Spotify Wrapped 2020: Chart Musik Teratas & Cara Buatnya

January, 14 2021

Di penghujung tahun ini, rasanya kurang pas kalau belum kilas balik apa aja yang udah kita lakuin selama satu tahun terakhir. Termasuk, lagu-lagu yang udah Lo dengerin selama satu tahun terakhir! Spotify Wrapped adalah fitur tahunan dari Spotify yang rutin dikeluarkan setiap penghujung tahun. Ibarat rapor tahunan, Spotify Wrapped akan melakukan kilas balik terhadap aktivitas kita di Spotify selama satu tahun terakhir. Mulai dari lagu yang paling sering didengar, berapa lama total waktu yang Lo habiskan untuk mendengarkan Spotify selama satu tahun, hingga total artists baru yang Lo temukan di tahun ini, semuanya lengkap.

 

Selain melakukan kilas balik secara personal terhadap setiap penggunanya, Spotify Wrapped 2020 juga mengeluarkan Chart Global dan Chart Indonesia yang bisa Lo simak di bawah ini!

 

 

Chart Global

2020 emang tahun yang gak biasa. Pandemi yang melanda bikin kita dipaksa di rumah, dan berinteraksi lewat dunia maya. Di antara banyak kegiatan yang kita lakukan itulah, lagu dan podcast banyak mendampingi kita, yang salah satunya didengarkan melalui Spotify. Spotify Wrapped 2020 merangkum banyak kilas balik terhadap apa yang dunia dengarkan sepanjang tahun 2020. Nah, ini dia  Chart Global tahun 2020 yang mesti Lo tau!

  • Bad Bunny, rapper asal Puerto Rico jadi musisi yang paling sering didengar sepanjang tahun 2020. Spotify Wrapped 2020 merangkum bahwa ada lebih dari 8,3 miliar streaming tahun ini dari penggemar di seluruh dunia. Peringkat kedua ditempati oleh Drake, kemudian J Balvin di peringkat ketiga, Juice WRLD pada peringkat keempat, dan The Weeknd yang menempati peringkat kelima
  • Lagu yang paling banyak diputar di tahun 2020 ditempati oleh “Blinding Lights'' milik The Weeknd. Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Kanada ini disusul dengan “Dance Monkey” oleh Tones and I di peringkat ketiga dan “The Box'' oleh Roddy Ricch. Peringkat keempat dan kelima berturut-turut ditempati oleh lagu “Roses – Imanbek Remix” oleh Imanbek and SAINT JHN, dan “Don’t Start Now” yang dinyanyikan Dua Lipa
  • Pada klasifikasi album, “YHLQMDLG” oleh Bad Bunny menjadi yang paling banyak didengarkan dengan total lebih 3,3 miliar streaming, diikuti oleh “After Hours” milik The Weeknd dan “Bleeding” yang dibawakan oleh Post Malone.
  • Di bagian Podcast sendiri, The Joe Rogan Experience menempati peringkat pertama podcast paling populer sepanjang tahun 2020, yang diikuti oleh TED Talks Daily dan The Daily.

 

Nah, itu dia daftar musisi dan podcast yang paling sering di dengar di dunia sepanjang tahun 2020. Gimana? Musisi atau podcast favorit Lo ada gak, di atas? Kalo belum, mungkin Lo lebih suka lagu atau podcast karya lokal. Berikut musik dan podcast yang paling sering di dengar di Chart Indonesia!

 

 

Chart Indonesia

Bisa dibilang, musik lokal Indonesia memang terus berkembang. Setiap harinya, banyak musisi lokal berbakat baru yang mengeluarkan lagu, dalam bermacam genre. Dalam Chart Indonesia sendiri, Spotify Wrapped List 2020 mencatat Pamungkas sebagai artis lokal yang lagunya paling banyak diputar di Indonesia. Serupa dengan artis lokal yang paling sering didengar, album “Walk The Talk” milik Pamungkas juga menjadi album yang paling banyak didengar di Indonesia. Nah, buat Lo yang penasaran siapa aja artis lokal yang masuk ke dalam Top Chart Indonesia, cek di sini untuk tau lebih lanjut!

  • Dalam artis lokal yang paling sering didengarkan, Pamungkas menempati peringkat pertama, disusul dengan Fiersa Besari dan Hindia di peringkat kedua dan ketiga. Selanjutnya, ada Tulus di peringkat keempat, dan penyanyi R&B Indonesia legendaris, Glenn Fredly pada peringkat kelima
  • Pada klasifikasi lagu yang paling banyak didengar, lagu milik Petrus Mahendra atau lebih dikenal dengan Mahen yang berjudul “Pura Pura Lupa” menjadi lagu yang paling banyak didengar sepanjang tahun 2020. Selanjutnya, “Secukupnya” yang dibawakan oleh Hindia menempati peringkat kedua, disusul dengan “One Only” oleh Pamungkas di peringkat ketiga. “Lebih Dari Egok” oleh Mawar De Jongh dan “Waktu Yang Salah” oleh Fiersa Besari kemudian menempati peringkat keempat dan kelima berturut turut
  • Meskipun Spotify Wrapped 2020 tidak menampilkan khusus album lokal yang paling banyak didengar sepanjang tahun 2020, namun, peringkat pertama tetap ditempati oleh musisi lokal, #MOVECreators! Pada peringkat pertama, album “Walk the Talk” milik Pamungkas menjadi album yang paling sering didengar oleh pengguna Spotify Indonesia. Kemudian, ada “Menari Dengan Bayangan”, album pertama Hindia yang rilis tahun 2019. Pada peringkat ketiga, album “MAP OF THE SOUL:7” milik boyband asal Korea, BTS menjadi yang paling sering didengar oleh masyarakat Indonesia. Peringkat keempat dan kelima kemudian ditempati oleh Andmesh dengan albumnya “Cinta Luar Biasa” dan “Divinely Uninspired To A Hellish Extent” milik Lewis Capaldi

 

 

Cara Membuat Chart Versi Lo

Selain menyediakan informasi apa yang paling sering didengarkan oleh seluruh pengguna di dunia dan Indonesia, Spotify Wrapped 2020 juga menyediakan kilas balik khusus untuk pengguna secara personal. Dengan melakukan kilas balik di Spotify Wrapped 2020, Lo bisa mengetahui lagu apa yang paling sering Lo dengar, hingga total waktu yang Lo habiskan untuk mendengarkan hiburan yang disediakan oleh Spotify selama satu tahun. Buat Lo yang penasaran, ini dia cara untuk melihat kilas balik Spotify Wrapped 2020:

  • Pertama, pastikan Lo sudah men-download aplikasi Spotify versi paling baru
  • Kedua, login dengan username dan password yang Lo gunakan saat pertama kali mendaftar
  • Klik pilihan “Your Wrapped 2020” di halaman utama
  • Kalau pilihan tersebut gak ada, Lo bisa pilih kolom “Search” dan scroll ke bawah sampai menemukan menu “Wrapped 2020”

Itu dia cara membuat melihat kilas balik versi Lo. Kalau pilihan “Your Wrapped 2020” belum muncul juga, Lo bisa langsung klik laman 2020.byspotify.com/id di browser Lo dan ikutin step-nya.

 

 

Cara Share ke Medsos

Setelah Lo bisa melihat kilas balik Spotify Wrapped 2020, Lo juga bisa share hasil kilas balik tersebut langsung ke media sosial yang Lo punya. Nah, begini caranya:

  • Setelah berhasil mengakses Spotify Wrapped 2020, Lo akan disajikan insights dalam bentuk slide yang juga menyerupai fitur story di Instagram
  • Klik pilihan “Share This Story” di bagian bawah slide yang ingin Lo share ke media sosial
  • Lo bisa membagikan hasil Spotify Wrapped 2020 Lo ke Instagram Stories, Facebook, hingga Snapchat

 

Gimana? Gampang kan, share hasil Spotify Wrapped 2020 ke media sosial Lo? Langsung aja cobain kalo Lo penasaran, lagu apa sih yang paling sering Lo dengerin sepanjang tahun ini, dan lainnya!

 

Lo bisa cek artikel lainnya seputar Technology, Music, Lifestyle dan Gaming di MyMovement.id untuk nambah insights Lo! Jangan lupa juga cek Creators of The Month untuk tulisan dari Move Creators yang sudah kita kurasi, ya!

 

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators