Aplikasi Zoom menjadi sebuah kewajiban di masa wabah korona seperti saat ini sebab kegunaannya sangatlah banyak untuk melakukan rapat. Bahkan beberapa instansi juga telah memakainya untuk segala kegiatan, tapi ada hal yang membingungkan seperti saat mengundang orang lain.

Maka berikut merupakan cara mengundang zoom meeting di laptop yang bisa dicoba:

Sebelum Rapat Dimulai

Biasanya sebelum memulai sebuah kegiatan yang berisikan banyak anggota, tentu penyelenggara akan memberikan sebuah undangan atau pemberitahuan terlebih dahulu. Termasuk saat melakukan rapat atau sejenis lainnya secara online menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom. Maka itu penyelenggara perlu tahu cara mengundang zoom meeting di laptop sebelum dimulai.

1. Miliki Akun Terlebih dahulu

Untuk pemakai awam, langkah awal yang perlu dilaksanakan sebelum mengawali sebuah rapat online menggunakan Zoom haruslah memiliki akun dahulu. Tujuannya sebagai identitas pemakai, tapi kebanyakan pengguna biasanya cukup memakai akun Google saja sebagai pengganti yang lebih praktis. Jika sudah, nantinya hanya perlu melakukan konfirmasi kepemilikan untuk memastikan keasliannya.

Selain itu, keuntungan jika memakai akun Google biasanya dalam satu perangkat laptop bisa memakai beberapa identitas sekaligus. Yang jadi perhatian hanya pada browser yang dipakai saat menggunakan Zoom haruslah berbeda-beda agar bisa masuk.

2. Buatlah Jadwal

Sebelum melakukan rapat secara online, setiap penyelenggara haruslah menyiapkan waktu kemudian diberitahukan ke setiap orang yang akan masuk. Cara membuat jadwalnya cukup tekan menu Schedule di halaman utama kemudian isikan sesuai waktu dan materi yang akan dipilih. Jika sudah, simpan dengan cara klik menu Save yang berada di bagian bawah.

3. Bagikan Undangan

Jika penyelenggara sudah membuat jadwal acara, selanjutnya hanya perlu membagikan undangan kepada setiap orang yang ingin diundang ke dalamnya. Cara melakukannya tinggal tekan opsi menu Invite pada halaman Meeting Details, kemudian pilih Copy to Clipboard. Secara otomatis link akan disalin untuk bisa dibagikan lewat media penyampai pesan mana saja.

Pembagian alamat link tersebut tidak hanya untuk satu atau dua media penyampai saja tapi bisa kesemuanya sekaligus. Seperti di Google Mail, WhatsApp, Line, Telegram dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Absen Di Zoom Meeting

Saat Rapat Dimulai

Jika sudah tahu bagaimana mengundang setiap orang ke Zoom sebelum rapat, akan lebih baik lagi jika mengetahuinya saat rapat dimulai. Sebab ada beberapa orang yang terkendala jika masuk sebelum acara dimulai, untuk itu terkadang perlu diundang secara langsung. Bila masih bingung caranya, berikut penjelasan setiap langkah yang bisa dicoba:

1. Buka Aplikasi

Sebelum mengundang pengguna lain untuk memasuki sebuah rapat, penyelenggara haruslah masuk terlebih dahulu pada aplikasi Zoom. Tentu hal tersebut bisa dilakukan jika sudah membuka aplikasinya kemudian dilanjutkan memasuki sesi rapat online tersebut. Pada halaman utama tentu akan terdapat berbagai opsi menu dengan beragam fungsinya masing-masing termasuk untuk mengundang pengguna lainnya.

2. Salinlah Alamat Link

Tidak jauh berbeda seperti saat mengundang pengguna lain sebelum rapat dimulai, menyalin alamat link ini juga bisa membantu pengguna lain. Terutama saat berlangsungnya acara tersebut, hanya perbedaan terdapat di opsi menu pilihan serta alamat link yang ada. Dimana untuk langkah yang harus diambil dimulai dari:

  • Klik menu Participants di bagian paling bawah.
  • Pilih Invite, biasanya berada di bagian tengah saat terdapat 3 pilihan menu.
  • Kemudian untuk menyalin, tekan Copy Invite Link.

Jika sering melakukan rapat atau hal lain yang perlu banyak anggota, cara mengundang zoom meeting di laptop sangatlah berguna. Sebab bisa menambahkan anggota secara langsung jika itu sangat diperlukan tanpa adanya perjanjian dahulu sebelumnya. Tapi ada kekurangannya juga, jika pengguna lain yang diundang tidak menyetujui pertemuan maka tidak bisa masuk.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version