Deretan Super Komputer Paling Canggih

September, 16 2020

Cepat tidaknya suatu pekerjaan terselesaikan dilihat dari kinerja komputer yang ditentukan oleh spesifikasi dan kecanggihan pada fungsi komponen komputer tersebut. Oleh karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan komputer yang bisa membantumu menyelesaikan hal-hal dengan lekas dan kecepatan optimal. Berikut deretan super komputer paling canggih yang patut kamu ketahui!

1. Quantum (Google)

Quantum adalah super komputer paling canggih yang pernah diciptakan oleh raksasa teknologi Google. Google menyatakan bahwa Quantum adalah komputer yang paling hebat di dunia, karena bisa menyelesaikan masalah-masalah matematik atau komputasi yang tadinya mustahil diselesaikan. Hmm berlebihan ga ya Google? Nyatanya, Quantum bisa menyelesaikan sebuah permasalahan komputasi yang kompleks dalam waktu 200 detik. Padahal komputer biasa akan memakan waktu selama 10.000 tahun untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Kelebihan dari komputer ini, yaitu:

  • Satu-satunya komputer yang memakai prinsip fisika kuantum
  • Terdapat install fasilitas NASA (National Aeronautics and Space Administration
  • Menggunakan qubit/qubit (Quantum Bit)

Jadi bitrate atau kecepatan memproses informasi Google Quantum menggunakan hitungan qubit/qbit tidak seperti komputer biasa yang menggunakan perhitungan bit yang pastinya lebih cepat, karena kecanggihannya.

2. Sequoia (IBM)

Sequoia adalah super komputer paling canggih yang pernah dibuat IBM (International Business Machine Corporation), sebuah perusahaan terkenal yang bergerak di bidang komputer dan teknologi. Super komputer ini mampu menjalankan operasi secepat petaflop. Sebagai perbandingan PS5 yang akan keluar pada akhir tahun 2020 saja, hanya mampu menjalankan proses teraflop, masih jauh di bawah petaflop. Kebayang kan seberapa canggih super komputer dari IBM ini. Selain itu, ada beberapa keunggulan dari Sequoia ini, yaitu:

  • Memiliki 1.572.864 core yang efisien untuk performa maksimal
  • Rmax 17.173,2 TFlop/s jadi lebih cepat memproses program
  • Mempunyai performa tinggi, tetapi tetap efisien, memakai tenaga yang rendah

Jadi bisa dikatakan super komputer Sequoia ini memiliki performa yang tinggi dan mampu mengoperasikan program dengan sangat cepat, tetapi tetap efisien. Tidak heran kalau Sequoia pernah menjadi super komputer terbaik di tahun 2012.

3. K Computer (Fujitsu)

K Computer adalah super komputer paling canggih sampai dikalahkan oleh Sequoia dan kemudian Quantum.  K Computer dibangun oleh perusahaan raksasa Fujitsu di Kampus RIKEN Advanced Institute for Computational Science tepatnya di prefektur Kobe, Jepang. Pada Juni 2011, K memuncaki TOP500 sebagai super komputer tercepat dengan kecepatan 8 petaflop dan pada bulan November di tahun yang sama K mencapai kecepatan 10 petaflop. K memiliki spesifikasi yang seperti ini:

  • Menggunakan prosesor jenis SPARC64 VIIIfx 2.0 GHz 8-core sejumlah 68.544 unit penempatan yang berlokasi di 672 lemari penyimpanan.
  • Mempunyai kapasitas memori 16 GB/tiap prosesornya
  • Memiliki tingkat kecepatan dapat mencapai 10 petaflops atau mencapai 93% tingkat efisiensi

Begitulah spesifikasi K computer yang sempat menjadikannya super komputer paling canggih sampai digeser oleh Sequoia pada tahun 2012. Rumornya Fujitsu sedang mempersiapkan K yang baru dan akan menjadi yang terdahsyat pada 2021 nanti. Ya kita nantikan saja ya.

4. Sunway TaihuLight (Tiongkok)

Sunway Taihulight adalah super komputer paling canggih yang dibuat oleh pemerintahan Tiongkok dan menempati urutan ketiga di TOP500 pada November 2018 silam. Sunway Taihulight memiliki kecepatan 93 petaflop setelah diukur oleh LINPACK benchmark. Sebenarnya Sunway Taihulight sempat menjadi komputer tercepat pada 2016 sampai pada akhirnya kalah oleh super komputer rakitan IBM, Summit, pada tahun 2018. Meskipun begitu kecanggihan Sunway Taihulight tidak bisa diremehkan. Adapun spesifikasinya, yaitu seperti ini:

  • Mempunyai tingkat kecepatan mencapai 2000 triliun terhadap kalkulasi per detiknya.
  • Memiliki Sunway SW26010 dan Sunway MPP yang dibuat oleh NRCPC (National Research Center of Parallel Computer Engineering and Technology).
  • Memiliki 10.649.600 core, Rmax sejumlah 93.014,6 TFlop/s, Rpeak 125.435.9 TFlop/s dan menggunakan 15.371 kW daya.

Dengan mudahnya Lo bisa bilang komputer ini jauh lebih canggih dibandingkan K dan Sequoia, walaupun masih kalah kalau dibandingkan dengan Quantum sih. Hebatnya lagi semua komponen dan prosesor super komputer ini, dibuat di Tiongkok loh! Hebat banget ya.

 

Nah itu dia Move Creators super komputer paling canggih di dunia yang pastinya membuat Lo tercengang. Coba bayangin kalo lo punya satu di antara beberapa super komputer di atas. Pasti ga perlu lagi tuh nunggu pas lagi rendering video konten Lo. Bisa-bisa video 1 jam bisa dirender dalam waktu 1 detik aja. Kalau Lo suka dengan artikel teknologi kayak gini, cek juga ya artikel kami mengenai perkembangan teknologi iPhone

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators