Di zaman serba cepat dengan teknologi yang telah berkembang sebegitu canggihnya, membawa kamera profesional yang cukup besar tentu rasanya ngebikin kita terlalu ribet karena harus bawa ini itu. Untuk mensiasati hal tersebut, para perusahaan besar seperti Apple, Samsung, dsb. sangat-sangat memanfaatkan teknologi dengan memberikan kamera super canggih dan menawan di dalam gadget mereka. Akan tetapi, memotret menggunakan Smartphone dirasa lebih sulit karena fokus dan bentuk smartphone yang tidak seperti kamera profesional.

 

Nah, untuk ngebantu Lo memaksimalkan kamera smartphone Lo, kami mempunyai tips memotret dengan smartphone biar hasil foto Lo kelihatan seperti menggunakan kamera profesional. Dibantu dengan software dan fitur yang udah tersedia dan menjadi default pada kamera-kamera yang ada di setiap smartphone, Lo bisa mendapatkan hasil yang ciamik hanya dengan menggunakan kamera Smartphone. Buat Move Creators yang pengen motret layaknya profesional, dengan HP aja bisa kok! Ini dia caranya.

 

Ketahui Kelebihan Kamera HP Lo & Komposisi Fotografi

 

Yes, profiling tetek bengek kamera HP Lo adalah tips memotret dengan smartphone yang pertama. Biasanya, perbedaan merk selain membedakan kualitas gambar yang dihasilkan ketika lo potret, warna dan komposisi yang di-capture pun memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dengan mengetahui karakter yang muncul saat Lo memfoto objek dengan HP Lo, Lo bisa maksimalin dengan menyesuaikan objek foto dengan karakter yang dimiliki oleh HP Lo.

 

Lo juga perlu untuk memperhatikan komposisi fotografi. Ada begitu banyak komposisi fotografi. Tetapi, yang paling populer biasanya adalah Rule of Third, Simmetry, dan Depth of Field. Untuk memaksimalkan ketiga komposisi di atas, Lo bisa gunain Gridlines agar foto Lo Balance dan sesuai dengan komposisi yang udah disebutkan di atas.

 

Pakai Gridlines untuk Balance dan Gunakan Cahaya Natural

 

Tips memotret dengan smartphone selanjutnya adalah Gridlines. Setelah disebutkan tadi di atas perihal Gridlines yang ngebantu komposisi foto semakin maksimal, Gridlines berfungsi untuk menentukan titik-titik yang pas dengan empat garis lurus yang dibagi menjadi dua garis vertikal dan horizontal. Dua garis vertikal dan horizontal ini bakal ngebantu Lo ngebikin pas soal komposisi foto secara:

  • Rule of Third,
  • Simmetry, maupun
  • Depth of Fields

Karena dengan adanya Gridlines, Lo bisa nentuin objek dan ruang yang bakal Lo agar foto tersebut terlihat sesuai dengan keinginan Lo.

 

Selain itu, ketika Gridlines dibantu dengan cahaya natural dari matahari, hal itu bakalan ngebikin Lo mengetahui komposisi baru yang bernama Golden Shape. Teknik komposisi Golden Shape memanfaatkan cahaya natural dengan mengkontraskan cahaya natural yang menyinari objek dengan negative space di sekitar objek tersebut. Dengan begitu, foto yang Lo ambil bakal terlihat lebih kontras berwarna dan fokus pada titik yang ciamik.

 

Hindari Menggunakan Zoom In & Eksplor Angle

 

Tips memotret dengan smartphone yang ketiga adalah hindari menggunakan zoom in & eksplor angle. Sebetulnya, tidak masalah kalo Lo emang perlu ngeclose-up sebuah objek dan posisi Lo dengan objek yang ingin Lo foto tidak memungkinkan Lo untuk mendekati objek tersebut. Tapi, ada hal yang harus Lo korbankan ketika Lo nge-zoom in kamera dari HP Lo, yakni kualitas foto yang sangat menurun. Belum lagi, ketika lo gunain fitur Zoom in, hasil yang Lo dapetin bisa jadi shaking dan nggak fokus. Yang tadinya pengen Lo close-up justru malah jadi nggak keliatan sama sekali.

 

Daripada Lo mengorbankan kualitas hasil foto Lo, lebih baik Lo mengeksplor angle  yang sesuai dengan keinginan Lo. Seperti misalnya kalau Lo lagi pengen foto close-up supaya hasil foto Lo fokus (komposisi Depth of Field). Dibantu Gridlines dan penempatan cahaya natural yang tepat, Lo bisa posisikan HP Lo sedekat mungkin dengan objek yang bakal Lo foto. Dijamin, hasilnya bakal nggak beda jauh dengan kamera profesional!

 

Gunakan Editing Tools

 

Tips memotret dengan smartphone yang terakhir adalah Editing Tools. Editing Tools ini ibaratkan last touch dari karya yang telah Lo hasilkan menggunakan smartphone. Editing Tools ngebantu Lo memaksimalkan komposisi foto dan tone yang ingin Lo tonjolkan dari foto yang telah Lo tangkap. Tone yang dihasilkan oleh Editing Tools itu juga bisa jadi ciri khas Lo ketika Lo bagikan hasil foto Lo ke media sosial.

 

Untuk Editing Tools, VSCO dan PicsArt adalah aplikasi yang paling mudah untuk digunakan. Ada juga Lightroom, aplikasi yang ngebantu Lo kalo Lo ingin lebih eksperimen soal warna dan komposisi sesuai dengan kreasi Lo.

 

Nah kira-kira segitu MOVE Creators soal tips fotografi kali ini. Semoga membantu, ya!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators