3 Genre Paling Aneh, Pernah Dengerin Yang Mana?

January, 19 2021

Dengerin musik emang hal yang biasa dilakuin. Lo bisa dengerin musik sambil kerja, olahraga, ngobrol, dan masih banyak lagi. Tapi, Move Creators tau ga kalo banyak banyak banget genre musik yang ada di dunia, bahkan yang aneh. Ini dia 4 genre paling aneh menurut MyMOVEment.id. Mungkin aja Lo pernah denger?

 

 

1. Japanoise

Yang pertama ada Japanoise, sebuah musik noise yang berkembang di Jepang pada era 80-an. Karena musik noise yang ada pertama kali ditemukan oleh Luigi Russolo pada 1913 dengan sebuah manifesto “L'Arte dei Rumori” yang berarti seni dari kebisingan/noise. Russolo percaya kalo kebisingan akan mulai dipertimbangan sebagai musik di masa depan, karena perkembangan teknologi. Nah, itulah yang terjadi di Jepang tahun 80-an. Skena musik ini dimulai waktu Takehisa Kosugi dan Yasunao Tone dari grup Ongaku, membuat rekaman yang cukup unik dengan menggabungkan alat musik tradisional dengan vacuum cleaner, radio, tong minyak, boneka, dan yang lainnya. Udah cukup terdengar aneh? Tapi, musik yang dibuat tahun 60-an ini berkembang pesat tahun 80-an, karena mulai banyak efek gitar yang bisa mereka pake buat bikin suara atau sekedar eksperimen. Beberapa musisi Japanoise yang terkenal adalah:

  • Hijokaidan
  • Boredoms
  • Yamazaki Maso
  • Solmania

Beberapa musisi ini ga mau disebut sebagai Japanoise, karena mereka juga mau dianggap sebagai musisi pada umumnya. Alasannya cukup jelas sih, karena buat yang belum pernah denger noise pasti merasa kalo itu genre musik paling aneh. But, who knows! Coba dengerin deh, siapa tau bisa jadi musik favorit Lo!

 

 

2. Crunkcore

Demam emo (kependekan untuk emotional) pada akhir 2000-an melahirkan genre baru bernama crunkcore. Crunk sendiri adalah musik hip-hop dari selatan Amerika Serikat yang sempat populer tahun 90-an. Crunk menggunakan nada synth dengan drum machine yang sangat simpel dengan tempo yang rendah. Crunkcore mengadaptasi dua genre ini dan menghasilkan musik crunk dengan gaya vokal emo atau scream. Agak sulit dipahami ya. Kalo gitu langsung aja dengerin musik dari musisi, seperti:

  • Brockencyde
  • The Millionaires
  • 3OH!3

Mungkin setelah dengerin, Lo akan bilang ini adalah genre yang paling aneh. Tapi di masanya musik ini begitu populer. Mungkin elemen hip-hop dan emo yang nyampur dalam musik dan fashion-nya ngebuat remaja di tahun itu terinspirasi dan ngeidolain genre ini. Masih oke ga ya kalo didengerin sekarang?

 

 

3. Laptop Pop

Dari namanya kita tau genre paling aneh yang satu ini pasti bikinnya pake musik. Sebenernya ini bukan hal baru, tapi turunan dari PC Music. A.G. Cook, seorang musisi dari genre ini, ngejelasin kalo intinya genre ini adalah gimana caranya bikin lagu yang sesimpel dan se-pop mungkin dengan durasi kurang dari tiga menit dengan alat seadanya. Nama, PC Music ini mungkin sudah mulai ditinggalkan, karena kecanggihan Laptop zaman sekarang. Jangan salah, lho. Musisi seperti Dua Lipa dan Billie Eilish aja bisa bikin lagu hits mereka pake Laptop aja! Caranya adalah dengan:

  • Punya Laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Lo
  • Mikrofon
  • Software untuk ngerekam musik

Dengan tiga hal ini aja sebenernya udah cukup untuk bikin musik. Instrumen dan beat lainnya bisa Lo bikin pake software. Mungkin buat yang belum pernah coba bikin akan terdengar sulit, tapi ga sesulit itu kok. Dan genre Laptop pop ini bisa banget Lo coba, karena easy listening dan simpel banget. Pas buat Lo yang baru mulai bikin musik.

 

Gimana menurut Move Creators? Menurut kalian ini adalah genre yang paling aneh? Atau kalian pernah denger yang lebih aneh? Coba kasih tau kita di kolom komentar! Kalo kalian tertarik untuk bikin rekaman sendiri di rumah untuk musik atau podcast, coba cek rekomendasi gears untuk setup yang cocok banget buat pemula ini ya. Hanya di MyMOVEment.id

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS