Cara ganti nama hotspot iPhone menjadi salah satu tips yang perlu diketahui, khususnya untuk para pengguna baru. Karena seperti yang umum ketahui, iPhone merupakan salah satu jenis smartphone yang sekarang cukup banyak digunakan di Indonesia. 

Hal tersebut dikarenakan banyaknya fitur menarik yang ada di dalamnya. Salah satunya sudah pasti adalah hotspot yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan internet.

Nah, apabila Anda sedang kebingungan mencari cara mengganti nama hotspot di iPhone, jangan khawatir! Pasalnya, artikel ini dibuat secara khusus untuk memberikan solusi tersebut. Jadi, pastikan Anda menyimaknya sampai habis, ya!

Panduan Cara Ganti Nama Hotspot iPhone

Sedikit informasi awal untuk Anda, hotspot merupakan area yang dilingkupi oleh jaringan wireless atau tanpa kabel. Jaringan ini berasal dari sebuah pemancar access point, yang terhubung dengan jaringan internet broadband

Penjelasan sederhananya, hotspot adalah sebuah istilah di mana seorang pengguna dapat mengakses jaringan internet, apabila perangkat yang digunakan (smartphone, laptop, PC, dan perangkat lainnya) memiliki fitur WiFi (Wireless Fidelity), sehingga bisa menikmati akses terhubung ke internet tanpa adanya media kabel. 

Karena kemajuan teknologi sudah semakin canggih, sekarang hampir semua smartphone memiliki fitur hotspot. Yup, salah satu jenis ponsel yang memiliki fitur tersebut adalah iPhone. Baiklah, berikut kami jelaskan bagaimana cara ganti nama hotspot iPhone yang bisa Anda coba. 

1. Buka Menu “Pengaturan” di iPhone

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengganti nama hotspot di iPhone adalah membuka menu pengaturan atau setting yang terdapat di dalam ponsel. Anda bisa menemukan menu ini dengan sangat mudah. Menu pengaturan memiliki logo dan gambar abu-abu. Kemudian, Anda bisa langsung mengkliknya untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam penggantian nama hotspot iPhone 14.

2. Pilih Menu “General”

Cara ganti nama hotspot iPhone yang kedua, setelah Anda berhasil masuk ke pengaturan, maka sekarang Anda harus masuk ke manu General atau Umum. Menu ini ada di bagian depan, dan bisa Anda temukan dengan cara yang sama pada semua seri iPhone. Kemudian, Anda bisa langsung memilih menu General, lalu akan muncul tampilan beberapa pilihan nantinya. 

3. Pilih Menu “About”

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih menu About yang ada di layar iPhone. Menu ini tersedia di bagian paling atas setelah Anda membuka menu General tadi. Nantinya, akan ada banyak pilihan menu yang tampil dan Anda bisa langsung menemukan menu About untuk melanjutkan cara ganti nama hotspot iPhone.

4. Pilih Submenu “Name”

Langkah yang keempat, Anda bisa mengganti nama hotspot di iPhone dengan memilih Submenu Name. Apabila sudah menemukan pilihan tersebut, maka Anda bisa langsung mengkliknya dan nantinya akan muncul tampilan untuk mengganti nama hotspot iPhone. Ganti nama hotspot sesuai dengan keinginan Anda.

5. Lakukan Penggantian Nama Hotspot

Masuk ke tahap akhir, setelah mengubah nama hotspot di iPhone, Anda bisa langsung klik Done dan kembali ke halaman awal. Nantinya, nama hotspot akan berubah secara otomatis sesuai dengan nama yang Anda masukkan tadi. Nah, Anda juga bisa mengulangi cara ini kapan saja, karena memang tidak ada batasan perubahan nama hotspot tersebut. 

Mengapa Nama Hotspot Tidak Berubah di iPhone?

Jika setelah menerapkan cara ganti nama hotspot iPhone, dan nama hotspot juga masih belum berubah, tidak perlu khawatir! Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui jika masalah itu terjadi, yaitu:

Hotspot Belum Aktif

Hayo… Coba cek kembali, apakah fitur hotspot di iPhone Anda sudah aktif atau belum saat mengubah namanya tadi. Pasalnya, masalah nama hotspot yang tidak berubah setelah diganti terjadi karena fitur tersebut memang belum diaktifkan terlebih dahulu. Jadi sebelum mengganti nama hotspot sesuai keinginan Anda, pastikan fitur tersebut aktif, ya!

Koneksi Internet Terputus

Apabila koneksi internet pada perangkat iPhone Anda terputus, maka penggunaan nama hotspot tidak bisa dilakukan. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa kembali koneksi internet apakah tersambung dan tidak mengalami gangguan apapun sebelum mengubah nama hotspot. 

Manfaat Mengganti Nama Hotspot iPhone

Setelah memahami bagaimana cara ganti nama hotspot iPhone dana apa penyebab jika nama tidak berubah setelah diganti, Anda juga perlu memahami apa saja sebenarnya yang menjadi manfaat dalam mengganti nama tersebut. 

Bisa dengan Mudah Mengidentifikasi Hotspot iPhone Anda

Saat berada di area dengan banyak jaringan hotspot, maka penting sekali mengganti nama hotspot supaya lebih mudah mengenali milik Anda. Dengan demikian, Anda bisa dengan akurat dan lebih cepat terhubung jaringan internet yang benar. 

Meningkatkan Keamanan Jaringan Perangkat Anda

Menerapkan cara ganti nama hotspot iPhone teratur menjadi langkah penting untuk meningkatkan keamanan jaringan perangkat Anda. Pasalnya, penggunaan nama hotspot default yang umum bisa mengakibatkan jaringan Anda rentan terhadap serangan yang tidak diinginkan. 

Nah, dengan menggunakan nama hotspot yang unik, Anda bisa mengurangi resiko perangkat yang tidak dikenal terhubung ke jaringan peringkat Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Melihat IMEI iPhone Dengan Mudah dan Aman

Tampilan Jaringan Hotspot yang Lebih Profesional

Baik menggunakan hotspot bisnis di tempat umum atau pribadi, mengganti nama hotspot bisa memberikan kesan yang lebih profesional. Dengan mengubah nama hotspot yang lebih profesional sesuai dengan nama brand atau organisasi, orang-orang bisa memandang bisnis Anda dengan kesan yang lebih positif. Selain itu, penggunaan nama hotspot yang profesional juga dapat menjadi branding yang bagus.

Baiklah, itu tadi adalah beberapa cara ganti nama hotspot iPhone dan penjelasan lainnya yang bisa Anda pahami. Semoga setelah ini, Anda tidak akan mengalami lagi masalah-masalah dalam pengubahan nama hotspot. Selamat mencoba dan pastikan untuk selalu terhubung ke jaringan internet sebelum mengubah nama hotspot. 

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version