Rahasia Lagu The Beatles yang Lo Belum Tau!

January, 08 2021

Sebagai salah satu band terbesar dan tersukses di dunia, The Beatles pasti nyimpen banyak banget rahasia dalam lagunya. Eh, tapi kali ini kita ga akan ngebahas tentang konspirasi atau lagu yang kalo dibalik ada lirik pemuja setan gitu. Kita akan bahas rahasia teknologi yang dipake dalam lagu sampai ngasilin rekaman yang keren! Yuk, simak rahasia lagu The Beatles di bawah ini, baca sampe abis biar ga penasaran ya!

 

1. Ngerekam musik dengan half-speed

Lo perlu inget nih kalo The Beatles ini kan era jayanya tahun 60-an, jadi jangankan komputer, teknologi rekaman yang umum kayak multi-track recording aja baru banget ditemuin. Jadi bisa dibilang nih mereka pionir juga dalam teknologi rekaman. Orang yang berjasa banget dalam rekamannya The Beatles ini adalah produser mereka, yaitu George Martin yang sering disebut sebagai beatles kelima. Jadi selain ada Ringo Starr, George Harrison, John Lennon, dan Paul McCartney, Lo juga perlu inget George Martin nih. Salah satu jasanya adalah di lagu “In My Life”. Suara piano yang terdengar kayak Sebastian Bach itu adalah permainannya George Martin, tapi uniknya suara piano ini direkam di half-speed pada master pita. Alasannya simpel, George Martin ga bisa mainin part itu di tempo aslinya. Ya akhirnya pas di putar di speed aslinya akhirnya temponya naik dan oktafnya juga naik, tapi sesuai sama kemauan John Lennon. Dan teknik ini akhirnya cukup populer dan dipakai sama musisi, kayak:

  • Amy Winehouse
  • The Rolling Stones
  • Marvin Gaye
  • James Brown

Siapa sangka eksperimen George Martin ini dipake sama banyak musisi. Dan siapa sangka eksperimen atau rahasia lagu The Beatles itu berasal dari George Martin yang ga terlalu jago main Piano. Ternyata ga selamanya kekurangan itu jelek Move Creators!

 

 

2. Memakai Teknik Splicing

Buat Move Creators yang biasa bikin musik, apalagi elektronik pasti biasa banget denger teknik splicing. Teknik splicing ini adalah mainin dua track yang beda dalam satu rekaman, ya bisa juga disebut sampling. Dengan teknologi sekarang sih, langsung kebayang kan seberapa mudahnya bikin hal yang kayak gitu, tapi ga kayak gitu di tahun 60-an. Waktu ngerekam “Strawberry Fields Forever” John Lennon ga bisa nentuin versi rekaman mana yang akan diambil. The Beatles sering banget bikin beberapa versi untuk lagu mereka untuk dapetin hasil yang terbaik. Akhirnya John minta George Martin untuk ngegabungin dua rekaman yang direkam dengan tempo dan bahkan kunci yang berbeda, seperTi:

  • Rekaman pertama (take 7) direkam dengan kunci dasar B mol mayor
  • Rekaman kedua (take 26) direkam dengan kunci dasar C mayor

Kedua rekaman ini disatuin dan disamain temponya sampai punya pitch yang sesuai juga. Oleh, karena itu kalo Lo dengerin dan kulik lagu ini, Lo akan sulit menebak kunci dasarnya, karena emang punya dua kunci dasar yang beda. Emang ya unik banget rahasia lagu The Beatles yang satu ini.

 

 

3. Masukin Orkestra dalam Musik

Salah satu keunikan dari rekaman The Beatles adalah ngegunain kuartet dari orkestra. Saat itu ga ada musisi yang berpikiran untuk ngegabungin musik klasik dan musik pop. Karena mungkin saat itu mereka mikir musik klasik itu kaku jadi ga bisa jadi bagian musik yang pop. Tapi beruntungnya untuk The Beatles, mereka punya George Martin yang punya pengetahuan yang luas banget sama musik klasik. Akhirnya, mereka masukin unsur orkestra seperti di lagu:

  • Eleanor Rigby
  • Yesterday

Bahkan, untuk bercanda Paul McCartney nulis di manuskrip asli Eleanor Rigby kalo itu ditulis sama Paul McCartney, George Martin, dan Sebastian Bach. Padahal kita tau kan kalo Sebastian Bach ga ikutan rekaman The Beatles.

 

4. Multi-Track Recording

Di awal artikel udah dijelasin kan kalo zamannya The Beatles itu emang teknologi rekamannya terbatas banget. Nah, bisa dibilang juga The Beatles atau George Martin ini merupakan pionir atau orang yang pertama pake teknologi multi-track ini. Apa sih teknologi multi-track ini? Teknologi multi-track adalah teknologi ngerekam musik yang bisa ngerekam beberapa musik (instrumen atau vokal) secara terpisah di waktu yang berbeda. Jadi sebelumnya kebayang kan, kalo rekamannya harus live. Sebenernya ga ada yang salah dengan rekaman live ini, tapi eksplorasi dan hasil rekamannya juga ga akan seluas atau sejernih rekaman multi-track ini. Sebagai pembanding, coba liat beberapa album The Beatles dan teknologi track yang digunain:

  • Album “Please Please Me” direkam pake 2 track
  • Album “Sgt. Pepper” direkam pake 4 track
  • Album “The White Album’ dan “Abbey Road” di tahun 1969 direkam pake 8 track

Coba dengerin lagi dan bandingin bedanya. Kalo udah kerasa bedanya coba bandingin sama rekaman zaman sekarang yang ngegunain lebih dari 32 track. Pasti hasilnya beda banget. Tapi intinya rekaman zaman sekarang mungkin ga secanggih itu, kalo The Beatles ga ngelakuin eksperimen-eksperimen ini. Ya jadi rahasia lagu The Beatles yang guna banget kan?

Itu dia rahasia lagu The Beatles yang Lo belum tau. Ternyata untuk bikin rekaman yang bagus Lo harus gunain trik-trik khusus yang bisa jadi rahasia Lo dalam ngerekam musik. Dan kalo Lo ngerasa kehalang sama ga punya teknologinya, coba bayangin The Beatles yang ngubah kekurangan mereka jadi kelebihan yang unik! Coba bikin rekaman Lo sekarang, kalo masih bingung mau pake apa, coba baca dulu artikel MyMOVEment.id yang ngebahas tentang software musik ini!

 

 

 

 

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS