Perbandingan PS5 dan Xbox Series Terbaru, Pilih Mana?

January, 08 2021

Buat MOVE Creators yang sangat-sangat mencintai game, akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba juga. Ya, itu adalah PS5 dan Xbox Series X yang akhirnya rilis dan mulai dijual di pasaran! Sejak awal rilis, para penggemar gim konsol ini langsung memburunya meskipun belum banyak gerai resmi yang menjualnya. Tentunya, dengan rilisan game eksklusif pada PS5 dan fitur baru di Xbox Series X, Sony beserta Microsoft berlomba-lomba menarik hati para pencinta gim konsol di generasi konsol terbaru ini.

Tentunya, konsol yang digadang-gadang sebagai next-gen yang memiliki kekuatan dan kelebihan paling mutakhir memiliki keunikannya masing-masing. Keduanya, Sony dan Microsoft, mencoba menawarkan inovasi-inovasi baru demi menggaet pasar yang lebih luas. Hal ini disebabkan karena dapat dipastikan gim konsol generasi ini akan bertahan cukup lama beberapa tahun ke depan sebelum muncul konsol generasi terbaru.

Untuk membantu Lo yang demen banget sama gim konsol, kami melakukan perbandingan PS5 dan Xbox series terbaru. Kami mencoba melakukan perbandingan di beberapa aspek yang ada di konsol next-gen buatan Sony dan Microsoft ini. Buat para gamers yang galau milih antara PS5 atau Xbox seri terbaru, sebelum mutusin beli yang mana, mending cek dulu spec-nya!

 

 

Desain dan Harga

Desain PS5 yang didominasi oleh warna putih yang melapisi bagian dalam berwarna hitam mengeluarkan kesan futuristik yang minimalis dan elegan. Berbeda dengan desain generasi-generasi konsol PlayStation sebelumnya, PS5 lebih berani menginovasi bentuknya lewat desain yang ciamik ini. Selain bentuk konsolnya, desain stick pada PS5 terlihat lebih menawan karena memiliki miniatur dari tombol-tombol yang ada di stick mereka.

Sementara itu, Xbox Series X nampaknya tidak terlalu mengindahkan perihal bentuk dan desain konsol next-gennya. Terlihat dari model konsol yang berbentuk persegi panjang dan berlogo khas Xbox. Desain Xbox Series X jika dilihat sekilas mirip dengan menara PC. Kira-kira begini highlight secara desain dan harga perbandingan PS5 dan Xbox series terbaru. Untuk range harga, keduanya berkisar di angka Rp7.400.000-an. Akan tetapi, PS5 memiliki konsol versi digital yang dibanderol dengan harga lebih murah yakni Rp6.000.000an.

Begini jika disimpulkan:

  • Desain PS5 lebih futuristik, Xbox Series X konservatif
  • Harga sama, tetapi PS5 memiliki versi digital yang lebih murah.

 

 

Game di Dalamnya

PS5 terkenal dengan game eksklusif yang rilis setiap tahunnya. Tahun ini, Microsoft membeli hak kepemilikan developer game seperti Bethesda, dsb. Lalu apa saja game yang akan rilis yang dapat membedakan perbandingan PS5 dan Xbox series terbaru? Berikut adalah game yang secara ekslusif dirilis untuk PS5:

  • Astro’s Playroom
  • Spider-Man: Miles Morales
  • Demon’s Souls
  • Final Fantasy 16
  • God of War 2: Ragnarok

Sementara untuk Xbox Series X:

  • Halo Infinite
  • Avowed
  • State of Decay 3
  • Fable
  • Senua's Saga: Hellblade II.

Nah, mana yang lebih menarik perhatian Lo, sih, Move Creators?

 

 

Power dan Kualitas Grafis

Di atas kertas, kekuatan Xbox Series X menang di banyak aspek terhadap PS5. Salah satu faktor yang menyebabkan Xbox Series X memiliki kekuatan dan kualitas grafis yang lebih baik daripada PS5 adalah teraflop. Teraflop merupakan salah satu sistem operasi hardware yang bertugas memproses grafik dengan kecepatan tertentu dalam hitungan detik. Misalnya, dalam 1 teraflop itu kekuatan gambar yang dimunculkan dari hardware tersebut dapat menerjemahkan 10^12 operasi tiap detiknya. Hal tersebut yang membuat perbedaan kecil dapat mempengaruhi kualitas dan kekuatan secara signifikan.

Xbox Series X memiliki kekuatan yang dapat memaksimalkan operasi tersebut ke angka 12 teraflop. Sementara itu, kekuatan yang dapat dimaksimalkan oleh GPUnya hanya berada di angka 10,3 teraflop. Meskipun perbedaan itu kecil, dari segi kekuatan saat in-game, kekuatan Xbox Series X dan kualitas grafisnya lebih baik. Perbandingan PS5 dan Xbox series terbaru di bidang ini dimenangkan oleh Xbox Series X.

 

 

Backward Compatibility & Media

Backward Compatibility memungkinkan konsol next-gen untuk memainkan gim-gim dari konsol generasi sebelumnya. Xbox Series X dikenal lebih ramah dan sangat mengindahkan nostalgia dari gim generasi sebelumnya sehingga mereka cukup fokus mengembangkan fitur ini.

Sementara itu, PS5 disinyalir kurang memperhatikan fitur ini pada konsol next-gennya itu. Padahal, banyak sekali permintaan-permintaan para penggemar konsol kepada developer Sony untuk memperhatikan fitur ini. Meskipun begitu, banyak gim dari konsol generasi sebelumnya, PS4, yang dapat dimainkan dengan lancar dan mulus di PS5.

Nah, kira-kira segitu perbandingan PS5 dan Xbox series terbaru. Kalau MOVE Creators tim PS5 atau Xbox nih?

#TECH
0
MY MOVEMENT
Managed by Admin. Giving you weekly news and updates on Technology, Music, Lifestyle, and Gaming.
COMMENTS
Sign up to join the conversation
Join in the discussion and interact with fellow move creators
MORE LIKE THIS