4 Tips Kerja dari Rumah, Dijamin Produktif!

November, 03 2020

 

Selama pandemi berlangsung, banyak banget hal yang perlu dibiasakan. Mulai dari pakai masker saat keluar rumah, sampai work from home dan meeting online. Ngga jarang, banyak yang merasa kesulitan saat menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini. Nah, artikel ini bakal bahas tips kerja dari rumah yang bisa bikin Lo tetap produktif! Kira-kira apa aja, sih? Baca sampai selesai, ya!

Spot Nyaman Khusus Kerja 

Pertama-tama, Lo perlu batesin ruang kerja Lo di area tertentu di rumah. Ketika Lo udah punya spot tetap, Lo jadi bisa menghindari terjadinya gangguan saat bekerja pun saat beraktivitas rumah tangga di luar kerjaan. Cara ini adalah cara yang cukup efektif biar Lo bisa fokus dalam melakukan pekerjaan. Awalnya mungkin Lo terbiasa mengecek email, chat, dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan di area rumah mana aja, kayak di dapur atau bahkan tempat yang harusnya Lo jadikan spot bersantai, tapi kalo keterusan bisa-bisa Lo stress ke mana-mana inget kerjaan. Nah, usahain area kerja Lo ini jadi zona tenang dan sunyi biar bisa berkonsentrasi, misalnya area dengan arus bolak-balik orang rumah yang minim atau sudut ruangan yang jauh dari hiruk-pikuk kegiatan rumah tangga. Nah, biar suasana kerja Lo tetap nyaman dan menyenangkan walaupun ada di area terpisah, Lo bisa juga kok menyediakan hal-hal ini buat set-up:

  • Meja yang nyaman

  • Standing Laptop

  • Kursi/Bean Bag

  • Speaker/Headphone

  • Hiasan dinding/meja dari pemandangan favorit

Lo bisa taruh hal apa aja yang Lo suka di area kerja ini, buat nambahin semangat di kala kerja.

 

Bikin To-Do List 

Kalo spot kerja udah aman, tips kerja dari rumah yang ke-2 adalah…. tentuin prioritas! Jangan sampai lupa waktu! Biar pekerjaan Lo tetap tertata, ada baiknya Lo catat hal-hal yang perlu dan akan Lo kerjakan pada hari tersebut. Biar bisa meminimalisasi kemungkinan ada kerjaan yang terlewat atau menumpuk dalam satu waktu. Banyak, lho, aplikasi yang bisa mempermudah Lo membuat to-do list ini, misalnya:

  • Todoist

  • Microsoft To Do

  • Any.do

  • Google Tasks

Selain bisa ngebantu tetep on track dengan hal-hal yang Lo sedang dan akan kerjakan, aplikasi di atas juga punya ragam fitur yang bisa dipilih sesuai preferensi Lo dalam mengorganisasikan pekerjaan-pekerjaan. Lebih dari itu, beberapa app tersebut pun bisa ngingetin deadline dengan fitur notifikasi reminder. Nah, buat yang kerjanya pakai banyak device atau platform dalam satu waktu juga ga usah khawatir karena ada fitur sync yang tersedia bisa ngehubungin to-do list yang udah dibuat ke ragam perangkat atau platform yang Lo gunakan.
 

Punya Gears yang Mendukung

Kalo poin pertama udah ngebahas perihal spot nyaman buat kerja, rasanya kurang nih kalo kita ngga ngebahas gears yang bisa ngebantu Lo tetap produktif di kala WFH.  Tips kerja dari rumah yang satu ini ngga kalah penting dari yang lainnya, karena keberadaan benda-benda kecil ini bisa banget mempermudah proses kerja Lo. Ini dia rekomendasi dari MyMOVEment buat ngedukung kenyamanan dalam bekerja:

  • Headphone

Biar tambah fokus kerjanya, paling asik sambil denger musik calming biar terhindar dari berisik. Kalo mau yang murah, Lo bisa cobain JBL Tune 210, selain sound-nya yang oke kabelnya pun ngga gampang meliuk, ada satu tombol yang bisa Lo tekan untuk ngontrol pemutaran musik atau jawab panggilan. Nah, kalau mau yang agak advance Lo bisa coba Sony WH-1000XM4, selain kualitas audionya yang ngga perlu diragukan lagi, teknologi noise-cancelling yang dipunya digadang-gadang sebagai yang terbaik di kelasnya! Ga perlu takut lagi deh keganggu pas rumah lagi riuh atau suara konstruksi rumah tetangga yang lagi direnov!

  • Comfy Mouse

Mouse yang oke juga bisa ningkatin kenyamanan, lho. Biar ga cepet pegel atau lagi klak-klik-klak-klik eh tiba-tiba nyangkut. Lo bisa cek spesifikasi mouse-mouse ini di google: Logitech G305 wireless mouse dan HyperX Pulsefire Surge, mana yang lebih oke buat Lo?

  • USB Adapters & AC Adapters

Kalo ada pekerjaan yang mengharuskan Lo menyambungkan laptop ke monitor, pastinya Lo haru nyolokin lebih dari satu item kayak keyboard, mouse, kabel pengisi daya, dan SD card. Fungsi adaptor inilah yang akan mempermudah Lo nyambungin semua itu. Merk-merk yang udah terpercaya sih Nomad, Aukey, dan Anker PowerExpand, tinggal Lo sesuaiin deh sama spesifikasi yang Lo butuhkan dan budget-nya.

Itu dia hal-hal kecil yang bisa aja luput dari perhatian Lo. Percuma ‘kan punya laptop atau monitor oke tapi karena ngeremehin keberadaan gears perintilan ini, flow kerja Lo malah terganggu.

 

Sediakan Waktu Buat Rileks 

Tips kerja dari rumah yang terakhir adalah, jangan lupa rehat dan rileks! Kalau perlu set alarm buat menertibkan waktu “istirahat” Lo. Jangan sampai karena kerja di rumah, malah jadi lupa nyempetin istirahat dan makan. Badan yang fit tuh modal utama produktivitas, ya! Jadi ngga akan berguna deh ide-ide atau kreativitas Lo yang gemilang tanpa badan dan pikiran yang sehat sebagai motornya. Nah, hal-hal yang mungkin aja bisa bantu Lo rileks sejenak dari rutinitas saat WFH, tuh:

  • Peregangan setiap 2 jam sekali

  • Power nap!

  • Main game

  • Latihan pernapasan biar ngga stress

Ngomong-ngomong soal latihan pernapasan, Lo tau ga kalo Google easter egg tuh punya breathing exercise? Lo bisa banget ikutan latihan pakai itu , lumayan buat meredam stres dan memperkuat imun juga tinggal telusurin lewat browser aja, kok! Selain breathing exercise Google juga punya banyak Easter Egg unik yang bisa lo jadiin opsi pengalihan pas penat kerja di tengah WFH! 

Itu dia 4 tips kerja dari rumah ala MyMOVEment, MOVECreators punya cara lainnya? Coba tulisin di kolom komentar!

#LIFESTYLE
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators