Proses di Balik 4 Album Terbaik Sepanjang Masa!

December, 22 2020

Bikin album musik emang ga semudah yang kita bayangkan. Prosesnya panjang ribet, tapi kalo ngelakuinnya bener, hasilnya juga akan memuaskan. Ini dia kisah di balik proses produksi album terbaik sepanjang masa menurut MyMOVEment,id. Dari teknologi yang dipake sampai inspirasi yang didapat para musisi dalam pembuatannya.

 

Pink Floyd - The Dark Side of the Moon

Album ini disebut-sebut sebagai album terbaik sepanjang masa. Ya Lo juga harusnya setuju, karena album ini konseptual banget. Kalo Lo putar album ini berurutan musiknya nyambung semua jadi kayak dengerin konser live aja. Selain itu, Pink Floyd juga emang dikenal sebagai band yang suka ngegunain teknologi teknologi yang mendahului zamannya. Pink Floyd ngerekam album The Dark Side of the Moon ini di Inggris, tepatnya di studio Abbey Road. Buat Penggemar The Beatles, kalian pasti tau kan kalo studio ini dulunya sering dipake untuk ngerekam album-album top The Beatles. Pink Floyd memilih studio ini karena punya teknologi paling canggih waktu itu, seperti:

  • TG12345 yang punya suara equalizer dan tone yang khas

  • A80 Tape machine yang bisa ngerekam sampe 16 track

  • EMT Plate Reverb & Fairchild Limiters untuk ngebentuk suara akustik di vokal, gitar, dan juga bass

Selain itu Roger Waters juga ngegunain Binson Echorec untuk suara delay pada gitarnya yang khas banget. Saking khasnya, gitaris era sekarang masih nyari suara gitar yang mirip kaya suara gitarnya Roger Waters lho!

 

Radiohead - OK Computer

Radiohead adalah band asal Inggris yang sangat eksperimental. Saking eksperimentalnya mereka memasukan genre seperti rock, punk, dan bahkan elektronik dalam musiknya. Salah satu album terbaik mereka adalah OK Computer. Ya, ini adalah album yang sangat berpengaruh di dunia musik. OK Computer ini merupakan album rock yang menandai zaman dan ga ada yang nyamain, selain itu mereka juga menggunakan alat-alat seperti:

  • Suara yang dihasilkan dari Mac tua (Apple Simpletext) di lagu Fitter Happier..

  • Roland RE 201 buat ngehasilin suara di lagu Subterranean Homesick Alien.

  • Akai S3000 Sampler, kurang lengkap kalo band eksperimental kayak Radiohead ga ngegunain sampler ini.

Setelah album ini keluar di pasaran, Radiohead mencapai posisi yang lebih tinggi yang belum pernah mereka capai. Mungkin tanpa album OK Computer, mereka juga ga mungkin jadi band yang sebesar sekarang. Dan Album ini berhasil menjajaki posisi ke-42 untuk album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones.

 

Daft Punk - Random Access Memories

Masalah eksplorasi musik dan alat-alat musik, Lo ga perlu lagi ngeraguin Daft Punk. Masalahnya duo asal Perancis yang berisikan Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo ini memang selalu menggunakan alat-alat yang unik dan bahkan ngegunain kostum seakan-akan mereka dari masa depan. Pada album Random Access Memory, mereka nyoba bikin sesuatu yang terasa baru tapi sebenarnya berasal dari tahun 70-an atau 80-an. Salah satu caranya juga mereka berkolaborasi dengan musisi-musisi yang berbeda zaman, seperti:

  • Julian Casablanca dari The Strokes

  • Pharrell William

  • Nile Rodgers

  • Todd Edwards

  • Panda Bear

Selain itu untuk mendapatkan suara yang terkesan vintage, Daft Punk juga menggunakan synthesizer analog seperti Roland Jupiter-6, Yamaha CS-80, dan Sequential Circuits Prophet-6. Hasilnya juga mengagumkan dan membuat album ini menjadi album terbaik sepanjang masa. Coba deh dengerin dulu! 

 

Björk - Biophilia

Björk Guðmundsdóttir atau yang akrab dikenal Björk ini memang musisi yang eksentrik. Bahkan Björk sendiri menganggap suara perapian tua di rumahnya sebagai sebuah musik yang harmonis. Album Biophilia adalah bukti lainnya dari kejeniusan Björk. Album yang berarti “cinta kehidupan atau sistem kehidupan” ini dirilis ke dalam 10 aplikasi berbeda yang bisa dinikmati di iPad. Pasti belum kepikiran kan, kenapa sebuah album dirilis ke dalam sebuah Apps. Album biasanya hanya dirilis di kaset, CD, atau piringan hitam. Gimana dengan album yang dirilis di aplikasi ini? Lo bisa juga ko dengerin album ini di layanan streaming seperti Spotify! Dan menurut kita sih, album ini ga kalah sama album terbaik sepanjang masa yang lainnya.


Itu dia 4 album terbaik sepanjang masa dengan cerita di balik pembuatannya dan juga keunikannya. Nah, yang mana yang jadi favorit Lo. Selain ini juga masih banyak lho album musik yang unik proses pembuatannya, seperti cerita The Rolling Stones yang harus rekaman tanpa AC karena listriknya yang akan mati kalo mereka nyalain AC. Begitu album-album kayak gini dibawain live mereka juga perlu teknologi yang canggih kan? Nah, cek juga artikel MyMOVEment.id yang membahas tentang teknologi dalam konser yang mungkin Lo belum pernah tau!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS