Perlengkapan Wajib Buat Rekaman Proper, Penting!

January, 29 2021

Ngerekam musik ga harus di studio lagi, karena kecanggihan alat zaman sekarang nih. Lo bisa bikin lagu hits, walaupun Lo ngerekam dari kamar Lo aja! Tapi gimana sih caranya dan gears apa aja yang bakal dibutuhin. Makanya baca artikel ini sampe abis, untuk tau perlengkapan wajib buat rekaman, biar rekaman Lo sebagus rekaman di studio!

 

 

1. Komputer/Laptop yang Canggih

Pertama yang Lo butuhkan sebagai perlengkapan wajib buat rekaman adalah komputer atau Laptop yang canggih. Banyak banget nih pilihan yang ada di pasaran. Untuk itu Lo perlu jeli dalam ngeliat ha; apa aja yang akan Lo butuhin. Buat ngerekam musik Lo akan ngebutuhin prosesor dan RAM yang cukup tinggi. Karena kerja dari software-nya juga akan cukup berat, Lo akan butuh device seperti:

  • Dell XPS 13 (sekitar 33 juta rupiah)
  • Apple Macbook Pro M1 (sekitar 23 juta rupiah)
  • Razer Blade 15 (Sekitar 20 juta rupiah)

Tentu aja pilihan ini bisa disesuaiin dengan budget yang Lo punya. Pastiinn aja Prosesor Lo ga kurang dari Intel i5 generasi ke-9 dan RAM setidaknya 8GB untuk kerja yang terus optimal. Lo juga bisa pilih untuk ngerakit Pc yang relatif lebih murah, tapi inget dengan spesifikasi yang sama juga ya. Poin plusnya, Lo ga butuh VGA atau GPU yang bagus banget, karena ga akan dibutuhin pas editing musik.

 

 

2. DAW (Digital Audio Workstation)

Kalo Lo mau mulai rekaman sendiri di rumah, coba mulai pilih DAW yang cocok buat Lo. Karena DAW ini adalah perlengkapan wajib yang cocok buat rekaman. Cara gampangnya untuk milih DAW adalah sesuaiin sama OS (Operating System) dari Laptop atau PC Lo. Kalo Lo gunain produk Apple, Lo akan punya pilihan seperti:

  • Logic Pro
  • GarageBand
  • Audacity
  • Studio One

Dan kalo Lo gunain Windows atau Linux, Lo bisa coba DAW, seperti:

  • FL Studio
  • Cubase
  • Ableton Live
  • Pro Tools

Sebenernnya kalo ditanya apa sih perbedaan dari masing-masing DAW? Jawabannya ga akan begitu beda. Tapi, masing-masing DAW punya kelebihan dan kekurangan. Yanng paling perlu Lo cek adalah bisa dipake di device Lo atau engga dan seberapa mudah user-interface-nya. Dan inget ga semua DAW ini bisa Lo download secara gratis. Jadi sebelum Lo beli, mending riset dulu atau coba versi free-trial-nya dulu. Begitu udah cocok baru deh beli. Kalo bisa sekalian sama sample-nya, karena Lo akan banyak bereksperimen sama sample.

 

 

3. Pilih Audio Interface yang Cocok

Gears selanjutnya ga kalah penntinng sebagai perlengkapan wajib buat rekaman nih. Dalam rekaman musik Lo pasti akan ngebutuhin instrumen elektrik, instrumen, akustik, atau vokal kan? Oleh karena itu, Lo akan ngebutuhin audio interface yang cocok buat Lo. Pertama fungsinya dulu nih. Fungsi utama dari audio interface adalah untuk ngeubah sinyal analog dari instrumen atau vokal jadi sinyal digital yang bisa dibaca sama komputer Lo. Ya, setuju sih Lo bisa aja pake built-in mic atau pake mic USB aja untuk ngerekam semuanya, karena itu juga hal kedua yang paling penting dari audio interface adalah punya pre-amp. Pre-amp akan ngeproses suara yang direkam lebih jernih dan tentunya lebih bagus. Ada beberapa audio interface yang bisa Lo coba, yaitu:

  • Focusrite Scarlett 2i2 3rd Gen (sekitar 3 juta rupiah)
  • Apollo Twin (sekitar 11 juta rupiah)
  • Tascam 102i (sekitar 5 juta rupiah)
  • Behringer UMC202HD (sekitar 1,7 juta rupiah)

Tentu aja perbedaan harga yang ada ini akan ngebedain kualitas dan juga teknologi yang ada di dalamnya. Tapi seperti biasa, Coba pilih yang masuk sama budget Lo. Jangan sampe hal ini ngehambat produktivitas Lo. Dan coba mulai dengan yang sederhana dulu. 2 channel untuk rekaman di rumah sudah sangat cukup ko. Nah, coba pilih dengan bijak ya! Coba baca-baca review dan nonton dulu video YouTube-nya ya!

 

 

4. Mic dan Headphone/Monitor Audio

Setelah milih audio interface, perlengkapan wajib buat rekaman yang bagus hampir selesai nih. Selanjutnya Lo harus nentuin mic dan headphone/monitor audio yang bagus buat Lo. Ada 3 tipe mic yang bisa Lo pake, yaitu:

  • Microphone Dynamic - untuk ngerekam vokal karena punya low latency yang bagus banget buat nangkep suara vokal
  • Microphone Condenser -  Untuk ngerekam amplifier, instrumen, atau nuansa sekitar, karena akan lebih detil daripada dynamic.
  • Microphone USB - Biasa dipakai sama streamer atau podcaster, karena simpel banget. Tinggal colok aja USB ke Laptop/PC Lo dan langsung nyambung. Tapi, kualitasnya ga akan sebagus pake mic lainnya.

Nah, tinggal pilih aja yang sesuai sama kebutuhan Lo kan. Setelah itu, Lo butuh headphone/monitor speaker untuk ngecek kualitas audio yang udah Lo rekam. Bisa aja sih Lo pake speaker atau headphone yang biasa Lo pake. Tapi, bagusnya sih kalo Lo pake yang flat EQ, artinya suara output dari speaker atau headphone bakal sama kayak input vokal atau instrumen Lo. Karena biasanya output biasa itu punya bass booster atau treble booster, jadi suara yang kita denger udah ga terlalu “murni” lagi. Beberapa rekomendasi dari MyMOVEment.id adalah:

  • Sennheiser HD280Pro
  • AKG K240Studio
  • KRK Rokit 5G3
  • Yamaha HS8

Sebaiknya Lo punya keduanya ya, karena detil yang Lo dengerin akan beda kalo pake headphone atau pake speaker.Dengan ini lengkap deh perlengkapan wajib buat rekaman yang keren.

 

Itu dia beberapa gears yang bisa kita rekomendasiin buat perlengkapan wajib buat rekaman dari rumah, tapi tetep dapetin kualitas rekaman studio. Coba bikin musik terbaik Lo, siapa tau bisa manggung di venue terbaik di Indonesia yang kayak di artikel GMV ini!

#MUSIC
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS