Indihome merupakan provider internet berlangganan yang terpopuler di Indonesia. Pasalnya, Indihome menyediakan layanan wifi berbayar dengan kecepatan 20-300 Mbps yang bebas dipilih penggunanya.

Ternyata, banyak pengguna Indihome yang belum mengetahui cara mematikan wifi Indihome. Padahal mematikan wifi Indihome cukup penting dilakukan di situasi tertentu.

Perlu diketahui bahwa Indihome memiliki ketentuan FUP atau batas wajar pemakaian internet. Jika pemakaian internet sudah melewati FUP ini, maka internet akan lebih lambat dari biasanya.

Untuk mencegah hal tersebut, maka inilah cara mematikan wifi Indihome yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

6 Cara Mematikan Wifi Indihome

1. Sambungkan PC atau HP ke WiFi Indihome

Pengguna bisa memanfaatkan PC dan HP yang ada di rumah untuk mematikan wifi Indihome. Cara mematikan wifi indihome ini lebih aman daripada menggunakan router atau kabel.

Pasalnya, pengguna tidak perlu khawatir akan merusak router atau jaringan wifi. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan dari jarak jauh (maksimal 50 meter).

Caranya adalah, hubungkan dulu PC (bisa juga dengan laptop) atau HP ke jaringan wifi Indihome. Pastikan jaringan wifinya lancar, ya. Setelah itu, baru lanjut ke langkah berikutnya.

2. Login ke Web Admin Indihome

Cara selanjutnya adalah dengan buka situs web admin Indihome melalui browser. Pengguna bisa menggunakan browser apa saja, seperti Mozilla atau Chrome.

Pengguna dapat membuka alamat IP Address default : 192.168.100.1. Sesuaikan kebutuhan dengan peran yang sering digunakan, misalnya ponsel Android.

3. Masukkan Username akun dan Password

Pengguna pasti akan memperoleh username dan password ini saat pemasangan wifi Indihome pertama kalinya. username dan password ini diberikan oleh teknisi Indihome saat pemasangan wifi selesai. Jadi pastikan ingat dan simpan baik-baik.

Setelah berhasil masuk ke halaman admin, masukkan username dan password Indihome yang sudah diberikan. Biasanya pengaturan default username dan password dari wifi indihome adalah ; username (admin) dan password (‘pass’). Tapi password dan username ini bisa jadi berbeda.

4. Pilih Batasan dari WiFi

Setelah memasukkan username dan password Indihome, klik jaringan yang ada di sebelah kiri untuk mematikan WiFi Indihome. Nantinya akan muncul beberapa pilihan, pilih Batasan Wifi dan klik pilihan OK. Jangan sampai salah dalam klik opsi batasan wifinya. Pasalnya akan terjadi masalah saat mematikan wifi jika salah pilih.

Baca juga: Cara Mengecek Kecepatan WiFi Indihome

5. Mulai Pengaturan Jam Untuk Mematikan Wifi

Selanjutnya, pengguna bisa mengatur jam kapan wifi hidup atau mati. Jika ingin menyalakan Wifi, klik “on”. Klik waktu shutdown jika ingin mematikan wifi. Jangan lupa atur waktu atau jam sesuai yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengatur waktu mematikan wifi yang cukup panjang. Misalnya dari tahun 2020 hingga 2022.

6. Pilih Menu “Kirim” atau Apply

Langkah terakhir untuk mematikan wifinya adalah klik Apply atau kirim. Namun pastikan dulu bahwa pengguna sudah setuju dengan semua opsi yang dipilih. Perlu diingat bahwa pengguna harus memilih opsi waktu on atau off wifi terlebih dahulu sebelum klik kirim .

Untuk mengatur waktu mematikan wifi, pengguna bisa memilih waktu tidur di malam hari. Pasalnya, malam hari saat tidur pastinya wifi tidak digunakan. Nyalakan lagi saat pagi hari sebelum beraktivitas.

Itulah penjelasan mengenai cara mematikan wifi Indihome. Mematikan wifi Indihome merupakan salah satu opsi menghemat Wifi. Pasalnya, jika wifi dihidupkan terus menerus, bisa jadi tagihannya malah membengkak.

Jaringan wifi juga terjaga kecepatannya dan pengguna bisa memakai internet dengan lancar. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version