Wajib Tau! Ini Perbedaan Layanan Streaming Musik Resso dan Spotify!

January, 08 2021

Layanan streaming musik di zaman sekarang udah jadi hal yang ga bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita nih MOVE Creators. Apalagi di masa pandemi seperti ini, mendengarkan musik bisa jadi obat penglipur lara dan penghapus sepi yang berkepanjangan, lho! Mendengarkan musik bisa juga ngebantu Lo rileks atau bisa juga menambah semangat Lo menjalani hari-hari di rumah aja, tergantung dari musik apa yang Lo dengerin.

Sekarang ini, banyak banget platform yang bikin Lo gampang dengerin musik di mana aja dan kapan aja. Mulai dari Spotify, Joox, Youtube Music, Bandcamp, Soundcloud, Apple Music, Amazon Music dan Resso. Lo pasti udah sering denger nama Spotify digaungkan di mana-mana, tapi ada layanan baru bernama Resso yang perlu Lo tau juga. Cek perbedaannya di sini.

 

 

Developer dan Ketersediaan Layanan

Spotify merupakan aplikasi layanan streaming musik asal Swedia yang muncul pertama kali pada tahun 2008. Spotify didirikan oleh Daniel Ek, Martin Lorentzon dan Maria Giovani Anggasta Santosa. Tercatat pada tahun 2020, pelanggan spotify mencapai angka 320 juta pelanggan dari seluruh Dunia. Penggunaan Spotify tidak hanya terbatas di Android atau iOS saja, berbeda dengan. Lo bisa download aplikasi Spotify untuk PC Lo atau Lo juga bisa gunain Spotify di PC Lo melalui browser apa saja yang ada di PC Lo! Sementara itu, Resso didirikan oleh perusahaan yang sama dengan TikTok, yakni ByteDance. ByteDance meluncurkan aplikasi streaming ini pada Desember 2019. Pengguna Resso pada tahun 2020 sudah mencapai satu juta orang yang mana 600 ribu orang tercatat dari India dan 400 ribu orang lainnya dari Indonesia. Resso hanya dapat di install di Android dan iOS saja. Belum ada aplikasi atau layanan Resso untuk PC.

Kalau bisa disimpulkan secara singkat, kira-kira ini perbedaan asal muasal dan ketersediaan layanannya:

  • Spotify berasal dari Swedia. Berdiri tahun 2008. Spotify dapat digunakan di Android, iOS, maupun PC
  • Resso berasal dari China, perusahaan ByteDance. Mengudara Desember 2019. Resso dapat digunakan di Android dan iOS.

 

App Interface

App Interface pada aplikasi layanan streaming musik Resso didesain dengan menawarkan kemudahan kepada para pengguna dan engagement yang lebih menarik. Interface resso memudahkan Lo untuk nemuin musik-musik baru dari berbagai lintas genre lho! Tak hanya itu, pemilihan genre pada Library Music Resso menyajikan genre dan sub-genrenya sehingga kalo Lo mau cari artis-artis dengan genre tertentu, Lo ga bakal kesulitan karena pilihannya begitu banyak!

Tak jauh berbeda dari Resso, App Interface pada aplikasi Spotify cukup menawarkan kemudahan yang sama. Hanya saja, jika Lo tidak berlangganan versi premium Spotify, Lo akan cukup sulit untuk menemukan lagu-lagu yang pengen Lo dengerin. Hal itu karena Spotify hanya memperbolehkan Lo ngeskip lagu cuman sampai 7 kali saja. Lo juga nggak bisa milih dengan bebas kalau Lo belum berlangganan premium.

 

 

Fitur-fitur di Dalamnya

Resso memiliki fitur-fitur yang unik dibandingkan dengan Spotify. Pihak Resso menginovasi sebuah fitur yang katanya mereka gunain agar pendengar bisa lebih interaktif dengan pendengar lain maupun dengan artisnya. Fitur-fitur itu bernama Vibes, Comment, dan Lyrics Qoutes. Berikut penjelasannya:

  • Resso menyajikan fitur interaktif antara pendengar dengan pemusik
  • Vibes, memudahkan pengguna Resso membuat konten dengan lagu ataupun album yang mereka sukai menjadi gif, video, maupun gambar. Pengguna Resso juga bisa menambahkan lirik yang mereka sukai melalui fitur Vibes ini
  • Comment, di setiap musik yang Lo gunain di aplikasi Resso, Lo bisa komentarin hasil karya favorit lo tersebut. Dengan begitu, Lo bisa connect dengan pengguna Resso lain dan artisnya pun dapat membaca komentar Lo!
  • Lyrics Quotes, memudahkan Lo untuk memilih bagian lirik secara spesifik kalo Lo ingin nge-share lirik itu di platform media sosial lain!

 

 

Web Player Support & Harga Berlangganan

Web Player Support hanya dimiliki oleh layanan streaming musik Spotify. Mereka memudahkan akses kepada penggunanya melalui semua bentuk gadget, termasuk PC. Lo nggak perlu takut kalau lagi dengerin musik tiba-tiba gadget Lo mati. Lo bisa langsung pindahin lagu yang lagi diputer di gadget Lo ke PC melalui Web Player Support. Untuk subscription, masing-masing app ini memiliki harga yang berbeda, yaitu:

  • Harga Berlangganan Spotify Rp49.900/Bulan. Ada paket family untuk 5 orang sebesar Rp79.900/Bulan dan Paket khusus pelajar Rp29.900/Bulan
  • Harga Berlangganan Resso untuk pengguna Android adalah Rp49.900/Bulan dan untuk pengguna iOS Rp59.900/Bulan

Nah kira-kira itu MOVE Creators perbedaan aplikasi streaming Spotify dan Resso. Lo tim yang mana, nih?

 

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators