4 Tips Melakukan Live Streaming yang Perlu Lo Tau

September, 01 2020

Kalian tau kan kalo sekarang menjadi seorang influencer atau content creator sudah bisa dijadikan pekerjaan utama kita. Dengan penghasilan yang menggiurkan, akhirnya membuat banyak orang mau jadi influencer dan content creator. Nah salah satu yang seru dari konten Youtuber itu adalah live streaming, karena lo bisa bikin siaran langsung seperti di TV. Tentu saja live streaming ini bisa lo atur agar ada siaran ulangnya atau upload ke dalam feed lo di Youtube. Kita akan ngasih tau lo 4 tips melakukan live streaming yang membantu live streaming kalian bisa viral. Yuk simak di bawah ini!

 

1. Siapkan Gear yang Memadai

Tips melakukan Live Streaming yang pertama adalah siapkan gear yang memadai. Tentunya kalau Lo mau bikin konten yang bagus, gunakanlah gear yang decent. Yah, merogoh kocek yang lumayan sih, tapi hasilnya pasti bikin Lo puas. Mungkin Lo juga bisa streaming langsung menggunakan smartphone, tetapi tetap hasilnya tidak akan sebagus dengan menggunakan gear seperti:

  • Canon Vixia HF R800
  • Tripod Magnus VT 4000
  • Tascam DR-10L
  • Elgato Stream Deck

Dengan setup seperti ini Lo akan seperti streamer profesional, tapi sebenarnya memang sesuai kebutuhan Lo. Akan sedikit sulit mengoperasikan setup seperti ini. Artinya Lo butuh tim produksi untuk melakukan live streaming Lo. Jika Lo ingin menggunakan set yang lebih basic lo bisa menggunakan gear seperti:

  • Logitech Brio Webcam
  • Blue Snowball ICE Condenser
  • Elgato Stream Deck Mini

Nah, kalo setup seperti ini Lo bisa dengan mudah mengoperasikannya sendiri. Ya kedua setup ini sama-sama bagus. Tergantung kepada kebutuhan Lo juga. Jangan lupa Lo juga harus memiliki Laptop atau Personal Computer (PC) yang menunjang kebutuhan live streaming Lo.

2. Pastikan Koneksi Stabil

Wah ini sih emang musuh semua streamer ya, jangankan streamer, yang bukan saja pasti benci melihat sinyal yang tidak stabil. Nah ini penting banget loh, ga mungkin kan live streaming lo yang sudah lo persiapkan dengan matang jadi kurang bagus karena lagging. Makanya ini menjadi tips melakukan live streaming yang kedua. Pilih ISP (Internet Service Provider) yang lo percaya dan beli router yang layak biar siaran lo lancar jaya. Selain itu pastiin juga ga ada orang lain yang streaming film, buka Youtube, apalagi main di rumah lo, ya setidaknya sampai streaming lo selesai.

3. Buat Karakter yang Tepat untuk Live Streaming

Setelah lo pastiin visualnya oke dan koneksi udah stabil, semua akan bergantung kepada lo biar streaming ini menjadi menarik. Selain konsep acara yang ciamik, lo juga harus punya karakter saat ngebawain acara lo. Inilah yang akan menjadi tips melakukan live streaming selanjutnya yaitu karakter! Coba liat dari begitu banyaknya acara di TV kalian pasti punya acara favorit kan? Selain acaranya mempunyai konsep/konten yang bagus, kalian juga pasti suka sama gaya pembawa acaranya. Nah, itulah karakter. Karakter ini yang nantinya akan menentukan siapa penonton lo. Kalian bisa sih meniru dulu gaya pembawa acara yang kalian suka, nantinya juga kalian akan mendapatkan gaya milik kalian sendiri. Jangan khawatir kalau karakter kalian gak langsung muncul, karena semua perlu proses.

4. Buat Konten Interaktif

Tip melakukan live streaming  yang satu ini gunanya biar penonton lo betah nonton stream lo. Iya betul sekali hal itu adalah konten interaktif. Gimana sih maksudnya? Nah seseru apapun konten stream lo, penonton lo pasti akan bosen kalo ga dilibatkan. Lo harus melibatkan penonton lo ke dalam konten lo. Misalnya bikin Q&A atau bikin sistem polling. Bisa juga kalian membuat kuis yang nantinya jawaban yang terpilih akan diberikan hadiah berupa giveaway atau hadiah lain yang bisa kalian kasih. Kalian juga harus manfaatin tampilan komentar di live Instagram atau Youtube. Sekedar membacanya saja sudah merupakan interaksi kepada penonton kalian loh.

Nah itu dia Move Creators Tips melakukan live streaming yang bisa membantu konten lo viral. Semoga tips-tips di atas bisa membantu lo memulai konten atau membuat konten lo semakin oke. Gimana Move Creators setuju ga? Atau punya tips yang lebih oke lagi? Jangan lupa juga ya untuk kunjungin Move Creators Manual untuk kalian yang tertarik mengetahui proses pembuatan konten. Selain itu, kunjungi juga Counter Move untuk dapetin insight yang keren banget dari Content Creator dan juga mengetahui gear apa yang mereka pakai.

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators