4 Kacamata VR Terbaik Tahun 2020, Siapa Mau?

November, 23 2020

Pesatnya perkembangan teknologi VR ga bisa dilepasin dari maraknya keberadaan produk kacamatanya yang saat ini kebanyakan digunakan untuk bermain game. Buat Lo yang tertarik buat milikin teknologi mutakhir ini, Artikel ini bakalan kasih rekomendasi Kacamata VR Terbaik 2020 versi MyMOVEment. Simak, ya!

 

Nintendo Labo VR Kit

Nintendo pasti ga mau ketinggalan untuk bikin kacamata VR terbaik tahun 2020! Nih, kenalin dulu Nintendo Labo Kit VR. Sebelumnya, Lo harus tau kalo Nintendo Labo ini ada 4 seri, yaitu Variety Kit, Robot Kit, Vehicle Kit, dan juga VR kit. Labo ini adalah kit/perlengkapan tambahan yang bikin main Nintendo Switch makin asik. Tapi kali ini, kita akan khusus ngebahas VR kit-nya aja. Sekilas Labo VR Kit ini mirip dengan Google Cardboard yang masukin device langsung ke VR-nya, tanpa ngegunain bluetooth. Tapi VR ini juga dilengkapin sama alat-alat lain, yaitu:

  • Toy-Con Camera - Lo bisa bentuk Labo ini jadi kamera yang bisa digunain di game.

  • Toy-Con Blaster - Main shooting game semakin seru dengan VR dan juga senapan dari Labo ini

  • Toy-Con Elephant - Lo bisa bikin gambar/doodle pake pake Toy-Con Elephant ini. 

  • Toy-Con Bird - Main VR dan jadi burung? Lo bisa lakuin dengan pake Nintendo VR ini!

  • Toy-Con Wind Pedal - Emang mainan dari Nintendo Labo VR ini unik-unik, salah satunya yang bentuknya kayak pedal ini.

Mungkin salah satu kelemahan dari Nintendo Labo VR Kit ini ga punya strap/tali untuk ikat vR ke kepala kayak VR lainnya, tetapi katanya itu karena Nintendo mikirin kesehatan pemainnya. Tapi dengan pilihan variasi VR sebanyak ini pasti bikin Lo tertarik kan? Lo bisa dapetin bundle dengan harga $79 (sekitar 1,1 juta rupiah). Hm, dengan harga segitu, kayaknya patut untuk dicoba. Lo juga bisa mainin game-game original Nintendo Switch, seperti Mario Bros., Zelda, sampai Mario Kart.

    

Sony PlayStation VR

Kalian pasti udah ga asing lagi kan sama console Playstation 4? Nah, gimana kalo main PS4 pake VR? Playstation juga ngeluarin VR mereka sendiri yang bernama PSVR. Sejauh ini, cuma Playstation yang ngembangin VR secara serius (Nintendo Switch bukan full-console). Coba kita cek dulu fitur-fiturnya di bawah ini:

  • Penglihatan 360 derajat

  • 3D audio dan built-in mic

  • Layar OLED 

  • 120 fps 

Kalo ngeliat dari fitur-fitur itu, PSVR bakal bikin experience yang cukup beda sama main PS4 biasa dan bahkan bisa jadi kacamata VR terbaik tahun 2020. Dan tambahannya, Sony juga ngerilis game khusus untuk dimainin di VR, seperti Iron Man, Resident Evil, Space Junkie, L.A. Noire, dan masih banyak lagi. Untuk harganya juga ga begitu mahal dibanding VR set lainnya. Lo bisa dapetin paket bundle headset VR, controller, dan kamera VR dengan harga 5 juta-an. Coba dan bandingin main PSVR ini dengan main PS biasa.

    

Oculus Rift S

Revolusi VR di dunia game dimulai sama Oculus ini nih. Nah, sekarang ini mereka coba berkompetisi untuk jadi kacamata VR terbaik tahun 2020 dengan Oculus Rift S ini. Dibandingkan dengan Oculus yang original, Oculus Rift S ini mempunyai fitur:

  • Punya layar dengan resolusi lebih besar, yaitu 2560x1440 dengan refresh rate 80Hz

  • Ngegunain controller baru yaitu “Touch” yang lebih adaptif sama dunia VR

  • Pake sensor sistem baru bernama Oculus Insight yang bisa ngebaca dunia VR lebih detil

Emang kalo dibandingin sama Oculus Rift sebelumnya, Oculus Rift S ini punya refresh rate lebih rendah, tapi sebagai gantinya dia punya resolusi yang lebih bagus. Selain itu, sensor baru dan controller barunya juga bikin main lebih asik. Jangan lupa pastiin untuk ruangan sekitar Lo sebelum main. Karena VR ini butuh ruang yang cukup, biar ga nabrak pas main. Lo bisa dapetin Oculus Rift S ini dengan harga $399 (sekitar 5,6 juta rupiah).

 

HTC Vive Cosmos

Yang terakhir tapi ga kalah canggih, kita akan ngebahas HTC Vive Cosmos. Bisa dibilang HTC Vive Cosmos ini emang saingan kuat Oculus Rift S untuk jadi kacamata VR terbaik tahun 2020. Tapi dengan harga $700 (sekitar 10 juta), apa Vive Cosmos ini sesuai sama harganya? Sebelum itu coba kita liat spesifikasinya, yaitu:

  • 3D spatial audio

  • Resolusi 2880x1700 dengan refresh rate 90Hz

  • Head tracking untuk monitor gerakan dan keadaan di sekitar Lo

Kalo diliat-liat dari spesifikasi ini sih, perbedaannya ga jauh. Mungkin resolusi layarnya lebih besar dan punya sensor gerakan yang (sedikit) lebih bagus dari Oculus Rift S. Tapi, masih belum menjadi alasan HTC Vive Cosmos ini dua kali lipat lebih mahal dibandingin pesaingnya. Tapi kalo Lo nyari alternatif kacamata VR dan punya budget yang cukup banyak, Lo bisa banget cobain HTC Vive Cosmos dan kasih tau ke kita, kenapa ini lebih mahal.

 

Itu dia 4 kacamata VR terbaik di tahun 2020 ini. Perkembangan VR masih terus berlanjut lho, tapi Lo tau sejarahnya? Coba cek dulu artikel MyMOVEment.id tentang sejarah perkembangan VR dari dulu, hingga sekarang dan prediksinya di masa depan

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS