4 Chipset Handphone Terbaik 2020, Apa Kelebihannya?

November, 03 2020

Apa, sih, biasanya hal yang bikin #MOVECreators tertarik buat beli handphone? Setiap orang bisa saja memiliki ketertarikan yang berbeda-beda saat mau membeli gadget. Namun pasalnya, pada 2020 makin banyak orang yang tertarik dengan perangkat handphone karena chipset-nya! Alasannya, banyak banget Creators yang senang melakukan ragam pekerjaan dalam genggaman dan meningkatnya jumlah pemain mobile game. Faktor tersebut lah yang membuat kebutuhan akan kualitas smartphone yang tinggi berdasarkan chipset-nya makin melonjak. Berikut 4 chipset handphone terbaik 2020, mana yang menarik perhatian Lo?

 

Apple A14 Bionic

Bersamaan dengan dirilisnya iPhone 12, Apple juga merilis chipset terbarunya nih. Sebenarnya sih chipset ini udah ada di iPad Air 4 yang keluar di bulan Oktober 2020 ini, tapi akan lebih optimal di iPhone 12. Katanya sih ini bisa jadi chipset handphone terbaik 2020. Kok bisa? Apple mengklaim chipset ini adalah chipset dengan proses 5nm (nanometer) pertama di dunia. Artinya, chipset ini akan lebih unggul dari sisi ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari chipset 7nm. Spesifikasi lengkap dari chipset A14 bionic ini adalah:

  • Memiliki 11,8 miliar transistor

  • Memiliki 16-core Neural Engine

  • Bisa menjalankan 11 triliun operasi per detiknya

Jangan bingung dulu Move Creators, kita akan jelaskan detailnya nih. Jadi 11,8 miliar transistor di dalam 5nm chip ini akan membuat performa iPhone lebih tinggi tanpa menggunakan daya baterai yang tinggi nih. Singkatnya, chipset ini akan memiliki performa maksimal tapi irit baterai. Jangan salah ya, iPhone ini bukannya punya 16 cores/inti, A14 tetap memiliki 6 cores/inti, tapi memiliki 16 cores Neural Engine. Dengan ini A14 Bionic lebih cepat 40% dari A13 dan 50% dari merek lainnya. Selain itu, A14 juga bisa menjalankan 11 triliun operasi per detiknya yang udah pasti ningkatin resolusi visual dan support 5G. Canggih banget, kan?

 

Snapdragon 865+

Nah, mungkin kalian udah ga asing lagi nih sama chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon ini. Soalnya, chipset Snapdragon ini emang sering banget dipake sama handphone berbasis Android. Kali ini Qualcomm kembali dengan Snapdragon 865+ untuk bersaing menjadi chipset handphone terbaik 2020 ini. Setiap tahunnya Qualcomm merilis dua chipset flagship nih. Tahun 2020 ini Qualcomm sudah merilis Snapdragon 865+ dan akan merilis Snapdragon 875 pada Desember ini. Sebelum 875 rilis kita kenalan dulu nih sama Snapdragon 865+. Snapdragon 865+ ini adalah chipset yang support dengan sistem 5G kedua keluaran Qualcomm setelah Snapdragon 865. Chip 865+ ini memiliki keunggulan seperti:

  • Fitur Elite Gaming

  • Performa yang lebih besar, tapi tenaga yang lebih efisien dengan  Kyro 585 CPU

  • Kecepatan jaringan 5G

Emang 865+ ini sengaja dikeluarkan oleh Qualcomm untuk maksimalin fitur gaming. Usaha ini dilakuin biar game mobile yang diperkuat sama 865+ ini ga kalah sama game PC atau console. Selain HDR (High Dynamic Range) yang lebih bagus dan warna yang lebih tajam dengan Game Color Plus 2.0, Lo juga akan dapet experience gaming yang lebih hebat karena support kecepatan jaringan 5G yang mencapai 7,5 Mbps. Cocok banget nih buat Lo yang suka main game atau streaming game lewat handphone.

 

Dimensity 1000+

Dimensity adalah pesaing kuat Snapdragon untuk menjadi chipset handphone terbaik 2020 pada tipe Android. Mungkin Lo biasa nemuin chipset Mediatek ini di handphone entry atau mid-range, tapi bukan artinya Dimensity 1000+ punya kualitas yang payah. Yuk, cek dulu spesifikasi apa sih yang ada di Dimensity 1000+ ini:

  • Prosesor dengan 8 inti

  • Support fitur 5G

  • HyperEngine 2.0

Seperti Snapdragon 865+, Dimensity 1000+ juga punya 8 inti yang buat kerja prosesor ini efisien dan lebih powerful dari seri yang sebelumnya. Selain itu, Dimensity 1000+ ini juga support jaringan 5G dan punya fitur gaming yang bernama HyperEngine 2.0. Singkatnya sih, walaupun biasa ditemuin di handphone yang bisa dibilang kelas menengah, kualitas dan performa chipset ini ga usah diraguin lagi. Bahkan, bisa banget bersaing dengan handphone Flagship kok!

 

Kirin 990 5G

Kalian pasti tau kan perusahaan teknologi terbesar di Tiongkok bernama Huawei?  Huawei emang paling terdepan nih, terutama di Tiongkok. Bukan cuma gelar, huawei bahkan sudah membuat chipset sendiri yang bernama Kirin sejak beberapa waktu lalu. Walaupun masih terbilang baru, kualitasnya juga bisa menyamai chipset-chipset dari brand lain yang udah ada duluan. Nah, produk terakhir mereka, yaitu Kirin 990 5G adalah chipset pertama Huawei yang support 5G lho. Selain itu, keunggulan lain dari chipset ini adalah:

  • Memiliki lebih dari 10 miliar transistor

  • Mendukung video kualitas 8K

  • Mempunyai kualitas image processing yang menawan

Kirin 990 5G ini emang punya keunggulan besar di segi kualitas foto dan videonya. Ga salah kalo Huawei P40 Pro itu sempat menjadi handphone dengan kualitas kamera terbaik sebelum dikalahkan oleh Xiaomi 10 Pro. Jadi, untuk Lo yang suka banget bikin konten travelling berbentuk foto, video, atau vlog cocok banget nih pake handphone yang didukung sama Kirin 990 5G ini. Kira-kira Huawei akan mengeluarkan chipset apalagi ya untuk menjadi chipset handphone terbaik 2020?


Nah, itu dia empat chipset handphone terbaik 2020! Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, pasti mereka berlomba-lomba nih bikin hardware yang ga kalah canggih. Nantinya, mungkin Lo bisa main game yang secanggih game PC cuma dari handphone. Buat Lo yang suka main game, pasti tau dong game yang bernama PUBG. Yuk, cek artikel lain dari MyMOVEment.id untuk tau sejarah game ber-genre Battle Royale seperti PUBG dan juga game lainnya.

#GAMING
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators