Venue Festival Musik Paling Terkenal di Indonesia

September, 29 2020

Dalam beberapa tahun belakangan, banyak ragam festival musik yang diadakan di Indonesia. Mulai dari yang berskala nasional sampai internasional. Berikut adalah venue festival musik paling terkenal dan paling sering digunakan. Mana sih yang paling Lo sering kunjungi?

 

1. Gelora Bung Karno, Jakarta

Siapa yang gatau Gelora Bung Karno atau sering disebut GBK ini? Yup, stadion bola yang dibangun pada zaman Soekarno ini memang sudah diketahui sebagai venue festival musik paling terkenal di Indonesia, bahkan dari tahun 70-an. GBK, waktu itu masih bernama Stadion Senayan, merupakan venue legendaris yang memuat Deep Purple pada 1975. Konser itu adalah konser internasional pertama di Indonesia, jadi nilai historisnya cukup kental, nih. Selain Deep Purple GBK pernah didatangi musisi, seperti:

  • Metallica

  • Linkin Park

  • Ed Sheeran

  • One Direction

  • Bon Jovi

Di atas adalah sedikit dari banyak lainnya yang tidak bisa disebutkan dalam artikel, karena list yang terlalu panjang. GBK banyak dinikmati untuk menonton musik berskala besar adalah karena kapasitasnya yang sangat besar dan mampu memuat lebih dari 77 ribu orang. Bahkan jumlah ini sedikit lebih banyak dari Old Trafford, kandang klub Mancheester United, yang menampung 76 ribu orang.

 

2. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Selain menyediakan tempat untuk traveling dan berlibur, pulau dewata juga menyediakan venue musik skala nasional dan internasional. Sebut saja Djakarta Warehouse Project atau lebih dikenal dengan DWP yang membawa konser mereka ke Bali, tepatnya di aruda Wisnu Kencana (GWK). DWP yang biasanya diadakan di Jakarta, pada 2018 membawa konsernya ke Bali dengan performers:

  • The Weeeknd (Amerika Serikat)

  • Kimokal (Indonesia)

  • Alesso (Swedia)

  • CyberJapan (Jepang)

Tentu bukannya tanpa alasan DWP memboyong acara mereka ke Bali. DWP bisa menyuguhkan konsep baru dan unik khas Bali yang mungkin akan sulit diwujudkan di Indonesia. Selain DWP, masih banyak artis internasional di GWK. Sebut saja Paramore, Iron Maiden, KSHMR, dan masih banyak lagi!

 

3. JIExpo Kemayoran, Jakarta

Buat MOVE Creators yang sering nonton konser pasti udah ga asing lagi sama Jakarta International Expo kemayoran, karena emang venue ini terkenal sering menggelar konser dan festival. Seperti halnya GBK, JIEXpo Kemayoran ini sering dijadikan opsi untuk beragam pagelaran. Tempat yang luas dan berisikan banyak Hall mungkin menjadi penawaran yang menarik untuk promotor musik. Festival yang kerap hadir di JIExpo Kemayoran adalah Java Jazz Festival dan banyak lainnya. Selain festival, JIExpo juga beberapa kali menampilkan konser tunggal dari musisi mancanegara. Salah satunya adalah Mike Shinoda dari Linkin Park yang menggelar konser tunggalnya di JIExpo Kemayoran pada tahun 2019 lalu.

 

 

4. ICE BSD, Tangerang

Tangerang akhirnya mempunyai venue musik berskala Internasional dengan adanya ICE BSD ini. Selain venue yang besar, ICE BSD juga mempunyai gaya arsitektur yang modern sehingga menimbulkan kesan yang elegan. Namun, sayangnya ICE BSD hanya mampu menampung 10.000 orang. Meskipun begitu, festival musik yang diadakan di ICE BSD tidak kalah meriah dengan venue lainnya. Adanya konser dan festival yang pernah digelar di ICE BSD adalah:

  • SHVR Ground festival

  • John Mayer

  • Katy Perry

  • Indonesia Gospel Project

  • Charlie Puth

Ya, MyMOVEment.id juga pernah berpartisipasi dalam acara musik di ICE BSD melalui SHVR Ground Festival (SGF) pada 2019 silam, lho! Nah, MOVE Creators ada yang hadir dan ngerasain keseruan waktu itu ga? Menurut kalian, setelah pandemi ini, kita perlu ngadain acara musik yang seru lagi ga sih? Pasti kalian udah kangen banget nih nonton konser lagi!


Itulah venue festival musik paling terkenal di Indonesia. Sayangnya, kita harus bersabar untuk nikmatin konser dan festival lagi di tahun ini. Sambil bersabar, biar ngga bosen, Lo bisa lho tetap produktif selama di rumah aja! Coba deh cek artikel kita tentang cara memulai home recording! Cocok banget buat MOVE Creators yang ingin menjadi produser musik atau ingin memulai podcast. Atau buat Lo yang ingin melakukan live streaming, tapi masih bingung gimana cara ngelakuinnya. Langsung aja cek artikel kita dan stay productive!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators