Suka Bikin Musik? Cek 4 Software Rekaman Musik ini!

October, 14 2020

Selain gears seperti mic dan alat musik lainnya, software rekaman musik adalah salah satu perlengkapan yang bakal Lo butuhin dalam proses pembuatan musik. Software-software ini bakalan ngebantu Lo ngelakuin audio editing sesuai sama suara yang pengen Lo hasilin. Cek selengkapnya buat rekomendasi software rekaman, mulai dari pemula sampai buat yang pro!

GarageBand

Buat pengguna produk Apple seperti iPhone, iPad, iMac, sampai MacBook, pasti software rekaman musik bernama GarageBand ini udah ngga asing lagi. GarageBand emang software khusus Apple yang bisa Lo download secara gratis di  AppStore. Tapi Lo harus bayar untuk fitur-fitur tambahan di dalam software ini. Tanpa itu pun sebenarnya juga cukup untuk GarageBand menjadi pilihan software awal Lo. Ada beberapa keuntungan kalo Lo pake GarageBand, seperti:

  • Interface yang user-friendly banget. Gampang dipake, bahkan untuk pemula
  • Lo bisa bikin musik tanpa instrumen di GarageBand
  • Cross-platform compatibility pilih bikin musik di iPhone, iPad, iMac, atau MacBook

Ya emang buat kalian yang udah profesional, kalian pasti akan pilih software lain yang lebih adjustable, tapi GarageBand ini bagus banget buat kalian yang mau mulai dan belajar produce musik dan juga rekaman. Tampilan atau interface dari GarageBand gampang banget dan ga bikin bingung, jadi bisa dipakai sama pemula nih. Selain itu, Lo juga bisa bikin musik tanpa instrumen dengan plugin atau instrumen digital yang ada di GarageBand. Lo juga bisa rekam musik di mana aja, karena Lo ga terpaku sama iMac Lo aja. Lo bisa bikin musik di rumah, kantor, sekolah, atau dimana aja yang Lo mau dari berbagai device dari Apple.

FL Studio

Nah, kita naik level sedikit dengan menggunakan FL Studio ini. Software rekaman musik ini memang masih terbilang basic, tapi punya fitur yang lebih luas dibandingkan GarageBand. Bahkan, walaupun simple dan sederhana, FL Studio juga dipakai musisi profesional, seperti:

  • Martin Garrix
  • T-Minus
  • Afrojack
  • Avicii

FL Studio ini udah ada lebih dari 20 tahun loh! Karena itu mereka mengganti nama FL Studio 13 dengan FL Studio 20 untuk merayakan hal ini. FL Studio ini juga menyediakan fitur editing dan efek yang lebih beragam, jadi Lo bisa membuat musik yang lebih hebat lagi. Bayangkan deh, musisi profesional aja pake ini, masa Lo ga mau kayak mereka?

Logic Pro

Sesuai namanya Logic Pro emang diperuntukkan musisi-musisi pro. Sebut aja Dua Lipa dan Timbaland yang pernah pake ini buat bikin hits mereka. Berarti emang udah terbukti kan kalau software rekaman musik Logic Pro bisa bikin musik yang canggih! Keuntungan dari Logic Pro ini dibandingkan software lain adalah:

  • Interface yang mudah digunakan
  • Pilihan sample yang banyak
  • Kompatibel dengan banyak Plugin

Walau tidak semudah FL Studio dan GarageBand, interface dari Logic Pro ini terbilang sangat mudah dimengerti dan digunakan. Kayak Lo akan bisa mengerti bagaimana cara edit ini dan itu cuma dari liat interfacenya saja. Tapi buat Lo yang belum biasa Lo tetep butuh tutorial dulu ya. Selain itu, buat Lo yang ga mau ngeluarin uang lebih untuk sample, seperti berlangganan di Splice, Lo bisa coba pilihan sample yang banyak banget di Logic Pro. Cukup banget untuk bikin musik Lo. Logic Pro juga kompatibel dengan plugin-plugin untuk bikin musik Lo lebih canggih seperti modulator synth dan preamp buat mastering. Kalo Lo ga mau ribet, plugin bawaan dari Logic Pro juga sebenarnya udah cukup banget. Logic Pro ini ibarat versi lebih profesionalnya GarageBand, karena itu juga Lo cuma bisa pake Logic Pro ini di produk Apple aja.

Ableton Live

Ableton Live juga sudah lama ada sebagai software rekaman musik yang banyak digunakan banyak musisi. Lebih tepatnya sejak tahun 2001. Ableton memang tidak terkenal sebagai DAW (Digital Audio Workstation) atau software rekaman musik yang mudah digunakan, tapi Lo juga bisa mengartikan kalo banyak banget eksplorasi yang bisa Lo lakuin di Ableton ini. Ableton mempunyai keunggulan, seperti:

  • Cocok digunakan untuk Live Performance
  • Mempunyai fitur Wavetable Synthesizer yang mempunyai suara bagus dan realistik
  • Mempunyai MIDI Controller yang kompatibel seperti Push 2

Hal yang membuat Ableton ini banyak digemari adalah Ableton nyaman dan cocok digunakan untuk live performance. Selain setup yang customizable banget, Ableton juga nyaman digunakan untuk bikin musik on the spot. Jadi, langsung bikin di tempat aja, cocok banget buat musisi elektronik atau DJ. Ableton juga punya Wavetable Synthesizer yang bikin iri pengguna software musik lain. Masalahnya untuk synth yang sebagus ini biasanya kita perlu beli plugin tambahan yang harganya tidak murah, tapi Lo bisa dapetin gratis di Ableton ini. Selain itu juga Lo bisa beli MIDI Controller Push 2 yang bisa maksimalin fitur dan kecanggihan Ableton karena controller ini emang dibuat kompatibel dengan Ableton.

Itu dia empat software rekaman musik yang direkomendasikan oleh MyMOVEment.id. Sebenarnya bukan masalah lebih bagus yang mana, tapi semuanya tergantung sama kebutuhan Lo. Lo lebih butuh yang simpel atau yang bisa Lo customize sedetil mungkin? Semuanya tergantung Lo nih. Cek juga artikel MyMOVEment yang lain untuk tau alat apa aja yang dibutuhkan untuk home recording atau podcast. Semuanya hanya di MyMOVEment.id!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators