Cara mendapatkan backlink otomatis ternyata tidak sesulit yang ada di bayangan. Pasalnya, backlink menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mengoptimasi sebuah website hingga bisa bersaing mendapatkan peringkat di halaman mesin pencarian. Dengan mendapatkan peringkat yang tinggi, tentu saja memberikan peluang sebuah website untuk mendapatkan trafik yang tinggi. 

Namun masalahnya, mendapatkan backlink gratis dari banyak website tidak mudah. Bahkan Anda harus benar-benar memastikan link tersebut berkualitas supaya membawa dampak yang positif untuk website Anda. 

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan backlink secara otomatis dan aman, simak informasinya di bawa ini. 

Pengertian Backlink dan Pengaruhnya Terhadap Website

Sebelum menjelaskan bagaimana cara membuat backlink, akan lebih baik jika kami jelaskan terlebih dahulu maksud dari istilah ini. Karena kami yakin, masih ada banyak pemilik web yang belum memahami definisinya. 

Backlink natural adalah sebuah tautan situs di website eksternal yang mengarah ke website Anda. Nah, backlink juga terkenal dengan istilah ‘external link’ atau ‘inbound link’. 

Mesin pencari akan menilai setiap backlink yang mengarah ke website Anda sebagai salah satu indikasi jika web Anda memiliki kualitas yang bisa dipercaya banyak orang. Bahkan, semakin banyak backlink yang diperoleh, maka akan membuat peringkat website Anda naik di halaman pencarian. 

Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan jika backlink yang didapatkan memiliki kualitas yang baik. Pasalnya, jika diterima dari website yang bermasalah, maka website Anda berpeluang mendapatkan penilaian negatif dari mesin pencari seperti Google. 

Cara Mendapatkan Backlink Otomatis dengan Mudah

Setelah mengetahui penjelasan di atas, kami yakin Anda sudah paham mengapa backlink itu sangat penting dalam optimasi website. Oleh karena itu, berikut kami berikan bagaimana Cara mendapatkan backlink otomatis yang bisa Anda lakukan dengan mudah.  

1. Buat Konten Yang Berkualitas dan Berbeda

Sebenarnya, cara mencari backlink berkualitas yang satu ini agak memakan waktu. Pasalnya, Anda harus membuat sebuah konten yang berkualitas dan berbeda dari website dan blog lain. Dengan membuat konten yang bermanfaat akan membuka peluang besar untuk mendapatkan backlink dari para pemilik web lain. 

Konten yang Anda buat bisa menjadi referensi mereka karena dianggap memiliki nilai yang tinggi, unik, bahkan relevan dengan website lainnya. Berikut beberapa ide konten yang sering mendapatkan backlink dari web lain:

  • Konten yang membahas tutorial dan instruksi, seperti “Cara Mendapatkan Backlink Gratis”. Konten seperti ini bisa diposting oleh website lain yang memiliki topik sama.
  • Konten Quiz
  • Konten-konten fakta menarik

2. Komentar di Blog Berkualitas

Cara mendapatkan backlink otomatis selanjutnya adalah dengan memberikan komentar di blog lain yang berkualitas. Kana tetapi, komentar yang Anda berikan haruslah dilakukan dengan cara yang benar. Karena jika tidak, maka tindakan yang Anda lakukan akan dianggap sebagai spam dan justru memberikan dampak buruk kepada website Anda. 

Berikan saja komentar sebagai metode untuk terlibat di dalam komunitas blog tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa mencari sebuah blog yang memiliki topik atau niche yang sama dengan website Anda. 

Di dalam komentar, Anda bisa saling berbagi informasi di sana bersama para pembaca lainnya. Cara membuat backlink di Blogger ini menjadi salah satu metode yang cukup sering dilakukan oleh pemilik blog. 

3. Membuat Konten Infografis

Selain memberikan komentar pada blog lain, Anda juga bisa mencoba cara mendapatkan backlink dengan membuat konten infografis untuk menyampaikan sebuah informasi kepada pembaca. 

Secara umum, konten infografis ini berbentuk visual sehingga banyak dibagikan di berbagai jenis website lainnya. Bahkan konten-konten ini sering digunakan untuk mendapatkan backlink dan trafik oleh para pemilik web di internet. 

Namun saat membuat konten infografis ini, Anda wajib menyesuaikannya dengan isi halaman di website Anda. Tidak hanya itu, pastikan juga semua informasi yang ada di dalamnya mengandung nilai yang berkualitas untuk banyak orang di luar sana. 

Anda juga bisa membuat tampilan konten ini dengan desain yang profesional. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi editing seperti Canva. 

Terkait dengan proses pembangunan backlink ini, di luar sana, terdapat banyak blogger yang menggunakan backlink generator untuk mendapatkan backlink secara gratis dalam waktu cepat.

Namun metode ini termasuk ke dalam kategori SEO yang dibenci Google atau yang akrab disebut Black Hat SEO, sehingga sebaiknya anda menghindarinya.

Penutup

Pada pembahasan terakhir ini, cara mendapatkan backlink otomatis tidak sulit untuk dilakukan. Bahkan penerapannya pun masih mudah dilakukan. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan backlink yang lebih banyak, kami lebih menyarankan Anda menggunakan jasa backlink yang sudah terjamin kualitasnya. Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara mendapatkan backlink otomatis.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda yang bermanfaat untuk anda yang belajar SEO dan tengah mengoptimasi website. Terima kasih telah membaca.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version