4 Perusahaan Teknologi Terbesar, Menginspirasi Banget!

January, 12 2021

Beragam teknologi bermunculan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi, sehingga membuat kelangsungan hidup manusia ikut maju. Mulai dari gadget, peralatan rumah tangga, hingga mobil listrik yang ramah lingkungan, semuanya ini bertujuan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia. Tidak hanya memudahkan, tapi sepak terjang masing-masing perusahaan teknologi ini pun sungguh menginspirasi. Apa sajakah perusahaan teknologi terbesar yang menginspirasi? Simak langsung di bawah ini, yuk!

 

Apple Inc.

Siapa sih yang nggak perusahaan teknologi terbesar satu ini? Didirikan sejak 1976, Apple Inc. bisa dibilang menjadi pemimpin dalam inovasi teknologi yang mendorong dunia saat ini. Kenapa? Karena tech giants atau raksasa teknologi yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini tercatat sebagai perusahaan pertama di dunia yang mencapai kapitalisasi pasar lebih dari USD1 triliun. Bahkan, saat ini karyawan Apple  sudah mencapai 123.000 orang yang tersebar di 22 negara dan terdapat ritel lebih dari 500.

Di balik gemilang prestasi Apple Inc., tentu ada banyak hal yang terjadi. Mulai dari konflik antar direksi, merugi, dan bahkan hampir bangkrut. Selain itu, Steve Jobs dan Steve Wozniak bahkan sudah sempat hengkang dari perusahaan ini di tahun 1985. Namun, di tahun 2000 Steve Jobs kembali ke Apple Inc. sebagai advisor, yang kemudian duduk menjadi CEO Apple Inc. dan membangkitkan perusahaan ini. Adapun produk-produk yang diciptakan oleh Apple Inc., antara lain:

  • komputer Mac,
  • Laptop Macbook,
  • Mac OS,
  • Newton,
  • iPad,
  • iPod,
  • iPhone, dan
  • arloji Apple.

Kira-kira ke depannya bakalan ada varian produk baru ngga ya dari Apple Inc.?

Microsoft

Kalau kalian denger atau baca kata Microsoft pasti yang langsung terlintas dibenak kalian adalah Bill Gates. Bener, nggak? Yes, Bill Gates memang bener merupakan salah satu pendiri Microsoft Corporation. Tapi beliau nggak sendiri Move Creators, tetapi ditemani dengan Paul Allen. Microsoft Corporation berdiri pada tahun 1975 dan berpusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Tanda awal dari masa keemasan perusahaan ini adalah:

  • Microsoft Windows (ekstensi grafis untuk MS-DOS), dan
  • Microsoft Office (perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas kantor).

Tak berhenti sampai di situ, perusahaan pengembang terkemuka sistem dan aplikasi perangkat lunak ini kemudian berkembang menerbitkan buku dan judul multimedia, memproduksi komputer tablet hybrid-nya sendiri, browser web (Internet Explorer), consumer electronic, dan personal computer. Adapun produk terbarunya, yaitu OS Windows 10, Microsoft Surface Microsoft Edge, dan Cortana virtual assistant. Fyi, buat Lo yang suka video call pakai Skype atau ngelamar kerjaan pakai Linkedin, kedua platform tersebut juga sekarang udah punya Microsoft, lho.

 

Samsung Electronics

Tech giants ketiga apalagi kalau bukan Samsung! Tapi yang bakal dibahas kali ini salah satu bagian dari grup Samsung yang menangani divisi elektronik, yaitu Samsung Electronics. Mungkin Lo mikir kalau perusahaan ini memang dari awal udah jadi perusahaan elektronik. Tapi, ternyata tidak seperti, Move Creators! Perusahaan ini, awalnya didirikan oleh Lee Byung Chul pada tahun 1938 sebagai perusahaan perdagangan. Lalu dalam tiga dekade berikutnya, Samsung melakukan ekspansi ke sejumlah sektor, seperti pemrosesan makanan, asuransi, tekstil sekuritas, dan ritel. Kemudian, sekitar tahun 1969 Samsung mulai ekspansi ke industri elektronik dan berkembang hingga sekarang. Samsung meningkatkan penjualannya di luar Korea Selatan, terutama produk ponsel dan semikonduktornya yang menjadi sumber pendapatannya yang paling tinggi. Kalau disimpulkan, perusahaan teknologi terbesar ke-12 di dunia-berdasarkan ranking Brand Value ini, telah mengeluarkan beragam produk teknologi, seperti:

  • ponsel,
  • televisi,
  • chip memori,
  • hard drive,
  • memori flash,
  • semikonduktor,
  • baterai lithium-ion,
  • Dll.      

Ngga cuma itu, Samsung Electronics ini juga menyediakan komponen untuk perusahaan lain, seperti, Dell, Sony, Apple, dan lain-lain.

Tesla

Last but not least, shout out to Tesla! Perusahaan teknologi terbesar ini merupakan produsen mobil listrik dan energi yang patut Lo acungi jempol, Move Creators! Kenapa? Karena terciptanya mobil ini dan bahkan sudah bisa mengaspal di jalanan ibukota secara real adalah hal luar biasa. Tesla Motors Inc. ini awalnya didirikan oleh sekelompok insinyur, Martin Eberhard dan Marc Tarpenning di tahun 2003.  Hal ini didorong oleh keinginan mereka menyediakan kendaraan yang lebih baik, dalam artian lebih cepat sekaligus ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Di tahun 2008, perusahaan yang terinspirasi dari nama insinyur Nikola Tesla ini dipimpin oleh Elon Musk, seorang pebisnis, perancang dan insinyur industri. Hal yang menghantarkan Elon Musk ke kursi CEO dikarenakan ia telah menyumbangkan sebagian besar dana di masa awal perusahaan ini berkembang.  Lalu, ke mana Martin Eberhard dan Marc Tarpenning? Keduanya mundur dari perusahaan di tahun yang sama karena permintaan jajaran direksi. Nah, sampai saat ini mobil listrik Tesla yang telah diluncurkan ialah:

  • Tesla Model S,
  • Tesla Model X,
  • Tesla model 3, dan
  • Tesla Semi.

Adapun beberapa artis Indonesia yang udah punya Tesla dan bisa Lo kepoin lebih lanjut, yaitu Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, Bambang Soesatyo, Ahmad Sahroni, dan Dian Sastrowardoyo.

Itu dia empat perusahan teknologi terbesar yang bisa Lo ketahui dan menginspirasi, Move Creators! Kalau dari keempat tech giants ini, mana yang jadi favorit Lo, nih, MOVE Creators?

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS