Tanaman hias tidak hanya memiliki fungsi untuk mempercantik rumah saja. Karena sebenarnya ada banyak sekali tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa melindungi kesehatan Anda dan keluarga. 

Polutan atau pencemaran udara tidak hanya bisa mengancam kesehatan seseorang saat berada di luar, namun juga saat berada di dalam rumah. Karena ada beberapa jenis polutan atau gas udara berbahaya yang kerap bersarang di dalam ruangan dan berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Melalui artikel ini, kami akan berikan beberapa rekomendasi tanaman hias yang bisa menyedot racun udara di rumah Anda. Jadi, perhatikan penjelasannya sampai habis di bawah ini. 

Daftar Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Beberapa jenis polutan seperti formaldehyde, volatile organic compounds, nitrogen oksida, karbon monoksida, pestisida dan desinfektan merupakan jenis gas udara berbahaya yang banyak bersarang di sebuah hunian. 

Polutan-polutan ini bahkan bisa menimbulkan gejala bangunan sakit yang menyebabkan penyakit seperti sakit kepala, mudah lelah, alergi, kanker, bahkan sampai kematian. 

Para ilmuwan dari NASA sudah menemukan bahwa ada beberapa tanaman hias bisa dijadikan sebagai senjata ampuh untuk melawan polutan. Sehingga nantinya udara yang ada di sekitar rumah bisa lebih segar dan bersih. Baiklah, langsung saja simak beberapa daftar tanaman hias indoor penyerap polutan. 

1. Lidah Buaya

Source: houseplantscorner.com

Ternyata, tanam hias yang biasa dijumpai ini memiliki kemampuan untuk membasmi racun udara yang terjadi pada sebuah tempat. 

Lidah buaya menjadi tanaman hias yang tidak hanya bisa mempercantik ruangan Anda saja, namun juga menjaga kesehatan seluruh penghuni rumah. Anda bisa menempatkan tanaman lidah buaya di dapur dekat wastafel dan ruangan terbuka seperti teras rumah. 

2. Spider Plant

Spider plant juga menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki fungsi untuk membersihkan udara dari formaldehyde yang disebabkan karena asap tembakau dan knalpot. Selain itu, tanaman ini juga akan membuat udara menjadi lebih lembab. Sehingga sangat cocok ditempatkan untuk dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik

3. Kembang Sepatu

Kembang sepatu juga bisa berfungsi untuk mengeluarkan gas udara berbahaya seperti phytoncide dan senyawa antimikroba yang membuat udara di sekeliling menjadi lebih bersih dan sehat. Anda bisa menempatkannya di kamar tidur sebagai hiasan rak dinding. 

Namun pahami dulu bagaimana cara membuat rak dinding minimalis modern yang tepat. 

4. Anggrek Bulan

Source: bonastoria.com

Selain mempercantik kamar, anggrek bulan juga bisa berfungsi untuk membersihkan udara dengan mengeluarkan oksigen di malam hari. Tanaman hias ini bahkan menjadi tanaman jaman now karena bentuknya indah sehingga akan membuat pasang mata yang melihatnya terpana. 

5. Lidah Mertua

Apakah Anda akhir-akhir ini merasa tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik? Bisa saja itu karena racun-racun dari udara yang bersarang di dalam rumah. Jangan khawatir! 

Karena tanaman lidah mertua dapat menjaga kesehatan Anda dan keluarga dengan mengeluarkan oksigen di malam hari. Bahkan juga bisa meningkatkan kualitas tidur sang pemilik rumah.

6. European Ivy

European Ivy menjadi tanaman hias indoor penyerap polutan seperti karbon dioksida, metal, dan formaldehyde. Sehingga udara yang ada di sekitarnya menjadi lebih sehat dan bersih. Anda bisa menempatkan tanaman ini di dalam kamar mandi agar terkesan natural dan sejuk.

7. Chinese Evergreens

Berikutnya, Chinese Evergreens menjadi salah satu tanaman hias yang dapat menghilangkan formaldehyde di udara dan juga zat kimia yang bisa memicu kanker. Anda bisa menempatkan tanaman hias yang cantik ini di dalam kamar mandi, tepatnya di dekat shower atau pancuran mandi. 

8. Pakis Boston

Tanaman hias indoor penyerap polutan yang  berikutnya adalah pakis boston. Tanaman ini memiliki ciri yang spesifik sehingga akan membuat mudah Anda untuk mengenalinya. Setiap helainya memiliki beberapa helaian lagi yang terlihat seperti jumbai-jumbai. 

Pakis boston merupakan tanaman hias daun yang masih satu keluarga dengan pohon suplir. Bahkan mampu untuk menyedot racun xylene dan formaldehyde menggunakan selomata dan mengubahnya menjadi zat yang bermanfaat. Pakis boston cocok untuk ditempatkan di pot gantung atau lantai.

9. Peace Lily

Peace lily merupakan tanaman hias indoor penyerap polutan seperti racun benzena dan formaldehyde. Meskipun perawatannya tidak terlalu sulit, namun Anda perlu memperhatikan penempatannya karena membutuhkan cahaya dan kelembaban yang tinggi agar bisa tumbuh subur. Daunnya pun harus sering disemprot dengan air hangat. 

10. Dracaena Deremensis

Dracaena Deremensis menjadi tanaman hias terakhir yang berfungsi untuk membuat udara di sekitar terbebas dari udara beracun. Tenang saja, tanaman sangat mudah dirawat dan tidak membutuhkan cahaya terang agar bisa tumbuh subur. 

Dracaena Deremensis dapat beradaptasi dan hidup di area dengan cahaya yang rendah apabila penyiraman airnya dikurangi. Anda bisa menjaga tanah di dalam pot agar tetap lembab dan sering menyemprotnya menggunakan air hangat. Kemudian, potong daun-daun yang mati untuk memberi ruang daun baru yang tumbuh. 

Itulah 10 tanaman hias indoor penyerap polutan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menjaga kesehatan dan keindahan di dalam rumah. Agar ruangan terlihat lebih rapi dan cantik, gunakan indoor gorden yang sesuai.

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version