4 Cara Main Launchpad Buat Lo si Pemula

January, 12 2021

Hingga saat ini, skena musik di dunia termasuk Indonesia semakin berkembang. Salah satunya adalah pergerakan musik elektronik yang semakin banyak dikenal. Melalui nama-nama DJ tersohor seperti David Guetta, Martin Garrix, hingga Calvin Harris, musik elektronik kini sudah gak asing di telinga kita. Nah, ngomongin musik elektronik tentu gak akan jauh dari yang namanya launchpad, alat yang sering digunakan para DJ terkenal untuk membuat remix lagu. Buat Lo yang penasaran gimana sih caranya main launchpad, bisa simak 4 cara main launchpad untuk Lo MOVE Creators yang masih pemula!

 

 

Kenali Dulu Fungsi Launchpad

Sebelum bahas lebih jauh gimana cara main launchpad, hal pertama yang harus Lo pahami adalah fungsi launchpad itu sendiri. Karena mungkin masih banyak di antara kita yang belum benar-benar paham apa itu launchpad dan apa saja fungsinya. Launchpad adalah alat elektronik yang sering digunakan oleh para DJ untuk mengaransemen ulang sebuah lagu, yang diluncurkan di tahun 2009 oleh Novation. Bisa dibilang, launchpad merupakan alat multifungsi yang menggabungkan fungsi dari beberapa tools berbeda. Ini dia beberapa fungsi launchpad yang wajib Lo tau:

 

  • Beat Mixing: mencampur beat audio dari satu lagu dan lagu lainnya dalam bentuk transisi yang mulus
  • Mengatur Beats Per Minute: Beats Per Minute atau biasa dikenal dengan BPM juga bisa diatur menggunakan launchpad. Jadi, Lo bisa nentuin tempo track yang mau Lo mainkan
  • Mapping: kegiatan pemetaan lagu-lagu yang akan dimasukkan ke dalam setlist
  • Trigger Loops: melakukan repetisi suatu bagian lagu untuk diputar secara berulang-ulang

Nah, itu dia hal-hal yang bisa Lo lakukan menggunakan launchpad. Selanjutnya, kita akan ngebahas step awal yang perlu Lo lakukan agar bisa lancar bermain launchpad.

 

 

Latihan Melenturkan Jari

Cara main launchpad agar lancar yang kedua adalah dengan melakukan latihan kelenturan jari. Singkatnya, Lo perlu membuat jemari terbiasa dengan tombol-tombol yang ada di launchpad. Terkadang, kita perlu menekan lebih dari satu tombol yang jaraknya berjauhan. Oleh karena itu, kelenturan jari jadi hal wajib yang perlu Lo kuasai agar mahir main launchpad. Ini dia beberapa cara yang bisa melatih kelenturan jari Lo:

  • Menggerakkan jari selama beberapa menit: lakukan senam jari dengan gerakan seperti mengangkat jari, mengayunkan telapak tangan, mengepalkan tangan, dan meregangkan jari agar jemari Lo rileks dan gak kaku saat memencet tombol yang ada di launchpad
  • Latihan dengan sampel musik yang ada: setelah meregangkan jari, Lo bisa mulai latihan menggunakan sampel musik yang sudah tersedia di Ableton, FL Studio dan aplikasi lainnya

Setelah kedua hal di atas Lo lakukan secara rutin, Lo bisa lanjut ke step berikutnya, yaitu mengenali cara produksi musik.

 

 

Kenali Cara Produksi Musik

Mempelajari dan mengenali bagaimana cara memproduksi musik adalah cara main launchpad ketiga yang perlu lo perhatikan. Setidaknya, Lo perlu tau basic dari produksi musik dan mash-up lagu. Hal ini bisa didapatkan dengan banyak mendengarkan lagu mash-up DJ yang telah ada, dan memperhatikan beberapa komponen di dalamnya seperti bagian lagu, progresi chord, pitch, dan tempo yang serupa. Setelah banyak mendengar mash-up yang telah dibuat, Lo bisa mulai utak-atik launchpad Lo untuk memproduksi musik elektronik sendiri:

  • Buat ketukan musik terlebih dahulu: tentukan kecepatan ritme dari lagu yang akan Lo remix
  • Tambahkan ritme: Lo bisa menambahkan ritme dari instrumen musik seperti bass, drum, dan lainnya
  • Eksperimen dengan efek: setelah memiliki mash-up yang berirama, Lo bisa menambahkan efek-efek agar hasilnya lebih ciamik

Masih banyak lagi hal-hal yang mesti Lo perhatiin dalam proses produksi musik elektronik menggunakan launchpad. Hal ini bisa lo dapetin, dengan banyak mengulik video tutorial sambil praktik langsung.

 

 

Banyak Mengulik Video Sambil Praktik

Setelah paham dengan tools dan fungsi yang ada di launchpad, serta mencoba langsung bagaimana proses memproduksi musik elektronik, cara main launchpad yang terakhir adalah dengan banyak mengulik video sambil praktik. Lo bisa nemuin banyak video tutorial dan insights seputar launchpad dan dunia EDM lewat YouTube. Berikut beberapa channel YouTube yang bisa menambah pengetahuan Lo seputar cara main launchpad:

  • NovationTV: official channel milik Novation, produsen peralatan musik asal Inggris yang juga mengeluarkan launchpad. Banyak tutorial seputar fitur launchpad di channel YouTube NovationTV
  • Kaskobi: YouTuber yang dikenal karena merevolusi pasar launchpad selama lebih dari enam tahun. Kaskobi juga membawakan banyak lagu hit dan remix dengan beberapa visual yang unik
  • InspirAspir: channel YouTube yang banyak mengeluarkan video tutorial seputar produksi musik

Itu dia salah tiga dari banyak akun YouTube yang bisa Lo tonton untuk level up skill main launchpad Lo. Jangan lupa untuk terus belajar dan membagikan karya pertama Lo ke orang-orang terdekat dan minta feedback dari mereka, ya. Lo juga bisa cek 4 software rekaman yang bisa bantu Lo melakukan audio editing, atau langsung cek mymovement.id untuk artikel seputar Technology, Gaming, Music, serta Lifestyle lainnya, ya!

 

 

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators