CTA adalah elemen marketing yang paling banyak terdapat di website bisnis, sebagai sarana promosi produk dan jasa. Bagi Anda yang penasaran dengan apa itu CTA, simak artikel berikut ini sampai selesai ya.

CTA Adalah….

CTA atau call-to-action merupakan sebuah istilah marketing yang menggambarkan langkah yang marketer harapkan akan diambil oleh pelanggan. Dengan kata lain, CTA adalah gambar atau tulisan yang mendorong pelanggan atau pengunjung web untuk melakukan sesuatu. 

Tindakan yang diharapkan ini bisa berupa membaca artikel lebih lanjut, membeli produk, menggunakan jasa, atau berlangganan newsletter blog. Pada umumnya, CTA memiliki link khusus yang nantinya akan mengarahkan pelanggan atau pengunjung web ke halaman yang dituju.

Dalam website, call-to-action biasanya memiliki penempatan yang jelas serta dibuat dengan bentuk dan warna yang menarik. CTA bisa Anda temukan di awal, tengah, maupun akhir dari sebuah konten di website.

Tujuan CTA 

Setelah menerapkan cara membuat website dan mengetahui pengertian CTA, selanjutnya Anda perlu mengetahui tujuan dari call-to-action. Seperti namanya, tujuan CTA adalah untuk memberi tahu konsumen atau pengunjung website tentang apa yang harus mereka lakukan.

Selain itu, teknik ini bertujuan untuk memberi motivasi pada pengunjung web atau konsumen untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Umumnya, CTA atau call-to-action dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi pengunjung web atau konsumen untuk melakukan sesuatu. Sesuatu yang dimaksud tentu merupakan tindakan yang menguntungkan konsumen maupun penjual.

Jenis-Jenis Call-to-Action

Seiring dengan semakin banyaknya web bisnis yang menggunakan CTA, maka jenis dari fitur ini mulai mengalami banyak pengembangan. Hingga saat ini, jenis call-to-action yang sering digunakan terdiri dari banyak jenis.

Jenis-jenis CTA adalah:

  • lead generation
  • social sharing
  • penawaran produk /jasa
  • dan lead nurturing. 

Setiap jenis CTA memiliki karakteristik tersendiri, dan Anda perlu mengenalnya supaya bisa memilih jenis CTA yang tepat sesuai kebutuhan.

CTA lead generation merupakan elemen yang bisa digunakan untuk membuat pengunjung web tertarik dan mau bergabung dengan bisnis Anda. 

Jenis elemen marketing ini biasanya ditunjukan melalui pop-up banner dengan tombol bertuliskan “Sign Up Now! atau Join with Us”.

Contoh CTA lead generation | Source: outgrow.co

CTA social sharing yang memungkinkan Anda untuk membujuk pengunjung web supaya membagikan konten Anda melalui media sosial. 

Jenis elemen marketing ini umumnya ditunjukkan dengan kalimat ajakan dan icon media sosial di akhir konten.

Contoh CTA social sharing

Kemudian CTA lead nurturing merupakan teknik yang bisa digunakan untuk membujuk orang yang sudah bergabung untuk melakukan transaksi.

Call-to-action jenis ini biasanya memungkinkan seseorang untuk mencoba terlebih dahulu dan berlangganan kemudian.

Contoh CTA lead nurturing

Terakhir ada CTA penawaran produk dan jasa yang biasa digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang disediakan.

Contoh CTA penawaran produk dan jasa

Elemen ini memungkinkan penjual untuk membujuk seseorang supaya mau membeli atau menggunakan produk dan jasa.

Tips Membuat CTA untuk Meningkatkan Penjualan

Jika ingin meningkatkan penjualan online, Anda bisa menggunakan call-to-action untuk melakukan hal tersebut. Saat membuat sebuah CTA, Anda harus menggunakan bahasa persuasif yang nantinya bisa membujuk pengunjung web untuk membeli/menggunakan produk/jasa. Dalam hal ini, manfaatkan kreativitas dalam membuat CTA supaya hasilnya unik dan menarik.

Selain bahasa persuasif, call-to-action sebaiknya juga dibuat dengan bahasa yang efektif supaya mudah dipahami oleh siapa saja. Anda juga bisa menggunakan kalimat ajakan singkat yang mudah dipahami sebagai CTA di website bisnis. Tips membuat CTA yang berikut adalah, letakkan CTA di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung website.

Supaya elemen marketing ini memiliki hasil yang maksimal, Anda bisa menciptakan rasa urgensi pada dalam setiap kalimat. Artinya, Anda harus membuat CTA yang berhasil untuk meyakinkan orang bahwa apa yang Anda tawarkan sangat penting untuk dibeli/digunakan. setelah berhasil meyakinkan pengunjung untuk membeli, selanjutnya Anda bisa mencantumkan manfaatnya.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam membuat CTA adalah membuat ajakan yang bersifat transparan. Ajakan bersifat transparan yang dimaksud, pastikan Anda mengajak pengunjung membeli/menggunakan produk/jasa dan menjelaskan manfaatnya sesuai kenyataan. Dengan ajakan bersifat transparan, Anda bisa membangun kredibilitasn web dan bisnis.

CTA adalah elemen marketing yang memiliki peran penting dalam proses promosi dan pemasaran produk atau jasa. Gunakan beberapa tips membuat CTA yang disebutkan tadi supaya Anda bisa membuat CTA yang baik dan benar.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version