5 Aplikasi untuk Kerja dari Rumah Biar Lebih Produktif

September, 01 2020

Pandemi yang berkepanjangan menyebabkan booming-nya trend aplikasi untuk bekerja secara remote atau istilah lainnya Work from Home (WFH). Walaupun lo bekerja dari rumah, lo pasti dituntut untuk tetap punya kualitas kerja yang konsisten, tentunya dengan ketepatan waktu yang sama juga. Nah, kali ini My Movement mau ngasih tau beberapa aplikasi untuk kerja dari rumah yang pastinya akan membantu produktivitas kalian. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Zoom

Nah kalau yang ini sih pasti hampir semua orang sudah tau. Gimana engga? Sejak ditetapkan kebijakan social/physical distancing, Zoom merupakan app yang paling sering digunakan dan diunduh. Ternyata pandemi ini merupakan berkah tersendiri buat Zoom. Aplikasi yang memberikan layanan untuk mengadakan video conference untuk bercengkrama dengan teman/keluarga dan tentu saja bisa lo pake buat meeting bersama tim kerja. Zoom mengalahkan kompetitornya seperti Google Meet, Skype, atau WhatsApp. Jadi udah pasti kalau zoom ngebantu kalian sebagai aplikasi untuk kerja dari rumah.

2. Trello

Nah kalau lo kesusahan untuk mengatur to-do list keseharian kalian atau bingung mau kerjain kerjaan yang mana dulu karena saking numpuknya, cobain Trello deh. Trello bisa ngebantu kalian membuat daftar untuk kerjaan kalian per harinya. Jadi kalian bisa tau apa yang harus dikerjain hari ini dan kapan juga deadline-nya. Trello juga bisa mengorganisir tim kalian agar kerja kolaboratif kalian tetep terjaga walaupun kalian terpisah jarak. Nah cobain deh aplikasi untuk kerja dari rumah yang satu ini, biar lo dan tim bisa tetep produktif dan juga mencapai target.

3. Basecamp

Aplikasi untuk kerja dari rumah yang ini agak mirip dengan Trello, tapi Basecamp emang bisa dibilang ahlinya dalam kerja secara remote. Alasannya karena pekerja Basecamp memang sudah menerapkan sendiri kerja dari rumah jauh sebelum adanya pandemi ini, bahkan mereka menulis buku panduan dari A-Z untuk kerja secara remote. Mereka bisa dibilang suhunya deh untuk kerja dari rumah. Basecamp bisa ngebantu kalian ngerancang to-do-list dan bekerja kolaboratif dengan tim seperti Trello. Selain itu Basecamp juga ngasih kita edukasi seputar kerja dari rumah, seperti gimana cara set up kantor di rumah lo dan gimana caranya membagi kehidupan personal dan professional lo.

4. Doodle

Move Creators pernah ngerasain ga sih udah janjian meeting sama tim A, eh malah bentrok sama meeting lain akhirnya kalian pusing karena dua meeting itu sama pentingnya. Kalau pernah, berarti lo harus coba Doodle. Doodle memang cukup unik sebagai aplikasi untuk kerja dari rumah, karena Doodle akan ngebantu kalian untuk voting tim kalian untuk set-up meeting kalian. Jadi ini bisa banget untuk menghindari skenario yang di atas. Karena kalian ga mungkin kan ngebelah diri kayak amoeba?

5. Wooboard

Aplikasi untuk kerja dari rumah yang satu ini emang ngertiin banget kalau kerja dari rumah pasti membuat kita kurang mendapatkan apresiasi ataupun afeksi dari teman kerja kita. Wooboard ngebantu kita untuk ngasih tau perasaan kita ke kerjaan kita. Jadi Move Creators gak perlu bingung waktu baca email dan menduga-duga temen lo beneran mengapresiasi lo atau cuma sarkas. Selain itu, niat Wooboard adalah menciptakan kultur kerja yang positif walaupun kita hanya bekerja dari rumah dan pastinya bisa membantu kesehatan mental kita saat bekerja. Jadi coba Wooboard dan mulai ciptakan kultur kerja yang positif di lingkungan kerja kalian!

Itulah dia 5 aplikasi untuk kerja dari rumah yang bisa membantu produktifitas, keseimbangan, profesionalitas, dan bahkan kesehatan mental kalian. Menurut kalian ada aplikasi yang perlu dicoba dari artikel ini? Atau lo sudah pakai aplikasi yang mirip dan mungkin lebih menarik? Kasih tau komentar kalian ya? Kita berharap pandemi ini segera berakhir dan semua kembali normal. Tapi selama itu kita tetap harus produktif dan menjaga kesehatan mental kita ya Move Creators! Jangan lupa juga ya untuk kunjungin Move Creators Manual untuk kalian yang tertarik mengetahui proses pembuatan konten. Selain itu, kunjungi juga Counter Move untuk dapetin insight yang keren banget dari Content Creator dan juga mengetahui gear apa yang mereka pakai.

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
Dewi Artha
September, 02 2020
keren banget artikel nya