Sejarah Game RPG Final Fantasy, yang Bikin Lo Pengen Main!

January, 14 2021

Game yang berbasis RPG (Role-Playing Game) emang bisa bikin kita lupa waktu, bahkan realita. Bermain jadi karakter di dunia fantasi melawan monster dan mengendalikan naga pasti bikin Lo berkhayal dan imaginatif kan? Nah untuk game tipe kayak gini, Final Fantasy udah pasti juaranya. Baca artikel ini sampe abis untuk tau sejarah game RPG Final Fantasy yang pastinya bikin Lo kagum dan jadi mau mainin game ini buat konten di channel Lo!

 

 

1. Sejarah singkat Final Fantasy

Sejarah game Final Fantasy pertama dimulai pada peluncuran game pertamanya di Jepang pada 18 Desember 1987. Dibantu oleh Square Enix, Hironobu Sakaguchi berhasil menembus pasar game console Jepang dan juga Amerika Serikat, Eropa, dan juga Australia. Sejak saat itu, Final Fantasy menjadi game franchise yang tidak bisa dilewatkan sampai hari ini. Ada beberapa alasan kenapa Final Fantasy begitu populer, yaitu:

  • Punya jalan cerita yang kuat
  • Didukung sama BGM (Background Music) yang nempel catchy
  • Punya yang bagus banget di zamannya
  • Waktu itu, genre game seperti ini masih jarang banget. Final Fantasy bisa dibilang jadi pionirnya.

Yah, alasan besarnya sih emang Final Fantasy muncul di saat game waktu itu masih belum menyentuh genre RPG ini. Waktu itu, juga pasar game di dunia sedang digilai oleh Nintendo sebagai salah satu console populer pertama. Karena itulah setiap rumah yang memiliki Nintendo, pasti memiliki game Final Fantasy ini. Mungkin Lo juga begitu, ya? Tapi kalo Final Fantasy ga punya kualitas yang bagus, pasti ga bakal sesukses itu juga sih.

 

 

2. Grafis dan Detail

Kualitas grafis dan detail di dalam game menjadi pendukung kesuksesan game Final Fantasy ini. Walaupun seri pada Nintendo Entertainment System (NES) tidak memiliki grafis yang bagus, tetapi lumayan memiliki detail yang cukup kuat. Lo bisa menentukan karakter, menamainya, memilih job, dan memilih senjata apa yang dipakai. Terdengar kayak game RPG biasa ya? Tapi jangan salah, Final Fantasy itu trendsetter dari genre ini. Jadi kalo ga ada Final Fantasy, game RPG yang sekarang itu ga akan kayak gini. Untuk ngeliat perkembangan grafis dari game Final Fantasy, coba liat list di bawah ini:

  • Final Fantasy I - VI ngegunain view dari samping dengan grafis sederhana untuk support hardware NES, yaitu 26 pixel dengan 6 FPS.
  • Final Fantasy VII adalah seri pertama yang ngegunain grafis 3D, karena dibuat untuk console Playstation yang lebih canggih dari NES. Begitu juga dengan Final Fantasy VIII dan IX, hanya lebih canggih sedikit di sisi background.
  • Final Fantasy X - XII dibuat untuk console Playstation 2 memiliki grafis yang lebih dinamis lagi. Ga hanya punya background 3D tapi hampir seluruh environment di game dibuat dengan grafis 3D. Karena itu juga Lo udah bisa putar kameranya sesuai kebutuhan Lo.
  • Final Fantasy XIII dan XIV tentu lebih canggih, selain grafis yang lebih halus, Final Fantasy ini juga udah mulai nge-render hal-hal seperti cuaca atau kain yang digunakan jadi keliatan lebih natural. Mungkin kedengeran ga terlalu penting, tapi percaya deh semakin detail pasti akan ningkatin experience main game Lo.

Final Fantasy XV dan Final Fantasy VII Remake yang ada di PS4, bahkan bisa dimainkan dengan grafis 4K dengan 60 fps, jadi bikin penasaran kan sama Final fantasy XVI yang akan rilis di PS5 tahun 2021! Pasti akan lebih realistis lagi deh.

 

 

3. Kualitas Engine dan Desain Karakter

Kalian pasti setuju kan kalo grafis yang bagus aja ga cukup, tapi harus punya desain karakter yang oke banget dan tentu aja gameplay yang. Oke kita bahas gameplay dulu ya. Mungkin kita akan bahas dari gameplay. Gameplay yang bagus itu akan ditentuin sama engine yang dipake. Contohnya adalah Final Fantasy 7 Remake yang baru aja keluar di tahun 2020. Game Final Fantasy 7 yang asli emang dibuat untuk memaksimalin Playstation, karena itu dulu yang paling canggih. Nah, pas bikin remake-nya ga mungkin pake engine game yang sama, karena ga mungkin nandingin kecanggihan game-game zaman sekarang. Oleh karena itu, Final Fantasy 7 Remake make engine canggih untuk PS5 yaitu Unreal Engine. Hasilnya, coba sendiri. Lo akan kaget ngeliat seberapa “hidupnya” Cloud Strife! Selain itu, karakter Final Fantasy emang keren-keren banget. Sekali liat langsung tau kalo ini dari Final Fantasy. Saking kerennya beberapa karakter ini pernah muncul di game lain, seperti:

  • Cloud Strife - Pernah muncul di Kingdom Hearts, Monster Strike, Super Smash Bros., dan beberapa game lainnya.
  • Squall Leonhart - Pernah muncul di Kingdom Hearts, Itadaki Street, dan Puzzle 7 Dragons.
  • Noctis Lucis Caelum - Pernah muncul di the Alchemist Code, Tekken 7, Minecraft, Terra Battle, dan beberapa game lainnya.

Pakaian serba gelap dengan pedang besar udah jadi trademark karakter utama Final Fantasy! Dan susah banget untuk ga suka sama karakter-karakter ini. Siapa karakter Final Fantasy favorit Move Creators?

 

 

4. Variasi Game Sampai Saat Ini

Udah jelas kalo Final Fantasy ini emang udah jadi franchise yang sukses banget, dan bahkan salah satu yang terbesar di genre-nya. Buktinya, sampai tahun 2019 aja Final Fantasy ini udah ngehasilin sekitar 10 miliar dolar (sekitar 141 Triliun rupiah) cuma sedikit di bawah Minecraft. Dan game Final Fantasy ini udah dirilis sebanyak 15 serial (di luar remake dan spin-off) untuk berbagai macam macam platform, seperti:

  • Nintendo Entertainment System (NES)
  • Famicom
  • Super Nintendo Entertainment System (SNES)
  • Semua generasi Playstation
  • XBox 360 dan XBox Series X

Bahkan, di zaman sekarang karena beberapa console sudah susah didapat, akhirnya Square Enix merilisnya di Android dan juga iOS. Jadi, pemain baru bisa ngikutin serialnya dari awal. Rumor terbaru adalah akan ada serial terbaru dari game ini di 2021, yaitu Final Fantasy XVI. Kita nantiin aja gimana kecanggihan yang akan ada dari Final Fantasy.

 

Gimana Move Creators, pasti Lo yang udah mainin kerasa sedikit nostalgia kan? Langsung aja download dan mainin di handphone Android atau iOS Lo. Itu dia sejarah game Final Fantasy, sebuah game yang ngebentuk genre RPG, tapi masih eksis sampe zaman sekarang. Jadi, Lo harus rasain game ini di console terbaru. Kalo Lo mau tau kenapa harus upgrade PS5, coba baca artikel lainnya dari kita. Baca dulu sebelum Lo beli ya!

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators