Kelebihan Hard Disk SSD Buat Gaming, Mana Yang Lo Pilih?

December, 23 2020

SSD merupakan perangkat elektronik penyimpanan data seperti hardisk tipe HDD (Hard Disk Drive) yang tersusun dari beberapa IC (Integrated Circuit) sebagai memori dan memiliki konstruksi yang berbeda. Kalau HDD lebih besar, SSD memiliki massa yang relatif kecil karena berbentuk flash drive. Yuk, simak beberapa keunggulan dalam menggunakannya!

 

Hemat Daya

Kelebihan hard disk SSD (Solid-State Drive) yang pertama adalah lebih hemat daya. Media penyimpanan HDD dioperasikan dengan atau cakram yang bergerak, sedangkan SSD menggunakan semikonduktor chips. Itulah kenapa SSD juga tidak mengeluarkan bunyi yang terdengar bising dibandingkan HDD yang masih menggunakan cakram magnetis untuk berfungsi. Karena itu juga SSD lebih memakai daya yang lebih hemat. Sebagai perbandingan ini daya yang dipakai oleh HDD dan SSD:

  • HDD bisa memakan daya sampai 7 watt karena harus menggerakan cakramnya untuk berfungsi

  • SSD hanya membutuhkan daya sebesar 2-3 watt karena tidak memerlukan piranti yang bergerak

Nah, karena ini juga SSD banyak dipakai untuk laptop gaming Move Creators. Karena daripada memakai daya yang lebih kecil, sistem bisa mengalihkan daya itu untuk yang lainnya yang ngebantu performa laptop, seperti GPU (Graphic Processing Unit) atau CPU (Central Processing Unit). Selain itu, laptop juga tidak cepat panas karena memakan daya yang lebih sedikit.

 

Mempunyai Daya Tahan/Durability yang Lebih bagus

Kelebihan Hard Disk SSD lainnya adalah memiliki daya tahan atau durability yang lebih kuat dibandingkan HDD. Seperti yang udah dibahas di atas nih, ga seperti HDD yang menggunakan piringan atau cakram magnetis. Nah, karena itulah SSD jauh lebih kuat dibanding HDD kalo untuk penggunaan yang cukup ekstrim kayak edit konten atau main game berjam-jam. Bayangin nih, HDD bahkan bisa rusak kalo ada debu yang numpuk di piringannya, gimana dengan kondisi ekstrim lainnya. SSD lebih tahan dengan kondisi, seperti:

  • Guncangan

  • Terjatuh dari ketinggian

  • Temperatur yang ekstrim

Biasanya kerusakan yang sering terjadi pada piringan di HDD menimbulkan bad sector. Kalo udah kayak gitu biasanya harus ada hardware di HDD yang diganti. Sedangkan SSD ini menggunakan flash memory, jadi kerusakan yang seperti itu jarang sekali terjadi.  Selain itu, SSD juga memiliki dimensi yang lebih kecil. Jadi untuk jadi lebih canggih ternyata ga perlu makan banyak tempat ya. 

 

Lebih Cepat Dibanding HDD

Sebenarnya yang menjadi kelebihan hard disk SSD yang utama adalah memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dibanding HDD. Hard disk atau media penyimpanan untuk perangkat gaming pasti ngebutuhin speed yang bagus kan. Kalo engga, percuma juga udah punya graphic card yang bagus atau prosesor yang canggih tapi kemampuan narik data Lo ga secepet itu. Seberapa cepet sih SSD bekerja dibandingin HDD? Nih, liat di bawah ini:

  • SSD memerlukan 0,1 ms (milisekon) untuk mengakses data, sedangkan HDD memerlukan 5,5-8,0 ms

  • Untuk beroperasi memindahkan data SSD memerlukan rata-rata 20 ms saja, sedangkan HDD memerlukan 400-500 ms

Nah, dari data ini keliatan kan kalo SSD emang punya kecepatan yang lebih tinggi dibanding HDD. Jadi saat Lo edit video, konten, atau lagi main game pasti akan lebih ngebantu banget naikin performa dari Laptop atau PC Lo.

 

Massa Lebih Ringan

Seperti yang udah disebut nih, kalo SSD itu ga seperti HDD yang make cakram untuk berfungsi, tapi pake chips flash memory. Sebenernya HDD juga pernah buat dengan ukuran yang kecil, tapi hanya mampu memuat 320GB. Kayaknya sih, penyimpanan segitu agak kurang ya untuk sistem, aplikasi, atau software yang biasa dipake di masa sekarang. Karena itulah, salah satu kelebihan hard disk SSD adalah lebih ringan dibanding HDD. Perbandingan berat atau masanya adalah:

  • HDD dengan dimensi 2,5 inci (sekitar 6,5 cm) punya berat sekitar 115 gram 

  • SSD dengan dimensi 2,5 inci (sekitar 6,5 cm) punya berat sekitar 45-60 gram 

Itu karena SSD ga gunain cakram yang relatif lebih berat. Selain itu, SSD walaupun lebih kecil  mempunyai storage yang lebih besar. Itu jadi poin plus buat Laptop gaming yang biasanya berat karena punya banyak komponen. Dengan make SSD akan lebih ringan, kan?


Itu dia kelebihan hard disk SSD buat gaming yang bisa jadi pilihan Lo saat beli Laptop atau pas mau ngerakit PC. Banyak banget deh pilihan gears buat gaming yang bisa Lo pilih. Tinggal Lo sesuaiin aja sama budget yang Lo punya. Nah, buat Move Creators yang doyan main game tau ga sih kalo banyak banget easter egg atau rahasia di dalem game? Kalo belum tau, cek aja langsung artikel MyMOVEment.id yang ngebahas tentang rahasia dalam game yang mungkin belum Lo tau!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators