4 Teknologi Mutakhir di Dalam Konser, Pernah Ngerasain?

November, 18 2020

Perkembangan zaman yang kian melesat mengiringi pula teknologi mutakhir dalam konser yang mungkin pernah kita nikmati. Selain bertujuan untuk menyaksikkan performance sang musisi, kita tentunya mencari experience yang oke dalam menikmatinya. Ini dia deretan teknologi yang bikin Lo tambah enjoy nikmatin konser musik. Simak, yuk!

 

Hologram dan Video Mapping

Penerapan video mapping dalam konser mungkin dimulai sejak era 1960-an, tapi ini menjadi teknologi mutakhir di dalam konser. Contohnya band rock asal New York yang bernama Velvet Underground. Velvet Underground seringkali memasukan unsur seni atau art dalam musik mereka. Hal ini ga lain dan ga bukan, karena manajer mereka yang juga seorang seniman, Andy Warhol. Kala itu mereka memakai proyektor sederhana yang diarahkan ke panggung. Selain itu, Pink Floyd, band art rock dari Inggris juga memakai metode ini. Pada 2011, Pink Floyd bekerja sama dengan Richard Turner mereka membuat konser dengan tema video mapping yang super megah. Selain video mapping, musisi/performer menggunakan hologram untuk membuat kagum penonton. Hologram biasanya digunakan untuk berkolaborasi dengan musisi yang sudah tiada. Ada beberapa kali konsep hologram ini dibuat, yaitu:

  • Hologram Tupac Shakur, pada konser Snoop Dogg di Coachella 2012.

  • Roy Orbison and Buddy Holly di “The Rock ‘n Roll Dream Tour

  • An Evening with Whitney Houston

Penampilan Tupac Shakur yang legendaris ngebuat penonton di Coachella terkagum dan histeris saat itu. Hal ini, diliat sebagai sebuah peluang pemilik BASE Hologram Martin Tudor. Oleh karena  itu, ia membuat konser yang memang berbasis hologram untuk memperlihatkan kepada penonton sekarang, musisi yang sudah meninggal dunia seperti Roy Orbison, Buddy Holly, dan Whitney Houston. Setelah ini, mereka berniat untuk membuat konser hologram Elvis Presley, Ronnie James Dio, Johnny Cash, dan Frank Zappa di masa depan. Kita nantikan aja ya,kelanjutannya!

 

CGI

Efek CGI (Computer-Generated Imagery) adalah sebuah efek visual yang dibuat menggunakan software komputer. Salah satu contoh yang paling bagus dari konser yang menggunakan CGI adalah Gorillaz. Gorillaz adalah grup musik yang unik, karena menggunakan karakter-karakter komik sebagai personilnya. Uniknya, jarang ada yang tau siapa personil asli dari grup ini, kecuali Damon Albarn. Mereka juga berusaha menggunakan teknologi mutakhir di dalam konser untuk membuat karakter-karakter komik mereka menjadi nyata. Ada 4 karakter yang merupakan personel virtual dari Gorillaz, yaitu:

  • Murdoc sebagai pemain bass

  • Noodle sebagai pemain gitar

  • Russel sebagai pemain drum

  • 2D sebagai vokalis

Saking seriusnya band ini dengan karakter-karakter visual mereka, band ini juga punya ilustrator sendiri, Jamie Hewlett yang membuat animasi-animasi untuk kebutuhan konser atau video klip. 

 

VR (Virtual Reality)

Dengan berkembangnya teknologi, bentuk konser juga jadi muncul dengan konsep yang bermacam-macam. Salah satunya dengan menggunakan headset VR (Virtual Reality). Konser ini ngebuat Lo bisa nikmatin konser 360 derajat dari rumah aja. Beberapa musisi yang udah ngadain konser vR ini, yaitu:

  • Burning Man

  • Hulaween

  • Sonic Bloom

Semua konser di atas dibuat sama Groove science Studios yang mengklaim sebagai developer konser VR pertama di dunia. Menariknya konser ini, Lo bisa nikmatin konser tanpa perlu berdesak-desakan dan terasa lebih intim/dekat dengan musisi favorit Lo. Yah, mungkin Lo ga bisa dapetin keseruan seperti konser langsung, tapi menarik banget untuk dicoba lho!

 

Live Streaming

Semenjak era pandemi, kita ga bisa nonton konser secara langsung karena alasan kesehatan dan upaya mencegah persebaran virus. Pada akhirnya penyelenggara konser dan musisi pun mencari solusinya. Alhasil, banyak sekali konser live streaming untuk menjadi cara mengobati rasa kangen nonton konser. Lo juga bisa sih bikin konser live streaming sendiri, dengan cara:

  • Punya koneksi internet yang stabil

  • Punya Webcam atau kamera yang bagus

  • Punya peralatan musik yang Lo butuhkan

  • Bikin akun untuk platform live-streaming, seperti YouTube

Tinggal set-up, kasih tau penonton Lo, dan mulai live streaming Lo! Ga usah yang terlalu ribet, cukup bikin yang simpel dan sesuai dengan kebutuhan/kemampuan Lo. Lo bisa tonton dulu konser-konser virtual dari musisi favorit Lo dan pelajarin gimana cara bikin live streaming yang keren.

 

Itu dia 4 teknologi mutakhir di dalam konser yang pernah ada! Ke depannya bakal ada konsep yang kayak gimana lagi ya? Pasti bakal lebih canggih dan ningkatin experience nonton konser! Kalo Lo suka musik dan tertarik sama gitar, cek juga artikel kita tentang 4 gitaris terbaik sepanjang masa! Siapa tau ada gitaris favorit Lo.

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators