Bagian ini secara khusus membahas cara memasang crossover di ampli, baik instalasi pada setiap perangkat input dan output. Begitupun dengan cara mengatur atau menyesuaikan tombol. Pembahasan kita adalah tentang dbx crossover 234xl.

Crossover aktif (crossover) adalah perangkat elektronik audio untuk memilah rentang frekuensi dan kemudian mendistribusikannya ke beberapa pita keluaran terpisah dengan frekuensi tertentu yang sudah disaring. 

Apa Crossover aktif?

Crossover aktif terdiri dari tipe manual (yang menggunakan mahkota) serta versi digital dengan pengaturan menu yang disinkronkan. Crossover aktif ini dilakukan oleh peralatan elektronik berupa ic penguat operasional dengan menggunakan filter rasio r dan c (resistor dan kapasitor) dan harus menggunakan catu daya dc. 

Dalam crossover aktif, kita dapat mengatur seberapa lebar dan sempit frekuensi nada rendah dan tinggi. Pada bagian distribusi, terdapat pengaturan level untuk setiap target output yaitu low, mid dan high.

Perbedaan antara co aktif dan co pasif adalah bentuknya disusun dalam kotak yang menggunakan tegangan listrik, ini adalah co aktif, sedangkan co pasif biasanya langsung dimasukkan ke dalam kotak loudspeaker dan setiap output yang di filter masuk ke masing-masing driver speaker, yakni rendah, sedang dan juga tinggi (jika 3 arah). Cara memasang crossover di ampli memang harus dipelajari dengan baik.

Cara Memasang Crossover Di Ampli

Penggunaan active crossover ini kemudian dikembangkan menjadi perangkat baru yaitu digital loudspeaker management system yang sedang dalam proses penggabungan beberapa fitur perangkat audio seperti fungsi eq, audio distributor, compression, limiter, dan lain sebagainya. 

Pengaturan menggunakan sistem menu digital. Untuk mengatur perangkat lms dibutuhkan latihan untuk menemukan suara yang tepat di setiap speaker. Crossover aktif terdiri dari berbagai merk dan seri, salah satunya yang bisa anda gunakan adalah merk coa dbx 234xl.

Baca Juga: Cara Merakit Power Sound System Lapangan, Untuk Pemula, Terbaru 2022

Bagaimana cara memasang crossover di ampli

Berikut akan kami sampaikan cara memasang crossover di ampli yang bisa kalian terapkan panduannya.

1. Urutan pasang crossover aktif antara peralatan sound system

Pemasangan wiring dalam memasang crossover aktif dapat dilakukan dengan beberapa metode penyaluran sinyal keluaran dan masukan yaitu:

  • Antar perangkat, sebaiknya menggunakan koneksi kabel dengan sistem yang seimbang agar mendapatkan gain yang stabil dan sinyal yang kuat.
  • Sistem koneksi antar peralatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Jika Anda memiliki unit equalizer, itu dapat dipasang di antara perangkat secara berurutan:

  • Dari output mixer ke persamaan, dari persamaan ke crossover
  • Pada bagian co output ada ar

3 jalur keluaran yaitu low, mid dan high. Jack out low akan ditransfer ke power amp khusus woofer atau subwoofer. Konektor tengah pada co diarahkan ke power amp pusat khusus, serta tinggi.

Khusus untuk setting equalizer bisa di level dulu atau di non aktifkan dulu saat setting crossover, lalu saat co frequency sudah ditemukan bisa di atur eqnya untuk menghaluskan audio anda. Cara memasang crossover di ampli sangat simple bukan?

Cara Memasang Crossover Di Ampli

2. Cara mengatur tombol crossover aktif

Setelah instalasi selesai dan terhubung ke perangkat sound system lainnya hingga high end yaitu loudspeaker, maka langkah selanjutnya adalah mengatur suara dengan cara memutar tombol sesuai fungsinya. 

Knob dan switch pada co ini untuk mengatur frekuensi dan gain, anda dapat melakukannya dengan mengubah knob yang tersedia sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

Set pengaturan kenop frekuensi crossover ini tergantung selera Anda, namun keamanan speaker juga harus diperhatikan dengan tidak memberikan tingkat penguatan di atas 0 db saat Anda memutar knop resistor variabel pada co panel. 

Input level berfungsi untuk memberikan input sinyal input di semua bagian op amp filtering. Cara memasang crossover di ampli mudah banget di masa modern seperti sekarang.

3. Harga crossover aktif dbx

Agak susah milih co-a dbx type 234xl dengan harga yang kita inginkan. Jika anda menyukai produk original, tentunya harganya juga mahal yaitu diatas 2 juta rupiah. Tapi kamu juga bisa memiliki dbx ini dengan harga murah dibawah 1 juta rupiah yaitu 750.000,- (beberapa tahun yang lalu)

Untuk harga sound system anda bisa cek informasi terbarunya di google. Crossover ini berguna bagi Anda yang menggunakan sistem suara medan. Sekian informasi mengenai cara memasang crossover di ampli, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 3 Cara Menggabungkan 2 Amplifier Toa Paling Benar

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version