4 Rekomendasi Aplikasi Autotune di Android & iOS

January, 25 2021

Bernyanyi emang asik banget dilakukan di waktu senggang. Selain bisa mengisi waktu, membuat cover lagu yang lagi hits, atau menyanyikan lagu ciptaan sendiri juga bisa jadi peluang monetasi seseorang melalui sosial media ataupun YouTube. 

 

Nah, buat Lo para #MOVECreators yang punya hobi menyanyi, menggunakan aplikasi autotune jadi hal wajib buat spice up video bernyanyi Lo. Autotune adalah teknik yang berfungsi untuk memperbaiki suara penyanyi dengan mengoreksi nada yang off pitch atau kurang pas secara otomatis, dan dapat memberikan efek suara di waktu yang sama. Di artikel ini, My MOVEment bakal ngasih 4 rekomendasi aplikasi autotune biar suara kalian semakin merdu. Yuk, simak! 

 

VocaLive 

Untuk Lo pengguna iOS, VocaLive bisa jadi pilihan tepat aplikasi autotune yang bisa Lo gunakan. VocaLive dikeluarkan oleh IK Multimedia, perusahaan teknologi musik yang beroperasi di Amerika Serikat, Inggris, Italia, dan Jepang. VocaLive memungkinkan pengguna untuk memproduksi musik dan memberikan efek vokal berfitur lengkap untuk perangkat iPhone dan iPad. 

 

Di dalam aplikasi VocaLive, Lo bisa eksplor banyak efek vokal mulai dari pitch fix, choir, morph, reverb, de-esser, delay, compressor, hingga chorus dan phazer, yang akan bikin proses kreatif bernyanyi Lo naik level. Gak hanya itu, VocaLive juga memungkinkan Lo untuk bernyanyi menggunakan lagu yang ada di iTunes Library Lo, dengan fitur tanpa vokal sehingga Lo bisa sing a long dengan hanya dengan melodi dari lagu yang dipilih, sampai fitur warm up yang membantu Lo untuk warming up sebelum bernyanyi. Lengkapnya, ini dia beberapa fitur unggulan yang ada di aplikasi VocaLive: 

 

  • Real time vocal processor + recording app 

  • 4 processor vocal effects chain 

  • 12 professional studio-quality effects 

  • Mic Room microphone with 20 classic and modern studio mic emulations 

  • 4 track looper section 

  • 2 track recorder 

  • Live Mode Recording 

 

Gimana, banyak banget kan fitur yang ada di dalam VocaLive? Dengan VocaLive, Lo bisa melakukan melakukan rekaman profesional tanpa perlu ke studio musik. VocaLive bisa Lo dapetin dengan harga Rp399 ribu saja di App Store. 

 

Smule 

Rekomendasi aplikasi autotune yang kedua adalah Smule. Gak seperti VocaLive yang eksklusif untuk pengguna iOS, Smule juga bisa didapatkan untuk Lo yang menggunakan device berbasis Android. Smule merupakan aplikasi bernyanyi sosial yang memungkinkan Lo menikmati jutaan lagu karaoke. Kerennya lagi, Lo bisa berduet bareng teman, strangers, hingga penyanyi idola Lo di Smule! Dengan Smule, Lo bisa bernyanyi langsung dengan tampilan lirik pada lagu yang kita pilih. Setelah selesai bernyanyi, Lo mengemas video bernyanyi Lo dengan memberikan efek vokal, filter video, dan lainnya. Lebih lengkap lagi, ini dia beberapa fitur Smule yang jadi unggulan: 

  • Karaoke dengan lebih dari 10 juta lagu gratis 

  • Bernyanyi solo atau duet dengan mode acapella, dance, atau play along 

  • Bernyanyi secara live yang dapat dilakukan sendiri atau dalam grup 

  • Sing like a pro dengan berbagai studio efek 

  • Membuat music video dengan merekam vokal dan menambahkan video di akhir 

  • Karaoke dengan top artists: Shawn Mendes, Jason Derulo, Train, dan banyak lagi 

 

Itu dia fitur yang bisa Lo dapetin dengan menggunakan Smule. Selain bisa melakukan autotune terhadap vokal Lo, Smule juga memungkinkan Lo untuk melakukan duet dengan pengguna Smule lainnya. Jadi, Lo mau duet dengan siapa, nih, di Smule? 

 

MicDroid 

MicDroid jadi rekomendasi ketiga dalam aplikasi autotune yang wajib Lo punya. Kalau iOS punya VocaLive, Android juga punya aplikasi khusus untuk Lo yang gemar bernyanyi, yaitu MicDroid. MicDroid merupakan aplikasi autotune dengan tampilan yang simpel, namun juga akan sangat membantu Lo yang gemar bernyanyi. Plusnya lagi, fitur di MicDroid bisa Lo dapatkan dengan gratis! Ini dia fitur-fitur yang bisa Lo nikmati dengan meng-install MicDroid di device Lo: 

  • Automatic pitch correction 

  • On-the-fly pitch correction 

  • Email recordings 

  • Set recordings as ringtone 

  • Disable/enable ads in settings 

 

Dengan user interface yang sederhana dan mudah dimengerti, MicDroid jadi pilihan yang pas buat Lo mengedit vokal menjadi lebih merdu dengan beberapa konfigurasi yang disediakan.

 

Voice Synth 

Aplikasi autotune terakhir yang bisa Lo coba adalah Voice Synth. Voice Synth adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Qnet, aplikasi live profesional untuk membuat suara, paduan suara, ritme, dan soundscapes baru berdasarkan suara unik yang Lo miliki. Dalam fitur sendiri, Voice Synth memiliki banyak tools yang telah terintegrasi dengan baik seperti Vocoders, Auto Pitch, Harmonizing Pitch Shift, dan Speed-Shift Sampling. Serunya lagi, dengan men-download Voice Synth, Lo akan mendapatkan lebih dari 200 factory presets yang bisa Lo coba satu persatu, lengkap dengan panduan manualnya. Voice Synth juga memiliki fitur-fitur berikut: 

  • 4 vintage analog modeling vocoders 

  • Auto Pitch, track/fix/double/inverse pitch

  • Multiple Voice Harmonizer

  • Speed-Shift Sampler ±800%

  • Live-pause & strobo voice

  • Pitch Shifter 8 octaves 

 

Dengan membayar Rp170 ribu, Lo sudah bisa mendapatkan seluruh fitur yang ada di Voice Synth. Oh ya, Voice Synth hanya compatible dengan device MacBook, iPhone, dan iPad, ya, #MOVECreators! 

 

Nah, itu dia 4 rekomendasi aplikasi autotune yang bisa level up Lo ketika cover lagu. Dari keempat rekomendasi di atas, mana nih yang bakal lo jadikan andalan untuk membuat cover lagu Lo semakin menarik? Jangan lupa juga cek terus mymovement.id karena setiap minggunya, ada artikel menarik seputar Technology, Gaming, Lifestyle dan Music untuk menambah insights Lo! 

 
#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS