Cerita di Balik Lagu Terkenal yang Lo Ga Tau!

March, 05 2021

Kalo Lo lagi dengerin lagu yang sangat populer banget dan disebut-sebut sebagai masterpiece, apa sih yang Lo rasain? Pasti menyenangkan dan takjub, dong? Dari Weird Genius hingga The Beatles, salah satu karya mereka ada yang digadang-gadang sebagai karya yang monumental, yang sulit banget ditemuin di kemudian hari.

 

Mengetahui lagu dari artis-artis internasional sampe sebegitu terkenalnya, Lo pernah enggak sih penasaran, seperti apa sih cerita di balik lagu terkenal itu? Pastinya ada usaha, ide, dan kreativitas yang dipupuk dengan sungguh-sungguh dong. Proses pembuatan lagu tuh nggak mudah lho, dari produksi lirik dan suara, sampe teknologi yang dipake tuh ada-ada aja. Nah, cek cerita menarik di balik pembuatan 4 lagu terkenal ini!

 

Lathi - Weird Genius

 

Lagu terkenal pertama datang dari Indonesia, yakni “Lathi” yang diciptakan oleh Weird Genius. Weird Genius beranggotakan tiga talenta hebat Indonesia bernama Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Pada tahun 2020, “Lathi” sukses menyambangi telinga-telinga di dunia dengan sihir magis campuran musik tradisional jawa dengan musik elektronik.

 

Menggabungkan elemen tradisional dan modern, “Lathi” adalah wujud nyata dari pentingnya akulturasi budaya. Keunikan yang dimiliki oleh musik tradisional dengan nada pentatonis digabungkan dengan kreativitas dan instrumen modern sehingga menciptakan sound yang terdengar segar dan baru sekaligus familiar bagi kita, orang-orang Indonesia. Kegemilangan “Lathi” di platform musik digital mencapai hingga 500 juta pendengar lebih dan menyabet 3 penghargaan AMI Awards serta berada pada nomor 2 di chart Global Viral Spotify. Itu sedikit cerita di balik lagu terkenal ini. Gokil banget, kan?

 

Bad Guy - Billie Eilish

 

Satu tahun sebelum “Lathi” muncul, Billie Eilish menggebrak dunia musik pop dengan album When We All Fall Asleep Where Do We Go? yang menyabet 5 kategori Grammy Awards dalam satu tahun sekaligus! Billie yang saat itu masih berusia 17 tahun tiba-tiba menjadi ikon pop dunia mengalahkan artis-artis lain seperti Lizzo, Ariana Grande, hingga Lana Del Rey. Dengan single “Bad Guy” yang memecahkan rekor hingga memenangkan status song of the year. Lalu bagaimana cerita di balik lagu terkenal itu?

 

Proses produksi lagu “Bad Guy” menurut salah satu wawancara Billie Eilish sangatlah kompleks dan perfeksionis. Kegeniusan Billie dan sikap perfeksionisnya menyebabkan rekaman yang berulang-ulang demi mencapai vocal harmony yang sempurna menurut ia. Terdengar simpel, namun melodi vokal tersebut memiliki kedalaman layer yang ciamik sehingga terdengar catchy dan mengawang. Dihiasi synth dan bassline yang sederhana namun begitu memikat, tak heran kenapa lagu ini menjadi sangat terkenal dan begitu nyaman.

 

Smells Like Teen Spirit - Nirvana

 

Nirvana adalah band legendaris yang dipunggawai oleh Kurt Cobain. Nevermind, salah satu album terbaik di dunia dari Nirvana, memiliki lagu di dalamnya yang berjudul “Smells Like Teen Spirit”. Menurut peneliti dari Universitas London, “Smells Like Teen Spirit” adalah lagu ikonik sepanjang masa secara ilmiah. Lalu apa cerita di balik lagu terkenal itu?

 

Ternyata, judul yang Kurt ambil didapatkan saat ia sedang bersama Kathleen Hanna, vokalis band Bikini Kill. Pada tahun 1990, keduanya sedang memperjuangkan hak perempuan soal aborsi. Keduanya merayakan kemenangan atas hak yang mereka perjuangkan dengan bergembira ria. Diujung malam, Hanna menulis untuk Kurt bahwa “Kurt smells like teen spirit”. Tak disangka-sangka, kalimat yang ditulis oleh Hanna menjadi lagu paling ikonik sepanjang masa yang diciptakan oleh Kurt Cobain.

 

Strawberry Fields Forever - The Beatles

 

Pada November 1966, The Beatles lagi nangkring di Abbey Road studio untuk mengerjakan sebuah proyek yang nantinya jadi proyek paling berpengaruh sepanjang masa dalam dunia musik. Adalah lagu “Strawberry Fields Forever” yang mengubah dan mempengaruhi band-band setelah The Beatles dalam menulis musik rock. Simak cerita di balik lagu terkenal berikut ini.

 

Saat itu, Lennon sedang mendengarkan rekaman demo lagu Strawberry Fields secara berulang-ulang. Judul lagunya didapatkan dari nama panti asuhan di Liverpool. Di Setiap putarannya, ia merasa tidak puas karena hanya direkam menggunakan 2 akustik gitar. Mereka memutuskan untuk merekam ulang lagu tersebut dengan tambahan trompet, cello, svarmandal, strings, dan eksperimen suara rekaman yang diputar secara terbalik. Walhasil, lagu “Strawberry Fields Forever” menjadi lagu terbaik dari The Beatles menobatkan mereka sebagai band paling berpengaruh di dunia.

 

Gimana MOVECreators? Unik-unik kan cerita-cerita mengenai lagu-lagu terkenal itu?

 

 

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS