4 Fakta Teknologi Panel Surya yang Belum Lo Tau!

December, 01 2020

Siapa sih yang ga tau dengan teknologi yang satu ini? Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi ini sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan bahkan banyak produk di seluruh dunia. Berikut adalah fakta-fakta yang mungkin belom Lo tau. simak, ya!

 

Pengertian Teknologi Panel Surya

Teknologi panel surya atau solar panel adalah sebuah teknologi yang mengkonversi sinar matahari (foton) menjadi listrik. Ya, mudahnya ini adalah pembangkit listrik yang menjadikan matahari sebagai sumber daya utamanya. Biasanya sih, panel surya ini dipakai di daerah terpencil yang mungkin belum mendapatkan listrik. Belum lagi permintaan listrik yang bertambah setiap tahunnya. Menurut WWF (World Wide Fund), sebuah badan yang mengurusi lingkungan dan alam, bilang kalo di Indonesia saja permintaan listrik itu bertambah 10-15% setiap tahunnya. Sedangkan, tenaga listrik yang kita pake sekarang itu bukan tenaga listrik yang bisa diperbarui dan tidak ramah lingkungan. Nah, panel surya ini bisa jadi alternatif pembangkit tenaga listrik dan punya keuntungan, seperti:

  • Merupakan tenaga listrik yang dapat diperbarui (renewable resource

  • Lebih murah karena hanya mengandalkan sinar matahari

  • Ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan emisi atau polusi sisa pembakaran

Gimana sih perkembangan teknologi panel surya ini sampai ke zaman sekarang? Baca artikelnya sampai abis ya!

 

Perkembangan Teknologi

Ternyata, perkembangan teknologi panel surya ini udah dimulai, bahkan dari tahun 1839 di Prancis. Wah, ternyata udah lama banget ya? Tapi ini baru awalnya nih, seorang ilmuwan muda yang baru berumur 19 tahun nemuin efek photovoltaic. Apa sih itu? Ya, intinya dia nemuin gimana caranya ngerubah sinar foton/matahari jadi tenaga listrik. Setelah penemuan ini, baru banyak perkembangan teknologi ini, yaitu:

  • Charles Fritts tahun 1883 membuat membuat panel surya pertama di New York, cuma karena masih tahap awal daya yang dikonversi masih sebesar 1-2% aja.

  • Laboratorium Bell berhasil membuat panel surya yang memiliki efektifitas 6% pada tahun 1950-an.

  • Universitas Delaware membuat gedung bertenaga panel surya pertama yang bernama Solar One pada 1973.

Setelah Solar One ini rilis, antusias masyarakat tentang tenaga matahari ini meningkat dan jadi banyak investasi untuk pengembangan teknologi panel surya ini. Akhirnya banyak perkembangan yang dilakukan sampai ke masa sekarang. 

    

Fungsi dan Pemakaiannya 

Perkembangan teknologi panel surya yang semakin canggih membuat teknologi ini lebih mudah ditemukan dan pembuatannya juga semakin murah. Mungkin sangat bisa menjadi alternatif tenaga listrik, saat bahan bakar minyak makin menipis atau dalam rangka ga bikin polusi nih. Sekarang ini, Lo bisa pake panel surya untuk hal-hal, seperti:

  • Listrik tenaga surya - Setelah sinar matahari diubah menjadi tenaga listrik, kemudian daya listrik itu disimpan ke dalam baterai yang nantinya bisa Lo pergunakan.

  • Pemanas air bertenaga surya - Biasanya kalo Lo ngeliat, seperti lempengan besi di atap rumah, kemungkinan orang tersebut menggunakan panel surya untuk menghangatkan air. Bisa juga digunakan untuk menghangatkan air kolam renang untuk orang-orang yang tinggal di iklim sub-tropis.

  • Ventilasi bertenaga surya - Kalo biasanya Lo ngerasa panas di rumah pasti langsung nyalain kipas atau buka jendela. Dengan alat ini, Lo ga usah ngelakuin apa-apa, karena ventilasi ini akan membaca suhu ruangan dan akan otomatis terbuka kalo terlalu panas dalam rumah.

  • Lampu bertenaga surya - Ini bisa jadi cara buat ngirit listrik nih. Kalo hari masih siang, Lo ga perlu pake lampu kan. Nah di saat itu Lo harus nge-charge lampu Lo untuk dipakai di malam hari. Jadi waktu malam hari Lo juga ga perlu ngeluarin listrik buat lampu.

Unik dan canggih kan? Tapi ini belum semuanya Move Creators, karena teknologi panel surya masih terus dikembangkan sampai sekarang. 

    

Teknologi Revolusioner Baru-Baru Ini

Baru-baru ini, Inggris membuat klaim, kalo mereka bisa bikin panel surya yang paling efisien yang pernah ada di dunia di tahun 2021. Selama ini, panel surya menggunakan bahan silikon yang bisa mengkonversi sekitar 22% cahaya matahari menjadi listrik. Nah, penemuan bahan baru bernama perovskite bisa mencapai tingkat konversi sekitar 27,3%. Walaupun masih tahap awal dan masih banyak yang harus diperbaiki, ini merupakan terobosan yang revolusioner di teknologi panel surya. Persentase ini menentukan seberapa kuat panel surya menyimpan daya listrik yang diubah dari cahaya matahari. Jadi semakin efektif dan murah, karena ga perlu pake banyak-banyak panel surya untuk dipake jadi pembangkit listrik.


Itu dia 4 fakta teknologi panel surya yang mungkin belum Lo tau! Hm, ada kemungkinan juga nih kita akan bisa make mobil yang bertenaga teknologi panel surya. Kalo udah gitu kita akan terbebas banget dari polusi! Gimana menurut Move Creators? Canggih kan teknologi panel surya? Masih banyak juga nih yang canggih di MyMOVEment.id, salah satunya adalah teknologi VR (Virtual Reality) dan perkembangannya dari masa ke masa. Yuk langsung aja kunjungin!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators