Tips Memilih Tempat Liburan Buat Lo yang Suka Ngonten, Lakuin Ini Dulu!

March, 04 2021

Bikin konten nggak hanya bisa Lo lakuin di dalam ruangan atau lingkungan sekitar. Lo juga bisa cari tempat yang lebih jauh buat jadi lokasi konten. Hal ini bisa bikin konten Lo makin seru dan Lo sendiri nggak bosen buat ngonten. Sebelum ngelakuin itu, ada beberapa hal yang perlu Lo lakuin. Artikel ini bakal bahas tips yang bisa jadi konsiderasi dan pastinya bakal berguna buat Move Creators yang mau ngonten sambil liburan

 

1. Tentukan Tujuan Saat Berlibur

 

Sebelum bikin perencanaan teknis, Lo mesti tau tujuan ngelakuin perjalanan ini. Kalo tujuannya udah jelas, Lo bisa menyesuaikan lokasi, budget, akses, barang bawaan, dan lain-lain. Move Creators bisa mulai dengan pertimbangin kegiatan yang bakal dilakuin serta manfaat dan pengalaman yang bakal didapetin. Misalnya, Lo mau hunting foto atau dapet pengalaman buat ditulis. Berarti Lo harus pertimbangin untuk bawa ransel yang ada tempat buat taruh kamera atau laptop. Jangan lupa juga buat pikirin cara biar Lo nggak ribet bawa barang kebutuhan. Manfaat dan pengalaman perjalanan yang bakal Lo dapet juga harus dipertimbangin. Biar semua yang dikeluarin sesuai dengan yang Lo dapetin.

 

Buat bantuin perencanaan yang sesuai tujuan, Lo bisa pakai beberapa aplikasi berikut:

  • Google Trip

Selama perjalanan, perlu banget bikin itinerary. Aplikasi ini bakal secara otomatis mendeteksi rencanan perjalanan Lo, mulai dari tiket konfirmasi pemesanan pesawat yang langsung masuk ke gmail. Google Trip punya fitur Day Plans dan Things To Do yang terhubung dengan Google Maps. Dengan fitur itu, Lo bisa buat perencanaan kegiatan dan destinasi wisata yang bakal Lo datengin.

  • Pack Point

Terkadang, ada aja barang penting yang lupa dibawa. Aplikasi ini bisa bantuin Lo bikin daftar barang bawaan yang sesuai dengan jenis perjalanan dan kota tujuan.

 

2. Memperkirakan Jarak dan Akses

 

Setelah tau tujuan perjalanan, sekarang Lo bisa bikin perencanaan jarak dan akses yang akan ditempuh selama liburan. Memperkirakan jarak dan akses penting banget, loh, Move Creators! Hal ini bakal jadi pertimbangan Lo nentuin budget. Tenang aja, Lo bisa minta bantuan ke aplikasi berikut:

  • Hopper

Aplikasi ini bisa mantau pergerakan harga tiket pesawat sebelum kasih tau waktu liburan yang pas dengan harga terjangkau. Mereka punya fitur Watch A Trip buat masukin lokasi tujuan. Setelah itu, Hopper akan kasih notifikasi kalo ada tiket murah. Canggih banget!

  • Rome2Rio

Nggak hanya tiket pesawat, Rome2Rio bisa liat pergerakan tiket dengan banyak pilihan transportasi. Dengan bandingin semua alternatif transportasi, Lo bisa bikin perencanaan budget dengan lebih gampang. Rome2Rio juga bisa kasih saran dan rekomendasi rute jalur darat, loh!

 

3. Pertimbangkan Cuaca dan Kultur Daerah yang Ingin dikunjungi

 

Cari tau tentang cuaca dan budaya di daerah tujuan juga perlu dilakuin nih, Move Creators! Hal ini bisa dengan mudah Lo dapetin lewat google. Setelah tau cuaca dan budaya masyarakat di daerah tujuan, Lo perlu bikin Do’s and Dont’s selama berada di sana. Jadi, Lo bisa sesuaikan diri dan sikap ketika berada di tengah budaya yang beda. Buat cari tau keadaan cuaca, Lo bisa download aplikasi Info BMKG lewat App Store atau Play Store. Aplikasi resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia ini bisa memprediksi cuaca di seluruh Indonesia dengan akurat. Nggak cuma itu, aplikasi ini juga bisa kasih informasi tentang ketinggian gelombang pantai dan aktivitas tektonik. Kalo ada gempa bumi, aplikasi ini bakal kasih notifikasi. Wah, perjalanan Lo bisa lebih aman pakai aplikasi ini. Jangan lupa juga bawa barang dan pakaian yang sesuai cuacanya yaa!

 

4. Sesuaikan dengan Budget

 

Langkah terakhir yang harus dilakuin adalah menyesuaikan budget. Semua perencanaan, kayak destinasi wisata, transportasi, makanan, dan lain-lain, harus banget sesuai kantong. Kalo budget belom ada, Move Creators bisa mulai dengan nabung. Pokoknya, hitung dengan cermat yaa, apa aja keperluan Lo. Jangan sampai perencanaan lebih banyak daripada budget yang Lo punya. Nggak mau kan uang habis pas lagi ada di lingkungan asing? Kalo udah nentuin destinasi liburan, Lo bisa pakai dua aplikasi ini buat menyesuaikan budget:

  • Trabee Pocket: Travel Expense
  • Travel Expense

Keduanya bisa bantu Lo pantau biaya yang dikeluarin selama liburan dengan lebih gampang. Jadi, bisa terhindar dari overbudget deh!

 

Bikin konten di lingkungan yang beda memang menarik banget tapi banyak juga hal yang perlu dipertimbangin. Dengan ngikutin tips di atas dan pakai aplikasi yang udah direkomendasi, dijamin, perjalanan Lo akan lancar dan aman. Setelah baca artikel ini, Move Creators udah kepikiran buat liburan ke mana nih? Boleh dong kasih tau di kolom komentar! Selain jalan-jalan, hiburan yang bisa dijadiin konten adalah games. Yuk, cari tau manfaat main game di artikel Movements.id!

 

 

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators