Pakai iPhone? Cek Perkembangan Teknologi iPhone Ini

September, 16 2020

Apple Inc., sebuah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak ini adalah salah satu produsen gadget, komputer, dan teknologi ternama di seluruh dunia. Steve Jobs dan Steve Wozniak selalu mengeluarkan produk revolusioner yang mengejutkan dunia dan salah satu produknya adalah iPhone. Artikel ini akan menjelaskan perkembangan teknologi iPhone, sebuah gadget yang berhasil mengubah dunia.

1.Konektivitas 3G & Kamera Depan Pertama

Pada konvensi Apple WWDC (Worldwide Developers Conference) tahun 2007 Steve Jobs, CEO Apple saat itu, mengeluarkan ponsel merek Apple pertama yaitu iPhone. Pada saat itu iPhone merupakan ponsel yang sangat revolusioner. iPhone adalah salah satu ponsel pertama yang mempopulerkan layar sentuh yang pada saat itu hampir semua ponsel menggunakan keypad qwerty. Pada iPhone 3 Apple memperkenalkan ponsel dengan konektivitas internet 3G. Pada saat itu kebanyakan ponsel masih menggunakan konektivitas gprs atau edge untuk internetnya. Namun iPhone tidak berhenti sampai di situ. Pada iPhone 4 Apple menaruh kamera depan pada ponselnya. Hal yang tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh developer ponsel lain. Mungkin perkembangan teknologi iPhone pada kamera depan ini adalah awal dari viralnya budaya selfie yang sekarang ditemui ya?

2. Touch ID & Layar Besar

Ponsel iPhone 5 adalah ponsel pertama yang dirilis setelah kematian Steve Jobs pada tahun 2012. Oleh karena itu pada 2012 silam, saat ponsel iPhone 5 ini dirilis banyak yang meragukan kapabilitasnya. Benar saja, iPhone 5 belum dapat menjawab ekspektasi penggemar iPhone. iPhone 5 hanya muncul dengan layar lebih besar setengah inci dan tidak memiliki fitur ataupun spesifikasi yang jauh lebih canggih dari iPhone 4S. iPhone 5 memiliki keunggulan face detection dan jaringan 4G saja. Setahun kemudian iPhone hadir dengan iPhone 5S dan iPhone 5C. Perbedaan dari dua ponsel tersebut adalah material bahannya saja. iPhone 5S menggunakan alumunium, sedangkan iPhone 5C menggunakan bahan plastik. Ini yang menyebabkan harga iPhone 5C jauh lebih murah, tapi tetap memiliki kecanggihan yang sama. Berbeda dengan huruf S pada 4GS yang berarti Speed, huruf ‘S’ pada iPhone 5S punya arti security. Berkaitan dengan itu, Apple pertama kali merilis Touch ID sebagai pengamanan data ponsel pada iPhone 5S ini. Touch ID menggunakan sidik jari untuk mengkonfirmasi kode password baik untuk pengunci layar, pembayaran AppStore, dan password Apple ID. Bisa dibilang ini adalah pertama kalinya Apple melakukan perkembangan teknologi iPhone di bidang keamanan untuk mengantisipasi pencurian data dan kerugian finansial secara digital.

3. Wireless Charging & Hilangnya Audio Jack

Apple iPhone 6S adalah salah satu ponsel dengan penjualan paling laku. Berhasil terjual sebanyak 13 juta hanya pada minggu pertamanya. Selain itu iPhone 6 & 6S ini juga merupakan ponsel Apple pertama dengan 3D Touch yang menambah experience Lo saat menggunakan iPhone. NFC (Near Field Communication) chips juga pertama kali dipasang pada iPhone 6 ini. Hal ini dapat memudahkan Lo untuk pembayaran menggunakan uang elektronik atau Apple Pay. Setelah sukses dengan iPhone 6 & 6S, iPhone membuat gebrakan yang cukup mengagetkan, yaitu menghilangkan port jack 3,5mm yang biasa digunakan untuk earphone/headset. Hal ini dilakukan karena perkembangan teknologi iphone memang mengarah ke wireless technology. Jadi Apple memang ingin menggunakan teknologi nirkabel pada seluruh perangkatnya, seperti wireless charging dan juga AirPods (earphone nirkabel keluaran Apple). Tapi Apple tetap menyediakan earphone dengan lightning connector untuk Lo yang masih mau menggunakan kabel.

4. iPhone X & 11 yang Powerful

Setelah bertahan dengan design yang dikembangkan dari iPhone 6 sampai iPhone 8, akhirnya pada 2017 Apple merilis iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan design yang cukup berbeda. IPhone X ini juga menandai ulang tahun iPhone yang ke 10. Oleh karena itu perkembangan teknologi iPhone X ini juga cukup banyak dan canggih banget. Pertama iPhone X adalah pelopor layar super retina atau OLED (Organic Light Emitting Diode) dari sebelumnya layar retina dan LED biasa. Selain itu, bezel (rangka besi) yang ada di pinggir layar juga disingkirkan agar mendapatkan layar yang lebih besar. Jadi lebih luas saat menonton video atau bahkan film. Layar home button juga dihilangkan dan bersamaan dengan itu Touch ID yang tadinya dipakai untuk pengamanan ponsel juga hilang. Sebagai gantinya iPhone X dan 11 memiliki sistem Face ID, yaitu sebuah sistem pengamanan dengan wajah pengguna sebagai aksesnya. Selain itu iPhone X dan 11 juga menggunakan chipset yang dibuat sendiri oleh Apple yaitu Bionic A11 dan Bionic A13. Dengan prosesor yang memiliki dua jenis inti yaitu “performance” dan “efficiency” yang bisa membantu mengoptimalkan ponsel ini, tetapi memakan daya yang seminimal mungkin. Pada saat launching iPhone 11 mampu bertahan hampir 24 jam dengan hanya sekali charge dengan penggunaan normal. Chipset A13 ini juga mempunyai kecepatan 9 kali lebih cepat dengan mengoperasikan 5 triliun operasi per detik dibanding chipset pendahulunya.

 

Itu adalah perkembangan teknologi iPhone yang wajib Lo tau! Setiap minggunya MyMovement.id rutin merilis artikel buat Move Creators yang suka dengan konten Technology, Gaming, Lifestyle, dan, Music. Ayo Cek artikel lainnya di MyMovement.id untuk menambah pengetahuan Lo! Jangan lupa juga untuk cek Creators of The Month untuk tulisan dari Move Creators yang sudah kita kurasi dan kita tampilkan di website ini ya!

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators