Sudah paham bagaimana cara membuat rak dinding minimalis modern

Rak dinding menjadi salah satu furnitur yang ideal untuk sebuah rumah dengan gaya minimalis. Dengan menggunakannya, secara tidak langsung memberikan kesan yang lebih modern. Terlebih, fungsinya bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, seperti aksesoris dinding dan foto-foto bingkai kecil. 

Namun yang menjadi masalah sekarang, harga yang dibanderol untuk sebuah rak dinding masih terbilang cukup mahal. Untuk Anda yang ingin mendapatkan kesan ruangan modern dan minimalis otomatis harus mempertimbangkan dari segi biaya. Hm, namun bagaimana jika membuatnya sendiri?

Jenis-Jenis Rak Dinding Minimalis

Sebelum Anda menerapkan cara membuat rak dinding minimalis modern, akan lebih baik jika pahami dulu jenis-jenisnya. Karena rak dinding haruslah dibuat menyesuaikan kebutuhan di dalam ruangan. Maka dari itu, kenali apa saja jenis rak dinding di bawah ini yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

1. Rak Dinding Melayang

Rak dinding melayang atau yang juga terkenal dengan sebutan floating shelf ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, jenis ini akan menempel pada dinding sehingga terlihat melayang. 

Jenis rak dinding ini biasanya merupakan rak dinding tanpa siku yang tidak memiliki pembatas atau penahan di ujung rak. Hal tersebutlah yang menjadikan rak dinding melayang ini masuk ke dalam kategori rak dinding minimalis. 

2. Rak Dinding Kabinet

Apabila Anda menginginkan sebuah rak dinding yang menyerupai jendela, rak dinding kabinet bisa menjadi pilihan yang tepat. Ukurannya memang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan desain rak dinding melayang. Namun meskipun ukurannya besar, model rak dinding ini tetap menampilkan kesan yang minimalis dan sederhana. 

Karena itu, rak dinding kabinet sering digunakan pada ruangan yang ingin menampilkan kesan minimalis. Selain itu, jenis ini juga bersifat lebih aman dibandingkan rak dinding melayang. Anda juga bisa menambahkan kaca atau pintu untuk menjaga barang-barang yang diletakkan tidak mudah jatuh. 

Panduan Cara Membuat Rak Dinding Minimalis Modern

Di dalam panduan ini, Anda akan mempelajari cara membuat rak dinding minimalis modern dengan menggunakan bahan kayu. 

Mengapa harus kayu?

Kami merekomendasikan Anda untuk membuat sebuah rak dinding minimalis menggunakan kayu karena bahan ini memiliki sifat yang fleksibel dan bisa ditempatkan di berbagai sudut ruangan. Bahkan fungsinya bisa digunakan sebagai rak dinding buku dan aksesoris lainnya. 

Selain sifatnya yang fleksibilitas, kayu juga menjadi bahan yang memiliki harga relatif murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun meskipun murah, bukan berarti kayu menjadi bahan yang lemah. 

Berdasarkan fakta, kayu justru memiliki daya tahan yang kuat. Memang, masih ada opsi lainnya membuat rak dinding untuk dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik menggunakan kardus. Namun kualitasnya tentu sangat berbeda dengan kayu. Baiklah, langsung saja simak bagaimana cara membuat rak dinding minimalis dari kayu.

1. Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Cara membuat rak dinding minimalis modern adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Mari kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahan yang harus Anda siapkan seperti:

  • Triplek atau kayu berukuran 12 mm
  • 2 buah plat besi berukuran 3 mm dengan panjang 7 sama 10 cm 
  • 2 buah plat besi berukuran 3 mm dengan panjang 26 sampai 35 cm 
  • Cat kayu
  • Lem kayu
  • Paku dan sekrup
  • 4 buah fisher s6

Kemudian, siapkan alat yang akan digunakan saat masuk ke proses pengerjaan, seperti:

  • Mesin las
  • Gerinda tangan
  • Palu dan obeng
  • Bor
  • Mata bor besi ukuran 6 mm dan mata bor untuk tembok ukuran 6 mm 
  • Gergaji kayu

2. Pengerjaan Pembuatan Rak Dinding

Baiklah, sekarang kita masuk ke bagian cara membuat rak dinding minimalis modern. Pastikan Anda memperhatikannya dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan saat membuatnya nanti.

Buat Bracket

Untuk bracket, Anda perlu menyiapkan plat besi dengan kualitas terbaik supaya rak dinding yang dibuat nanti semakin kuat. Bahkan Anda bisa memanfaatkan bahan besi dari sisa teralis jendela yang tidak terpakai. Buat lubang -+ 6 mm menggunakan bor di kedua sisi plat besi berukuran -+ 7 cm. 

Kemudian, lakukan pengelasan di plat besi dengan ukuran 2 cm pada bagian tengah yang sudah dilubangi dan membentuk huruf T. Agar menjaga besi tidak berkarat, lapiskan cat anti karat secukupnya. 

Proses Pembuatan

Potong triplek dengan ukuran tertentu atau disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan juga ukurannya sama dengan ukuran bracket yang sudah dibuat tadi.  Rakit triplek menggunakan lem kayu di setiap sambungan agar lebih kuat. 

Gunakan paku dan sekrup yang sudah Anda siapkan tadi untuk menyambung bagian rak. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan paku angin. Tutup bagian samping triplek menggunakan dempul dengan amplas sampai rata. Cat rak dinding sesuai dengan warna yang tidak kontras dengan ruangan agar bisa menciptakan penataan ruang tamu yang memanjang

Pasang Rak Dinding

Yang terakhir, pasang rak dinding di tempat yang Anda inginkan. Namun Anda perlu menandai bagian dinding yang akan dipasang rak. Buat lubang dengan cara dibor dan pasang fisher s6 di setiap lubang. 

Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan pasang bracket menggunakan obeng atau sekrup. Saat pemasangan, Anda juga bisa menggunakan waterpass agar rak dinding tampak semakin presisi. 

Itulah cara membuat rak dinding minimalis modern yang bisa Anda pahami. Namun sebelum membuat rak tersebut, Anda bisa mengecek katalog warna cat tembok Avian untuk memilih warna tembok yang sesuai dengan ciri khas pribadi Anda. 

Ayiko

Saya terobsesi dengan dunia Digital Marketing, khususnya dalam bidang SEO, SEM, Wordpress, dan Blogging. Blog ini saya khususkan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada teman teman semua.

Exit mobile version