4 Kelebihan Mobil Listrik Tesla Dibanding Mobil Lain

January, 08 2021

Trend mobil listrik emang lagi tinggi-tingginya, karena selain canggih mobil ini pastinya ramah lingkungan. Tapi, ga semua mobil listrik menuhin standar kita. Nah, ga lengkap sih kalo kita ngomongin mobil listrik tanpa ngomongin Tesla. Apa sih kelebihan mobil listrik Tesla dibanding mobil listrik lainnya? Yuk, baca sampai abis ya!

 

1. Baterai Yang Lebih Tahan Lama

 

Masalah utama yang kita takutin pas punya mobil elektrik ini, yaitu kehabisan daya baterai pas lagi di jalan. Maklum sih, karena semua mobil listrik ini pake baterai dan belum banyak stasiun untuk ngisi baterai ini. Ga kayak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada setiap satu km. Untuk ngakalin ini, Tesla ngebuat kapasitas baterainya efisien dan tahan lama banget. Kalo ga percaya coba liat tes baterai yang udah dilakuin sama Tesla:
  • Baterai Tesla udah didesain untuk bertahan sampai 1,6 juta Km
  • Sekali nge-charge bisa nempuh jarak 827 Km dengan kecepatan rata-rata 72 Km/h
Ini berdasarkan data tahun 2020 yang dikasih Tesla ya. Dengan ini juga Tesla berhasil ninggalin jauh kompetitornya. Mobil listrik biasa cuma mampu nempuh jarak 250 Km sampai 450 Km. Tesla hampir dua kali lipatnya lho! Jadi aman banget kan pake Tesla, ga perlu takut mogok di jalan, karena baterai abis.
 
 

2. Branding yang bagus

 

Mau sebagus apapun Tesla kalo branding-nya ga bagus pasti ga akan selaku itu sih. Ya selain produknya emang bagus, tentu produk ini juga butuh pemasaran kan? Nah disitulah sistem branding ini bekerja. Udah gitu, Tesla juga punya spokesperson yang nyentrik dan super populer, yaitu Elon Musk. Selain Elon, banyak juga brand atau merek yang sukses, karena punya orang yang terkenal, contoh:
  • Steve Jobs di Apple
  • Bill Gates di Microsoft
  • Dr. Dre di Beats Electronic
Selain itu Tesla juga punya image yang bagus banget di mata publik. Sebelum Tesla mobil listrik dinilai tidak praktis, karena terlihat tidak tahan lama, mempunyai desain yang kurang bagus, dan lamban. Tesla mengubah image mobil listrik selamanya sebagai mobil masa depan yang super canggih dan berkecepatan tinggi, bahkan Tesla sudah membuat Supercar-nya sendiri. Ini menjadi salah satu kelebihan mobil listrik Tesla.
 
 

3. AI Tesla yang Pinter Banget

 
Tesla disebut mobil yang canggih juga bukan hanya julukan keren doang nih. Tesla juga salah satu pelopor kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) untuk mobil listrik. Malu dong kalo engga gitu, karena pemiliknya Elon Musk kan salah satu pelopor besar di bidang teknologi yang juga bikin SpaceX, sebuah roket untuk terbang ke Mars. Tesla udah ngembangin Autopilot, artinya bisa bergerak sendiri tanpa ada yang nyetir. Ini bakal nampar Google banget, yang udah ngembangin teknologi ini dari beberapa tahun yang lalu, tapi sampai sekarang masih belum ada kejelasannya. Gimana sih teknologinya bekerja? Coba lihat di bawah ini:
  • Tesla bakal make sensor yang bisa ngebaca sampai radius 100 m untuk ngebaca objek yang ada di sekeliling mobil
  • Ngegunain Tesla Vision, sebuah kamera yang bakal ngebantu sensor mobil lebih akurat lagi
  • Ngegunain sistem navigasi yang bisa ngebaca pemetaan secara 2D atau 3D, jadi Lo ga nyasar
Jadi intinya Tesla ini bisa dikendarain tanpa si supir ga ngelakuin apa-apa. Tapi tetep ada sistem keamanannya. Tesla nambahin sistem rem darurat kalo terjadi apa-apa. Dan kabar baiknya, fitur Autopilot ini udah mulai bisa digunain mulai dari awal tahun 2021, dengan ngebayar langganan sebesar $10.000 (sekitar 142 juta rupiah). Bisa jadi salah satu kelebihan mobil listrik Tesla lainnya, kan?
 
 

4. Software-nya Update Terus!

 
Seperti halnya software komputer atau aplikasi di HP, software yang ada di mobil Tesla ini juga di-update terus. Mungkin kita jarang denger ini di mobil ya. Tapi mobil yang punya teknologi canggih juga harusnya emang punya software yang di-update berkala, biar bisa nyesuaiin sama teknologi yang terbaru. Contohnya bulan Juli 2020 kemarin aja Tesla punya 7 software update baru, yaitu:
  • Improved traffic light and stop sign control
  • Backup camera improvements
  • Dashcam viewer improvements
  • Walkaway door lock improvements
  • TuneIn improvements
  • New language support
  • Cabin camera
Semua update ini pastinya bakal ningkatin kenyamanan dan juga experience dari pengguna Tesla. Dan ini juga jadi salah satu kelebihan mobil listrik Tesla, karena pada mobil lain perkembangan software-nya bisa lama banget atau ga beda jauh sama software sebelumnya.
 
Itu dia 4 kelebihan mobil listrik Tesla dibanding mobil lainnya. Jadi mikir untuk beli mobil Tesla? Tenang aja karena mulai dari tahun 2020, mobil Tesla udah secara resmi dijual di Indonesia, lho. Walaupun harganya terbilang mahal, tapi kalo secanggih itu, ya jadi worth-it lah! Dan lumayan juga untuk ngurangin polusi kan? Sekarang itu zamannya tenaga yang bisa diperbarui, contohnya tenaga surya. Cek juga artikel MyMOVEment.id tentang kecanggihan teknologi panel surya ya!
#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators