4 Aplikasi Meeting Online dan Fitur Unggulannya! Harus Tau!

February, 18 2021

Semenjak pandemi terjadi, mau nggak mau hampir membuat segala aktivitas kita dilakukan secara virtual. Termasuk dalam melakukan pertemuan formal (meeting) ataupun sekedar melepas rindu dengan keluarga tersayang. Mengetahui hal tersebut, aplikasi meeting online pun menjadi populer digunakan. Nah, apa saja aplikasi yang bisa Lo pakai, selain Zoom, untuk melakukan aktivitas meeting online? Simak empat aplikasi meeting online dan fitur unggulannya di bawah ini!

 

Microsoft Team

 

Aplikasi meeting online pertama yang bisa Lo pakai untuk menunjang WFH adalah Teams dari Microsoft. Aplikasi ini cocok banget buat Lo yang kerja atau butuh platform video conference yang bisa memuat banyak pengguna. Kenapa? Karena Lo bisa menjangkau pengguna jauh lebih banyak daripada zoom, yaitu bisa sampai 10ribu dalam sekali panggilan. Keren banget, kan? Jadi, pas banget buat Lo yang mau ngadain live conference secara masif.

Selain itu, aplikasi produk Office 365 ini juga bisa Lo pakai tanpa perlu punya akun, lho. Lo tinggal bermodalkan internet, gadget, dan aplikasi Teams yang diakses lewat website aja. Eits, tapi perlu diketahui kalau layanan tanpa akun ini cuma berlaku bagi partisipan meeting, bukan host atau penyelenggara video conference ya, Move Creators. Jadi, kalau Lo pengen ngadain meeting di Microsoft Teams ini, pastiin Lo udah punya akun Office 365, ya!

 

Google Meet

Buat Lo yang mungkin belum tau nama baru dari aplikasi meeting online Google Hangouts, please meet Google Meet! Nah, ngomong-ngomong tentang Google, kabar baiknya kalau Lo yang udah punya e-mail google (gmail atau Google+), artinya Lo udah otomatis bisa pakai aplikasi meeting online ini, Move Creators! Kemudahan lainnya yang bisa Lo nikmati di Google Meet ini, ialah dapat menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speech dan terintegrasi dengan jadwalmu di Google Calendar. Selain itu, Google Meet memungkinkan Lo  buat video call dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan.

 

Cisco Webex

 

Biasa digunakan untuk kepentingan bisnis, Cisco Webex juga sering dipakai sebagai aplikasi meeting online untuk melayani perusahaan-perusahaan besar, selain Zoom. Dilansir dari Cisco, Webex memakai sistem end-to-end encryption untuk menunjang keamanan para penggunanya. Well, dengan sistem tersebut juga berarti ada pembatasan pada berbagai aktivitas seperti, bergabung pada konferensi video tanpa izin host, menyimpan data sesi, rekaman berbasis jaringan (NBR), transkrip, catatan rapat, dan lain-lain. Umumnya, Cisco Webex hanya bisa memuat 100 orang dengan maksimal durasi 40 menit dalam sekali panggilan. Tentunya Lo bisa menikmati layanan itu secara gratis dengan layanan freemium-nya.

Namun, tenang aja, Move Creators! Lo bisa kok ngadain video conference lebih dari itu dengan langganan. Dan layaknya Zoom, Cisco Webex juga memungkinkan Lo untuk berbagi layar kepada partisipan lainnya. Oh iya, kabar baiknya, aplikasi ini juga menawarkan layanan freemium alias Lo bisa akses secara gratis, Move Creators.

Gimana? Sejauh ini apakah udah menetapkan pilihan aplikasi meeting online favorit, Lo? Tapi, tunggu dulu masih ada satu aplikasi legendaris lagi yang nggak boleh Lo lupakan setelah ini.

 

Skype

Siapa sih yang nggak kenal aplikasi meeting online legendaris dengan logo dominan berwarna biru terang dengan huruf “S” putih di tengahnya? Serupa dengan Teams, Skype merupakan aplikasi di bawah naungan Microsoft yang oke juga buat Lo pakai video conference. Namun, berbeda dengan Teams yang memungkinkan Lo ngelakuin video conference dengan jumlah partisipan yang masif, Skype bisa dibilang aplikasi meeting online yang bersifat lebih intim. Karena Skype hanya dapat menampung maksimal 25 orang dalam sekali panggilan. Eits, tapi Lo bisa memakai Skype dengan gratis dan bisa diakses dari smartphone, laptop atau PC, hingga televisi.

Gimana? Dari aplikasi meeting online yang udah dijabarin di atas mana yang Lo andalin, Move Creators? Bisa dibilang keempatnya sebenarnya hampir sama, ya. Tapi, fitur, durasi, hingga kapasitasnya saja yang berbeda. Nah, sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Lo. Mau yang private berkapasitas sedikit atau mau yang ramean. Selamat memilih, Move Creators!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS